8 Sep 2016

Tetap Sehat Meski Konsumsi Daging



Sebentar lagi hari raya Idul Adha tiba dan makanan olahan dengan dasar daging menjadi pilihan utama. Hidangan daging sapi dan daging kambing tersaji di meja makan. Menggugah selera. Tak sabar untuk menyantapnya. Tapi tanpa kita sadari, mengkonsumsi daging yang berlebihan, dapat menimbulkan gangguan kesehatan. Ya, karena daging merah mengandung lemak yang dapat meningkatkan kolesterol dan menyebabkan panas dalam.

Apakah kita rela nyuekin hidangan Idul Adha nan lezat? Mubazir, kan. Lalu bagaimana cara supaya tidak merasa bersalah saat menyantap hidangan-hidangan berlemak itu? 

Imbangi dengan sayur dan buah

Jangan lupa untuk menyiapkan sayur dan buah untuk melengkapi hidangan Idul Adha di meja makan, ya. Kandungan serat tinggi yang terdapat sayur dan buah yang membantu melancarkan proses pencernaan dalam tubuh. Sayuran seperti mentimun, wortel dan tomat bisa menjadi pilihan yang tepat. Untuk buah, adanya baiknya untuk mengkonsumsi buah berkadar air tinggi. Karena makanan berlemak umumnya menyebabkan tenggorokan dan panas dalam. Nah, buah seperti melon, semangka yang tinggi kandungan air bantu mengatasi panas dalam. Jadi bisa tetap tenang, ya kan?

Imbangi dengan aktivitas atau olahraga

Aktivitas fisik atau olahraga sangat bermanfaat untuk membantu proses pembakaran lemak yang menumpuk. Tak harus melakukan olahraga berat, kok. Bersepeda, jogging atau lompat tali juga cukup membantu, lho. Atau mau yang lebih bermanfaat, olahraga sambil beres-beres rumah. Mengepel, misalnya ^^

Konsumsi air putih

Saat berhadapan dengan hidangan olahan daging yang menggoda, sebisa mungkin mengkonsumsi air putih yang cukup. Hindari minuman manis, seperti sirup. Seseorang yang rutin mengkonsumsi air putih dapat terhindar dari sembelit. Air membantu mempercepat proses pencernaan sehingga makanan yang masuk bisa langsung dicerna.

Nah, itulah beberapa tips yang mungkin berguna bagi kawan-kawan saat hari raya Idul Adha. Semoga bermanfaat ya ^_^




Salam Sehat,
~RP~  

2 komentar:

  1. point yang nomor dua yang paling susah di jalanin mbak hahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mbak. Kayaknya mau olah raga itu kok rasanya beraaat banget.
      Hahahaha ^_^

      Hapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)