5 Apr 2018

Ketika Butuh Vitamin Sea, Saatnya Rencanakan Liburan Ke Negeri Laskar Pelangi Bersama Skyscanner


Teriknya matahari siang ini gak seperti biasanya. Ruar biasa panas! Bikin hati panas dan gampang emosian. Jadi mudah banget tersulut amarah bahkan hanya karena hal-hal sepele. Seperti bensin yang ketemu api. Jadilah kebakaran! Hmmm … sepertinya ini tanda-tanda saya butuh vitamin sea. Saatnya menikmati liburan musim panas. MANTAI euy!!! 

Namanya musim panas, di tempat liburan pun pasti akan terasa cuaca yang panas. Namun ada perbedaannya dong. Meski cuaca panas, hati akan terasa sejuk. Adem ayem. Damai sentosa. Ya iyalah. Kan BEBAS dari segala rutinitas yang gak pernah ada habisnya menjenuhkan.

Liburan musim panas yang menantang sepertinya menjadi pilihan yang tepat. Kenapa menantang? Karena saya akan melakukan perjalanan seorang diri, solo traveling. Selain belajar lebih mandiri dalam menghadapi situasi tak terduga. Saya juga akan memiliki banyak waktu untuk diri sendiri. Sehingga saya bisa semakin mengenal diri sendiri yang gak didapatkan ketika saya "sibuk" dalam rutinitas harian.

Di tiap perjalanan liburan gak mungkin semuanya akan berjalan mulus sesuai dengan apa yang kita harapkan. Untuk itu diperlukan perencanaan yang matang. Tujuannya bukan untuk menghindari masalah. Namun untuk meminimalisir hal-hal yang akan menggangu suasana liburan. Jangan sampai keseluruhan liburan berantakan, kacau balau hanya karena kurangnya persiapan. Maunya pulang liburan hati adem dan siap untuk kembali ke “dunia nyata”. Boro-boro, yang ada hati makin panas karena liburan gagal total. Jadi apa yang harus dipersiapkan dalam merencanakan liburan?

3 Hal Yang Wajib Dipersiapkan Dalam Merencanakan Liburan

Lain orang, lain pula faktor pertimbangan dalam merencanakan liburan. Nah, kalau ini 3 hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai liburan versi saya, ya.

1. Tentukan Tanggal

Ini hal pertama yang menjadi pertimbangan. Terutama bagi pekerja kantoran yang pastinya lebih “terikat”. Tentu harus menyiapkan waktu jauh-jauh hari untuk mengajukan cuti. Saran saya, carilah yang ada tanggal merahnya. Seperti bulan Mei yang akan datang, ada libur Kenaikan Isa Almasih. Ajukan cuti 1 hari, maka bisa menikmati liburan selama 4 hari 3 malam. Liburan tak melulu harus berlama-lama. Toh kalau mengambil cuti terlalu panjang juga akibatnya menambah tumpukan pekerjaan. Liburan singkat namun berkesan itu lebih menyenangkan. Nah, bagi saya yang pekerja lepas ini tentu akan lebih mudah untuk menentukan tanggal liburan. Yeaaay!

2. Dana

Kita pasti memerlukan dana untuk liburan. Besar kecilnya pengeluaran tergantung dengan kemampuan kantong masing-masing orang. Jangan memaksakan diri untuk liburan yang “mewah” padahal kita mendapatkan dananya dari berhutang sana sini. Dari sekian banyak pos pengeluaran liburan, biaya tiket pesawat merupakan salah satu yang terbesar.  Ketika saya mengunjungi Skyscanner, situs travel ini membantu untuk menemukan penerbangan dengan harga termurah. Tentu sangat berguna untuk menekan biaya. Jangan sampai ketika pulang liburan, kita masih bingung memikirkan bagaimana membayar hutang. Pusiiiiing!

Sssst … ada kabar gembira nih! Tiket Pesawat Garuda Indonesia lagi PROMO. Beneran. Gak pake boong. Impian saya nih bisa terbang dengan pesawat Garuda. Secara harga tiketnya emang rada mehong, bagi saya loh ya. Jadi gak bakal disia-siain deh ada kesempatan kayak gini. Ehm … akoooh berasa horang kaya, liburannya pake Garuda. Warbiasa! Sesekali boleh dong. Jangan ngiri yak. BHAHAHAHA.

Tiket pesawat, aman. Penginapannya? Skyscanner juga akan membantu menemukan harga terbaik untuk hotel yang sesuai dengan kondisi keuangan kita. Ingat niatan dari awal, mau liburan gak boleh pake yang namanya hutang. Jadi harus benar-benar menyesuaikan dengan dana yang kita miliki. 

