2 Des 2015

KAMU SALAH!!!



sumber: www.pensilstudio.deviantart.com




Semut di seberang lautan tampak, gajah di pelupuk mata tak tampak.
 
Semut di seberang lautan tampak. Semut hanya hewan kecil yang jauh di seberang laut dapat terlihat. Mengandung makna, sekecil apapun kesalahan/kekurangan orang lain dapat terlihat jelas bagi kita. Gajah di pelupuk mata tak tampak. Kita ketahui gajah merupakan hewan darat terbesar di dunia. Gajah yang begitu besar dan berada dekat mata namun tidak terlihat. Mengandung makna, kesalahan atau kekurangan yang terdapat dalam diri sendiri tetapi kita tidak dapat melihatnya.   

Pepatah bijak ini mengingatkan kita agar jangan terlalu mudah menghakimi (dibaca : mencemooh, mencela, mengejek, menyalahkan) orang lain. Terkadang kita terlalu fokus pada kesalahan atau kekurangan orang lain. Kita tidak menyadari bahwa dalam diri kita pun terdapat kesalahan maupun kekurangan. Bahkan mungkin saja justru lebih banyak!

Sebelum kita menilai orang lain, sebaiknya introspeksi diri terlebih dahulu. Berkaca pada diri. Apakah pribadi kita sudah lebih baik dari orang tersebut? Jangan membuang–buang waktu hanya untuk mencampuri urusan orang lain. Sehingga kita lupa untuk memupuk diri dengan hal-hal positif, yang tentunya sangat diperlukan bagi kemajuan diri. Tanpa disadari, orang yang selalu kita “urusin” ternyata sudah mencapai suatu kesuksesan. Sedangkan kita???

Jika memang diperlukan, berikan kritikan yang membangun. Agar berguna dan orang tersebut bisa memperbaiki kesalahan/kekurangannya.




Yippee!!!
rOMa Pakpahan   








4 komentar:

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)