8 Mar 2018

#ObrolanRinganAlaRoma: 5 Kata Bahasa Inggris Yang Sering Dipakai Dalam Percakapan Sehari-hari

Saat ini bahasa Inggris sudah menjadi bahasa yang lazim digunakan dalam percakapan sehari-hari. Bahkan di beberapa sekolah, bahasa Inggris sudah dijadikan bahasa pengantar di kelas. Mulai dari tingkat PAUD hingga SMU. Jadi gak heran dong jika mendengar ada anak kecil yang sudah cas cis cus bahasa Inggrisnya, baik dengan ketika berbicara dengan orang tua atau teman sepermainannya. Gak seperti saya yang bahasa Inggrisnya masih amburadul, gak karuan. Malu aku malu *tutupin muka*. Huhuhuhuhu. Padahal dari jaman SD sudah ikut kursus bahasa Inggris, etapi sampai sekarang kok masih belum lancar juga ya? Di situ saya merasa HERAN!


Salahnya dimana?

Ada yang bilang, bahasa itu salah satu keterampilan yang harus diasah terus menerus. Gak cukup hanya menguasai teori saja. Gak mungkin kan ujug ujug bisa tanpa pernah mencoba menerapkannya. Contoh keterampilan lainnya, berenang, memasak, fotografi, dll. Seseorang bisa saja menguasai teorinya dengan sangat baik, tapi kalau gak pernah menerapkan. Hasilnya, NOL BESAR!

Masuk akal.

Selama ini saya memang gak pernah berani untuk menggunakan bahasa Inggris. Alasannya, TAKUT SALAH!

Lha, tahu dari mana salah coba? Wong gak pernah coba untuk memakainya. 

Dan begini lah hasilnya. Sudah sekian tahun mengenal bahasa Inggris tapi belum lancar juga.

Kuncinya sih DARE TO SPEAK!

Dulu, saya niatnya belajar bahasa Inggris itu hanya supaya terlihat keren dan cerdas. Niatan awalnya aja sudah salah. Ups!

Tapi sekarang mah bahasa Inggris sudah merupakan sebuah KEBUTUHAN. Hampir di semua bidang pekerjaan membutuhkan keterampilan berbahasa Inggris. Gak hanya di level atas saja. Akan menjadi nilai plus ketika seorang pencari pekerja menguasai bahasa Inggris.

Duh, kepanjangan deh mukadimahnya. Lalu apa inti dari #ObrolanRinganAlaRoma kali ini ?

Namanya juga obrolan ringan. Jadi tema yang ditulis tentunya yang remeh temeh, receh dan ringan. Namun tetap ada faedahnya dong. Setidaknya bisa menghibur kamu. Kalau gak berfaedah gimana kamu bakalan betah mampir. Iya apa iya?

Jadi ya, saat ini banyak orang mencampur bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam percakapan sehari hari. Baik percakapan lisan maupun tulisan. Dan saya salah satu pelakunya. BHAHAHAHA.
 
Nah, saya mau bahas 5 KATA dalam bahasa Inggris yang sering dipakai dalam percakapan sehari hari. Saya tulis dari urutan yang paling sering dipakai ya. Ini murni pendapat saya loh. Jadi gak boleh protes ya. *kedipin mata*

Silakan dibaca!

Peringkat pertama: NO

Kata ini paling sering saya dengar dipakai dalam percakapan sehari hari. Terutama kaum emak emak ketika melarang si kecil. Bener kan? Hayo ngaku deh.

Saya kasih contoh ya,

Chiro lagi asyik main dengan Chika. Tiba tiba Chiro rebut mainan Chika. Chika pun nangis bombay. Emak Chiro spontan berteriak, “NO CHIRO! Gak boleh rebut mainan Chika.”

Peringkat kedua: GOOD

Kata ini masih jadi salah satu kata yang paling sering dipakai emak emak. Kalau tadi digunakan untuk larangan. Ini kebalikannya. Kata GOOD dipakai untuk memuji si kecil.

Saya kasih contoh lagi ya,

Pulang sekolah, Putri dengan bangga menunjukkan hasil ulangannya yang mendapat nilai 100. Emak dengan senangnya berkata, “GOOD Putri. Hebat anak emak!”

Peringkat ketiga: SORRY

Kalau tadi sering dipakai emak emak. Kata yang satu ini, jadi andalan bagi para cowok kalau lupa jemput pacarnya.

Supaya lebih jelas, saya kasih contoh ya. Jangan bosan bacanya.

Malam Minggu, Romeo janji mau ajak Juliet untuk makan malam romantis. Eh, ternyata Romeo ketiduran. Jadi lah terlambat jemput. Juliet yang udah dandan super ketjeh pun bete. Sebelum si Juliet ngeluarin omelan yang panjangnya ngalahin rambut Rapunzel, Romeo buru buru ngomong, “SORRY ya sayang,” sambil ngasih setangkai mawar merah. Selanjut apa yang terjadi? Kamu pikirin aja deh sendiri. Hehehehehe.

Peringkat empat: ON THE WAY (sebenarnya frasa tapi anggap saja kata ya)

Pasti kamu sering kan menggunakan kata ON THE WAY ini? Disingkat OTW. Kayaknya gak perlu dikasih contoh deh. Yang baca pasti sudah pada ngerti lah. Oiya, bisa nih dipakai untuk gombalin pacar kamu. “Lagi dimana? OTW hati kamu, sayang.” ULALA

Dan peringkat lima adalah: BY THE WAY (ini juga sebenarnya frasa tapi anggap saja kata ya)

By the way, akhirnya sudah sampai peringkat kelima. Itu artinya, saya berhasil menuntaskan tulisan ini. Hore! Kusenang.

Semoga menghibur. Karena saya tahu tulisan ini gak sarat dengan ilmu pengetahuan. Maafkeun!

Kalau kamu mau nambahin monggo.

Sampai ketemu di #ObrolanRinganAlaRoma berikutnya!



Salam,
~RP~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)