Oiya ada keuntungan lain saat memakai SKYSCANNER. Tidak hanya membantu menemukan tiket pesawat dan tarif hotel dengan harga pas di kantong kita a.k.a MURAH. Situs travel ini juga menyediakan layanan untuk pencarian penyewaan mobil loh! Asik kan yak? Kita gak perlu bingung memikirkan alat transportasi apa yang akan digunakan sepanjang liburan. Harganya juga terjangkau. Yes, lagi-lagi membantu menghemat biaya liburan nih. Pulang liburan, dobel-dobel senangnya kalau begini mah. Liburannya puas tapi gak nguras saldo rekening. Jadi masih bisa nabung untuk perjalanan berikutnya! Ulala ^^

3. Tentukan Destinasi Liburan

Ini dia bagian yang ditunggu-tunggu. Menentukan destinasi liburan! Setelah tanya-tanya Opung Gugel, akhirnya saya memantapkan hati untuk liburan musim panas di Belitung. Saatnya menyusun itinerary perjalanan. Membayangkan saya menjelajahi pantai-pantai yang ada di Belitung rasanya menyenangkan banget. Apalagi jika sudah benar-benar berada di sana. Menghirup aroma air pantai yang khas. Menyentuh pasir putih yang lembut. Mendengar deburan suara ombak. Memandang birunya pantai. Sembari menikmati kuliner khas daerah Belitung. We ow we banget yak! 

Bagi saya, Belitung merupakan surganya wisata bahari. Ada banyak pilihan pantai yang bisa kita kunjungi. Alasan saya memilih Belitung karena keindahan pantainya. Yups, Belitung memang menyimpan banyak potensi wisata alam nan indah dan memesona. Itu yang menjadi daya tarik pelancong. Termasuk saya! 

Ada beberapa destinasi yang pengin saya kunjungi, seperti :

Pantai Tanjung Tinggi

http://www.indonesia-tourism.com/

Pantai yang juga dikenal dengan julukan pantai Laskar Pelangi ini menjadi destinasi utama yang akan saya kunjungi. Penasaran alasannya? Saya terpesona ketika menonton film Laskar Pelangi yang menjadikan Pantai Tanjung Tinggi sebagai salah satu lokasi syuting. Pokoknya love at the first sight. Dan saya membatin, suatu saat saya harus ke sana. Melihat dan merasakaan keindahannya secara langsung!
Your dream doesn’t have an expiration date. Take a deep breath and try again!           – Kathy Witten –
Pantai Tanjung Tinggi berpasir putih, berair jernih dan berombak kecil. Sehingga aman bagi pengunjung yang ingin berenang. Bagi yang gak bisa berenang seperti saya, minimal berendam saja. BHAHAHAHA. Memang pantai ini terlalu cantik untuk dilewatkan. Gugusan  batuan granit  raksasa semakin melengkapi kecantikan pantai ini.

Ke pantai tentunya belum lengkap jika gak berburu sunset. Terbenamnya sang surya selalu dinanti-nanti bagi pemburu sunset. Semburat sinar surya berwarna oranye menyala menjadi momen tak terlupakan. 

Dan menurut artikel yang saya baca, Pantai Tanjung Tinggi sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Terdapat warung makan dan toilet umum. Warung-warung tersebut menyediakan aneka hidangan laut yang menggugah selera. Salah satu kuliner yang wajib dicoba yaitu Gangan, sejenis sup ikan berkuah kuning dengan tambahan potongan nanas.

FYI, ke Pantai Tanjung Tinggi gak dikenai tiket masuk a.k.a gratis tis tis. Pengunjung cukup hanya bayar parkir saja.

Pulau Lengkuas

https://travelingyuk.com/pantai-belitung/23314/

Pulau ini terdapat mercusuar bersejarah peninggalan Belanda yang telah berdiri sejak 1882. Mercusuar tersebut memiliki ketinggian 62 meter dan telah menjadi ikon Pulau Lengkuas. Saat ini masih berdiri kokoh dan berfungsi memantau lalu lintas kapal yang keluar masuk Belitung.

Kebayang dong betapa serunya memandang panorama pantai dari atas ketinggian. Sensasi yang tiada duanya. Yups, hal ini menjadikan mercusuar tersebut menjadi daya tarik wisata. Bagi yang hobi menyelam, Pulau Lengkuas memiliki spot-spot diving yang bagus loh.

Pulau Pasir

http://blog.reservasi.com/10-pantai-indah-di-belitung-yang-wajib-dikunjungi/

Gak semua pengunjung bisa ke pulau ini loh. Jika ingin menikmati keindahan Pulau Pasir harus datang di waktu yang tepat. Etapi gak ada hubungannya sama sekali dengan hal-hal yang berbau mistis yak. Lalu? Pulau ini hanyalah berupa hamparan pasir putih yang berada di tengah laut, dan saati air laut sedang surut maka gundukan pasir muncul menyerupai pulau kecil. Itu kenapa pulau ini mendapat sebutan Pulau Pasir. Udah tau kan alasannya? Jadi pastikan datang di waktu yang tepat yak.

Belitung masih memiliki banyak pantai-pantai yang memesona. Berhubung waktu liburnya hanya sebentar, sementara saya hanya akan mengunjungi 3 destinasi ini dulu. Pantai Tanjung Tinggi, Pulau Pasir dan Pulau Lengkuas.

Oiya perlu ada hal penting yang perlu kita ingat dengan baik. Selalu menjaga kebersihan destinasi wisata yang kita kunjungi. Terutama ketika berwisata hopping island. Jangan meninggalkan sampah di pulau agar tetap terjaga keindahan dan kelestariannya. Gak asik kan liat sampah bertebaran. Jadi wisatawan yang cintai lingkungan, kuy!

Setelah semua persiapan beres. Saatnya menunggu waktu liburan tiba! Mari Jelajah Nusantara Bersama Skyscanner. Kalau kamu punya rencana liburan ke mana?

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh ID Corners dan Skyscanner
    



Salam,
~RP~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)