21 Jul 2023

Bongkar Rahasia Servis Motor Tua Rasa Baru


Kenalan yuk dengan Valentino, motor Yamaha Mio kesayanganku yang umurnya udah uzur. Hihihihi. Motor ini keluaran pabrik tahun 2011 dan sampai tulisan ini diposting, Valentino masih dipakai untuk kegiatan sehari-hari aku dan suami.

Valentino si motor kesayangan!

Hmmm... aku dan adikku punya kebiasaan untuk memberi nama pada benda-benda kesayangan milik kami, termasuk motor. Oiya kenapa aku beri nama Valentino? Bukan. Bukan karena aku salah satu penggemar Valentino Rossi, pembalap berkebangsaan Italia itu. Alasannya karena aku membeli motor tersebut tepat pada tanggal 12 Februari 2011 lalu. Berdekatan dengan hari Valentine. Kenapa Valentino bukan Valentina? Supaya terdengar macho aja. Hahaha... 

Bersyukurnya selama 12 tahun bersama Valentino, motorku ini bisa dibilang sangat kooperatif. Seingetku hanya 1 kali aku pernah mendorongnya. Mogok karena kehabisan bahan bakar. Dan itu juga akibat kelalaianku, gak mengecek terlebih dahulu bahan bakar sebelum bepergian. Sama satu lagi penyakitnya Valentino, ban bocor. Seingetku sih itu aja deh.

Apa sih rahasianya meski sudah uzur tapi motornya masih awet sampai sekarang? Motor harus dirawat!

Bapak selalu berpesan untuk selalu melakukan pengecekan kondisi motor secara rutin ke bengkel untuk menjaga performa kendaraan tetap prima. Jangan lupa juga ganti oli, begitu pesan Bapak ketika aku pamit ke bengkel tuk servis berkala. Mungkin kalau Bapak gak rajin-rajin mengingatkanku, Valentino sudah 'dirumahkan' dari beberapa tahun lalu. Kuakui sebagai perempuan, aku kurang paham tentang dunia permotoran. Kalau kata Bapak, aku tuh cuma bisa pakainya saja. Hihihi. Sejak menikah, kini suami yang bertugas untuk mengurus segala perintilan Valentino. Termasuk urusan ganti oli motor matic kesayanganku itu. 

Ganti oli

Pada kendaraan oli berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin ketika komponen di dalamnya bekerja dan saling bergesekan. Oleh karena itu oli harus diganti secara rutin. Penggantian oli umumnya dilakukan saat kendaraan sudah mencapai jarak tertentu. Idealnya sih 2.500 km. Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000 km atau 2 kali lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalau retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli. 

Selain ganti oli, ada satu hal penting lagi yang harus dilakukan supaya mesin kendaraan awet. Tune up berkala. Servis tune up dilakukan untuk mengembalikan performa kendaraan sesuai standar.

Hal ini penting dilakukan sebab pemakaian motor yang dilakukan setiap hari dapat mengakibatkan beberapa perubahan pada komponen. Sehingga mesin motor akan terasa lebih berat dan kurang bertenaga.

Nah, dengan tune up perubahan yang terjadi pada motor dikembalikan pada performa standar awal. Pemeriksaan dilakukan pada bagian-bagian motor untuk memastikan bagian tersebut masih berfungsi dengan baik, membersihkan bagian yang kotor agar kotoran yang ada tidak merusak sistem, menyetel bagian yang berubah agar sesuai dengan spesifikasinya, dan melakukan perbaikan atau penggantian pada sparepart yang telah mengalami kerusakan. 

Tentunya mekanik gak akan melakukan perbaikan ataupun penggantian tanpa seijin pemilik kendaraan. Jadi tenang aja, gak bakal deh tetiba motor kamu dibongkar dan diganti komponen-komponennya sebelum menginformasikannya terlebih dahulu ke kamu. Dan itu pun kalau kamu sudah menyetujui, barulah dilakukan perbaikan/penggantian sparepart.

Apa saja komponen motor yang biasanya diganti saat servis?

