10 Sep 2016

Laporan Keuangan Itu Penting Bagi Seorang Blogpreneur


Dulu kegiatan ngeblog hanya untuk menyalurkan hobi semata. Blog dijadikan sebagai wadah untuk menyalurkan kesukaan pada dunia menulis. Bagi yang suka jalan-jalan, memilih untuk mendokumentasikan pengalamannya mengunjungi berbagai tempat.  Yang suka masak, bisa membagikan resep hasil eksperimennya.  Blog juga bisa dijadikan tempat curhat. Mau belajar? Bisa. Dari blog kita bisa belajar berbagai hal yang belum kita ketahui. Misalnya, ingin terlihat lebih cantik tapi masih gemetaran memegang peralatan make up, kita bisa mencari tahu melalui beauty blog. Ternyata, kegiatan ngeblog banyak manfaat, kan?


Nah, sekarang blog juga bisa dijadikan ladang rezeki. Iya. Ngeblog bisa memberikan penghasilan tambahan, lho. Blogger menjadi bagian penting dalam memasarkan suatu produk baru. Cukup efektif dalam strategi marketing. Sehingga para pemegang merek produk ternama, bekerjasama dengan blogger untuk membantu memasarkan produk mereka akan lebih dikenal masyarakat luas. Dan tentu saja dengan kompensasi yang lumayan. Ssst, blogger kini sudah masuk dalam kategori profesi. Blogpreneur. Beberapa waktu belakangan ini, istilah blogpreneur semakin ramai dibicarakan. Ngehits, euy! Saya jadi semakin bangga menjadi seorang blogger. Meskipun masih amateur blogger ^^

Jadi, blogpreneur merupakan blogger yang menjadikan blognya tidak hanya menyalurkan sekedar hobi tetapi untuk mendatangkan pundi-pundi rupiah. Apapun usaha yang sedang kita jalankan, sebaiknya memiliki laporan keuangan. Tujuannya agar keluar masuknya uang bisa terkontrol dengan baik. Sehingga kita bisa mengetahui kinerja usaha tersebut. Begitu juga dengan blogpreneur.  Lalu untuk siapa laporan keuangan tersebut? Ya, untuk keperluan pribadi saja. Dengan adanya laporan keuangan, maka kita bisa dengan mudah memantau rupiah-rupiah yang diperoleh dari kerjasama dengan brand tertentu.

Sebagai seorang amateur blogger, masih harus banyak belajar agar menghasilkan tulisan-tulisan yang berkualitas. Dan semoga bisa mendapat kesempatan digandeng perusahaan tertentu untuk memasarkan produk-produknya. Amin!

Jika kesempatan itu datang, saya harus mulai bersiap-siap untuk membuat laporan keuangan. Ya, agar hasil dari ngeblog bisa terlihat. Dan tujuan pemakaiannya jelas. Tidak menghamburkannya begitu saja.

Kalau kawan-kawan blogger apakah sudah membuat laporan keuangan? Atau ada yang ingin berbagi pengalaman seputar blogpreneur? Silakan ^_^




Salam Hemat,
~RP~

2 komentar:

  1. Setuju, laporan keuangan penting untuk blogger termasuk pemula seperti saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups. Saya juga masih pemula, mbak. Tapi setidak kita harus mulai belajar untuk mengelola keuangan meski masih taraf kecil-kecilan ya :)

      Hapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)