24 Feb 2018

Indonesia Punya Tempat Seru Berenang Bersama Ubur-Ubur Tak Menyengat, Lho!


Tidak ada habisnya jika membahas keindahan alam Indonesia yang luar biasa. Selain memiliki garis pantai yang cantik bagaikan surga, negeri kita yang kaya ini juga memiliki danau-danau yang memberimu kesempatan berenang bersama ubur-ubur tak menyengat. Konon selain Indonesia, ubur-ubur yang serupa juga bisa ditemukan di Palayu, Kepulauan Micronesia.

Mengenal Ubur-Ubur Pada Umumnya

Sumber: detik.com (Teddy Setiawan/Youtube)

Binatang tak bertulang belakang yang termasuk dalam filum Cnidaria yang biasa ditemukan di laut ini juga bisa hidup di danau. Mereka memiliki bentuk tubuh seperti polip yang menempel di dasar laut, ada juga bentuk medusa seperti cangkir terbalik dan bisa berenang bebas di perairan. Ubur-ubur yang menyengat dapat menyebabkan gatal, kejang hingga keracunan.

Manfaatnya sendiri banyak dalam menjaga keseimbangan ekosistem laut. Ubur-ubur tidak memiliki kepala, otak, atau sistem saraf pusat. Yang berbentuk medusa memiliki mesoglea yang tebal dan elastis sehingga dapat kembali bentuknya seperti semula.

Kenapa Ubur-Ubur Bisa Tak Menyengat?

Habitat asli ubur-ubur berada di perairan laut. Ketika ia terisolasi dari air laut, berada di air yang terperangkap seperti di danau, ubur-ubur berevolusi sehingga kehilangan kemampuan untuk bisa menyengat. Di tempat-tempat tertentu inilah kamu bisa berenang bersama ubur-ubur tak menyengat.


Sumber: superadventure.co.id


Cara Berenang Bersama Ubur-Ubur Tak Menyengat

Sekumpulan ubur-ubur tak menyengat tentu tidak berbahaya untuk diajak berenang bersama. Tetapi kamu wajib menjaga kelangsungan hidup mereka dengan mematuhi aturan yang berlaku. Umumnya dilarang melompat ke dalam danau agar menjaga air tetap jernih dan mencegah robeknya tubuh ubur-ubur. Kamu akan dipandu untuk turun ke danau yang berpenghuni ubur-ubur tak menyengat lewat tangga khusus yang sudah disediakan.

Sumber: tinkertravels.com

Oh iya, di danau-danau yang sudah disebutkan tidak boleh berenang memakai fin atau kaki katak ya. Tujuannya tetap sama, menjaga keutuhan tubuh ubur-ubur. Kamu boleh menyentuh tubuh ubur-ubur dengan lembut tanpa takut tersengat, tapi juga jangan diangkat dari air untuk mencegah ubur-ubur mati.

Tempat Tinggal Ubur-Ubur Tak Menyengat di Indonesia

Binatang ini bisa ditemukan di Kepulauan Micronesia, dan tentu Indonesia! Istimewanya lagi bukan cuma satu, ada empat tempat kamu bisa berenang bersama ubur-ubur tak menyengat. Sebelum kamu booking Lion Air untuk melihat ubur-ubur tak menyengat di Micronesia, kamu bisa menemukannya di Pulau Kakaban di Kalimantan Timur, Pulau Togean di Sulawesi Tengah, Misool di Papua Barat, dan Landu di Nusa Tenggara Timur.

Lokasi ubur-ubur tak menyengat di Pulau Togean berada di Danau Mariona, Katupat, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah. Tidak banyak pengunjung ke lokasi ini karena masih sangat sulit dijangkau.

Sumber: pinterest.cl

Apalagi saat cuaca sedang tidak baik, perahu jadi tidak bisa merapat ke pulau karena gelombang tinggi. Danau Mariona sendiri cukup unik dan masih jadi misteri bagaimana bisa terbentuk danau yang dikelilingi laut di bagian luar pulau.

Menakjubkan memang cerita keberadaan ubur-ubur tak menyengat ini. Jadi, kamu sudah ada pengalaman berenang bersama ubur-ubur tak menyengat di pulau mana?



Salam,
~RP~

4 komentar:

  1. Wah keren, tapi nanti giliran nyoba kesetrum hehe

    Mampir ke updatebareng,com

    BalasHapus
  2. bisa nih buat masuk list traveling :D, makasih kak info tempat wisatanya :D. jadi kepengen berenang bareng ubur-ubur

    BalasHapus
  3. Wahh seru tuh.. Tapi sayangnya ga bisa berenang hahaha

    BalasHapus
  4. di Lampung ada gak yah.. lokasi ubur-ubur yang tidak menyengat, beberapa waktu yang lalu pas wisata ke pantai di lampung bersama keluarga malah ada dua anggota keluarga tersengat...

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)