  • Busi, berfungsi untuk perapian pada motor sehingga mesin motor dapat menyala. Jika busi rusak akan menurunkan performa mesin, boros BBM bahkan mesin motor gak bisa menyala sama sekali. 
  • Kampas rem salah satu komponen penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan saat kita berkendara. Jika kampas rem sudah tipis, akan berakibat terganggunya sistem pengereman yang bisa menyebabkan bahaya kecelakaan.
  • Filter udara, berfungsi menyaring udara dari kotoran/debu yang masuk ke ruang pembakaran. Jika filter udara kotor maka akan menyumbat sistem injeksi dan karburator. 
  • Aki merupakan pusat segala sumber kelistrikan pada motor. Jika aki soak tentu mesin motor gak akan bisa menyala.  

Dulu waktu aku tinggal di kabupaten Lampung Barat, bengkel sangat motor terbatas. Setelah aku pindah ke Bandar Lampung, banyak pilihan bengkel di sini. Salah satunya Planet Ban, yang sekarang ternyata gak hanya bisa ganti ban saja. Sudah bisa servis motor juga loh. Pastinya aku bakal memilih tempat servis bagus dan terpercaya dong untuk Valentino.


Lalu apa sih kelebihan servis di Planet Ban?


Bikin mesin motor terasa baru lagi. Kalau aku servis di tempat lain, bagian-bagian motor gak dibersihkan. Akibatnya banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang masih tertinggal yang membuat motor terasa berat. Sedangkan di Planet Ban, seluruh bagian mesin dibersihkan hingga terasa seperti baru lagi. Bikin tarikan jadi lebih enteng. Gak hanya itu, emisi turun lebih dari 70% dan juga lebih hemat BBM.

Harga terjangkau. Untuk servis motor injeksi cuma Rp20.000, servis CVT sekaligus rantainya Rp19.500, bahkan servis throttle body juga cuma Rp20.000. Gimana, ramah di kantong banget kan biaya servis di Planet Ban?  

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan manfaat cek kondisi motor secara rutin dan bagian apa saja yang perlu diservis. 

Btw, kapan terakhir kamu servis motor? Jangan tunggu motor kamu ngadat. Segera deh kunjungi Store Planet Ban terdekat di kota kamu. Kapan lagi coba bisa servis motor kesayangan kamu dengan harga terjangkau. Dapat layanan terbaik pula. Yuk kembalikan performa motor kamu secara maksimal seperti setelan pabrik. Kayak Valentinoku, motor tua rasa baru. Uhuuuuy... Sehat-sehat terus ya Valentino!

14 komentar:

  1. Wah cocok ini mbak. Saya punya motor keluaran 1993, servis rutin jadi bikin awet mesin, selama saya pake dari 2016 belum pernah turun mesin mbak, dan hampir gak pernah mogok, kecuali pas awal beli karena banyak part yang sudah tua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah motornya lebih tua dari motor saya. Mantap banget blum pernah turun mesin. ­čĹŹ

      Hapus
  2. Nah saya sepakat dengan merawat motor secara berkala dan rutin tentu akan awet. Apalagi motor yang setiap harinya kita gunakan tentu haruslah selalu nyaman. Paket servis di planet ban murah juga ya,, jasa servisnya sangat terjangkau.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Murah tapi gak murahan. Hasilnya super memuaskan.

      Hapus
  3. Setuju kak, merawat motor secara berkala akan membuatnya lebih awet dan sehat juga kondisinya ya. Baru tahu kalau biaya servis di sini tuh murah.

    BalasHapus
  4. Aq jg pnya motor uzur mbk...­čśü hbs turun mesin jugak... Tp ya begitu lah, kyk kt manusia, tubuh bth perawatan. Sama halnya dgn motor...
    Kpn hr di planet ban ganti oli mesin dan gardan

    BalasHapus
  5. Cakep banget si Valentino emang harus dirawat ya biar awet. Untung ada Planet Ban tarif servisnya murah meriah dan bagus hasilnya.

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)