11 Sep 2016

Me Time, Perlukah?


Me time. Waktu untuk diri sendiri, kira-kira begitu terjemahannya. Kalau tidak salah, ya. Hehehe ^^. 24 jam dalam sehari. 7 hari dalam seminggu. Bisa dikatakan waktu kita lebih banyak terpakai untuk melakukan rutinitas. Ya, sebagai mahasiswa, karyawan atau hanya full time mother. Namanya pekerjaan tidak akan pernah ada habisnya. Terutama ibu rumah tangga (menurut saya). Mulai dari matahari terbit, menyiapkan segala keperluan untuk keluarga. Sampai malam terbenam masih saja disibukkan dengan urusan pekerjaan rumah. Seperti, membantu anak mengerjakan peer. Luar biasa memang peran seorang perempuan dalam rumah tangga. Salut!

Nah, di tengah kesibukan sehari-hari. Adanya baik kita meluangkan sedikit waktu untuk “menyenangkan” diri sendiri. Kenapa? Agar kita menjadi fresh kembali. Dan tidak terjebak dalam kejenuhan yang mengakibatkan stress.  

Setiap orang mempunyai cara berbeda-beda. Ada yang nonton film di bioskop, makan enak di restoran, janjian dengan kawan-kawan (ngerumpi bareng), berkebun, dsb. Kalau bagi saya me time terbaik adalah membaca dan ngeblog. Kedua hal tersebut merupakan 2 hal yang menyenangkan bagi saya.

Membaca. Dengan membenamkan diri dalam buku. Saya seakan masuk dalam dunia baru yang menyuguhkan keasikan tersendiri. Namun kegiatan ini, sudah sangat jarang saya lakukan. Di sekitar tempat tinggal saya saat ini, belum ada toko buku. Sehingga saya sulit untuk mendapat bahan bacaan terbaru. Sebenarnya bisa saja beli buku secara online. Sudah banyak bertebaran toko-toko buku online, dari rumah kita bisa membeli buku diinginkan. Tetapi ongkos kirim yang terkadang hampir sama dengan harga buku, membuat saya untuk menunda keinginan untuk membeli. Nanti dulu, deh. Bukannya pelit. Rasanya kok sayang. Lebih baik saya sisihkan sebagian uang khusus untuk membeli buku. Menabung untuk membeli buku. Dan jika ada kesempatan untuk ke kota, setidaknya saya sudah memiliki cukup uang untuk berburu buku. Jadi, sementara mengumpulkan dulu judul-judul buku yang ingin dibeli. Membuat semacam wish list book.

Selain membaca, ngeblog merupakan aktivitas pilihan yang mampu membantu saya keluar dari rasa jenuh. Dengan ngeblog, saya bisa menuangkan ide-ide yang sudah ngantri untuk dituangkan dalam tulisan. Selain menulis, saya juga bisa berkunjung ke rumah maya kawan-kawan blogger. Senang bisa berkenalan dengan kawan-kawan baru. Banyak tulisan mereka yang menginspirasi dan membangkitkan semangat saya terutama dalam meningkatkan kemampuan menulis.

Apapun kegiatan me time yang kawan-kawan dipilih. Pastikan kegiatan tersebut memang kita sukai. Jangan sekedar ikutan hanya karena tren saja. Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, me time merupakan cara untuk “menyenangkan” diri sendiri. Jangan sampai apa yang kita lakukan justru meningkatkan kadar stress.

Perlu juga diingat, me time tidak harus mahal. Lakukanlah hal-hal sederhana. Yuk, siapkan acara me time terbaikmu!


Salam Semangat,
~RP~       

3 komentar:

  1. Apapun bentuknya, bagi saya, me time perlu sebagai salah satu cara menghilangkan kejenuhan dari aktivitas rutin.
    Salam hangat dari Jombang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya pakde Cholik :)

      Hapus
  2. me time cuma nyruput segelas coklat panas aja udah nikmat banget...

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)