23 Nov 2018

Jadi Anggota Blogger Perempuan Network Itu Banyak Manfatnya

Dua tahun lalu ketika mulai punya blog, saya bingung apa yang harus dilakukan selanjutnya. Mau belajar ilmu blogging tapi gak tau harus ke mana dan sama siapa. Wong saya bikin blog ini dari hasil tanya-tanya sama mbah Gugel. Bener-bener buta dengan dunia perbloggingan, gak ngerti sama sekali. 

Katanya isi blog gak hanya isinya curhatan tapi bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah juga. Lha saya kan pengin juga. Siapa coba yang gak mau hobinya jadi uang? Ah kalian juga pasti kepengin. Tuh yang senyum-senyum pasti lagi berkhayal artikelnya dihargai 7 digit alias jut-jutan. Tapi gimana caranya?

Saya cari info dengan tanya-tanya mbah Gugel. Salah satu kunci untuk menambah ilmu ngeblog dan memperluas jaringan pertemanan dengan sesama teman-teman blogger adalah gabung dalam komunitas. Daaan … saya menemukan BLOGGER PEREMPUAN NETWORK (BPN). Sudah dua tahun saya bergabung dengan komunitas ini. Tapi saya gak ingat tepatnya tanggal berapa, yang pasti di awal-awal ngeblog dulu.

Tak hanya jaringan pertemanan yang saya dapatkan ketika bergabung dalam keanggotaan komunitas Blogger Perempuan. Ilmu ngeblog juga bertambah berkat sharing dengan sesama anggota. Saya paham istilah-istilah yang sering dipakai dalam dunia blogging, seperti Domain (ternyata ada yang gratisan dan berbayar), Domain Authority (DA), Page Authority (PA), Blog walking (BW), dan beberapa istilah lainnya. Ya meski gak paham-paham amat. Tapi setidaknya saya gak buta-buta amat (lagi).   

Saya juga mulai mendapatkan job pertama. Dan job-job lainnya terus berdatangan hingga saat ini. Nilainya juga belum sampai di angka  7 digit. Tapi saya bersyukur atas pencapaian tersebut. Terkadang timbul rasa iri melihat para mastah yang akhirnya memutuskan untuk melepas pekerjaan tetapnya (resign) demi memfokuskan diri sebagai full time blogger. Hal itu mereka lakukan karena pendapatan yang didapatkan dari ngeblog bisa memenuhi kebutuhan hidup bahkan jumlah melebihi gaji yang mereka dapatkan ketika bekerja kantoran. Yups, saat ini profesi blogger mulai diminati terutama oleh para ibu-ibu muda. Mereka bekerja dari rumah (ngeblog) tapi tetap bisa mengurus keluarga.

Nah, untuk kalian yang udah punya blog dan bingung apa yang harus dilakukan. Saran saya, segera bergabung di komunitas. Saat ini sudah banyak kok komunitas-komunitas blogger baik yang bersifat online maupun offline.

Kalian sudah gabung di komunitas apa? Semoga kita berjodoh dalam satu komunitas yang sama. Sukur-sukur bisa meet up.



Salam,
~RP~               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)