17 Des 2017

Di Secret Garden Saya Menemukan Rahasia Menjadikan Ngeblog Sebagai Profesi


Di era digital ini, profesi blogger semakin diminati. Blogger merupakan sebuah profesi yang tidak memerlukan pendidikan khusus. Hal ini yang membuat siapa saja bisa menjadi seorang blogger. Tak pandang usia. Tak pandang jenis kelamin. Semua bisa menjadi blogger. Namun untuk menjadi seorang blogger professional, tentu harus belajar, belajar dan belajar. Meski bukan di bangku sekolah. Keinginan untuk belajar mendorong saya untuk menghadiri Tapis Blogger Gathering yang berlangsung pada hari ini, Minggu, 17 Desember 2017 bertempat di sebuah kafe Secret Garden. Kegiatan ini mengambil tema “Menjadikan Ngeblog Sebagai Hobi, Profesi dan Ruang Bebagi 

Sebagai blogger pemula yang haus ilmu, kegiatan ini begitu saya nantikan. Rasanya tak sabar untuk bertemu para mastah yang sudah lama berkecimpung di dunia ngeblog. Sebut saja, Mbak Naqiyyah Syam yang merupakan founder Tapis Blogger, Mbak Heni Puspita dan Mas Lean Agt. Meski sudah menguasai dunia ngeblog, namun mereka tidak pelit dalam membagikan ilmu yang dimilikinya. Semua dipaparkan dengan baik dan mendalam.

Naqiyyah Syam : Konten adalah raja!
Dalam penjelasannya Mbak Naqiyyah menyampaikan bahwa ngeblog tidak hanya sebagai hobi semata namun bisa dijadikan sebagai sumber pendapatan loh. Jika dikelola dengan baik, sebuah blog bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah. Syarat dan ketentuan berlaku ya! Tidak begitu membuat blog, nominal rekening kita lalu bertambah. Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian ketika kita ingin menjadikan blog sebagai sumber pendapatan. Salah satu pesan Mbak Naqi yang begitu saya ingat yaitu: Konten adalah raja. Bagaimana cara untuk membuat konten berkualitas? Belajar, belajar dan belajarlah untuk menulis. Tidak bisa bersifat instan.

Oiya dalam sebuah blog, usahakan untuk menonjolkan 3 tema utama saja yang paling diminati dan dikuasai. Agar blog kita mudah diingat orang. Dan ketika ada brand yang ingin mengajak kerja sama, mereka lebih mudah untuk menemukan blog kita, atau istilah kerennya personal branding.

Heni Puspita : Desain Blog Untuk Pemula.
Blog itu ibarat rumah. Desain blog secantik mungkin. Kenapa? Ya, supaya kita nyaman menempatinya dan orang lain juga senang berkunjung. Ketika tampilan blog kita terlalu “ramai”, bisa membuat orang yang berkunjung jadi malas untuk membaca lebih lama bahkan jera untuk kembali berkunjung ke blog kita. Itu artinya blog kita akan sepi pengunjung. Bagaimana blog bisa dilirik brand jika blog kita sepi pengunjung. Sebaiknya hindari tools yang tidak perlu. Seperti musik yang akan kemungkinan besar akan mengganggu pembaca. Huruf yang "keriting" sehingga membingungkan pembaca. Warna-warna mencolok yang membuat mata tidak nyaman ketika membaca.

Leon Agt : Pengen Gak Artikel di Page One?
Impian seorang blogger tentu artikel yang ditulisnya berada di page one di pencarian Google. Ketika artikel yang ditulis berada di urutan pertama halaman pencarian Google, maka langkah menjadikan blog sebagai sumber pandapatan semakin terbuka lebar.

Acara ini tidak melulu diisi dengan teori. Namun panitia memberi kesempatan kepada para peserta untuk mempraktekkan ilmu yang didapatkan. Agar suasana semakin seru, panitia mengajak peserta untuk mengikuti lomba foto produk di Instagram. Ada Banana Foster, banana cake yang ternyata kuenya beneran enak! Saya suka! Pisangnya kerasa banget dan manisnya pas di lidah saya. Tidak bikin eneg. Jadi ketagihan. Hahahaha. Ya iyalah, Banana Foster kan dibuat dari pisang terbaik dan diproses dengan bahan berkualitas tinggi. Oiya kalian tau kan Lampung terkenal dengan kopinya? Nah, El’s Coffe juga hadir untuk memeriahkan acara ini.

banana foster
Banana Foster

El's Coffee




Salam,
~RP~

2 komentar:

  1. Ilmunya sudah dapat ya mbak Roma, tinggal diterapkan dan diaplikasikan ke blog.

    Mari semangat ngeblog!

    BalasHapus
  2. Ilmunya super ya smeoga bisa diterapkan. Aku juga pengen menerapkan ilmu dari Bang Lean biar makin cetar blogku. Thanks rangkumannya ya.

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)