17 Mei 2017

[Belajar Masak] CIRENG

Hai … hai … hai …

Apa kabar kawan-kawan yang lagi #BelajarMasak? Masih tetap semangatkah? Masih dong yaaaak. Udah lama nih saya gak berbagi cerita dari dapur. Kalau gak salah, menu terakhir yang saya masak, CUMI SAUS TIRAM. Nah, sekarang saya mau berbagi pengalaman memasak Cireng. Eh, pada tau kan apa itu cireng? Katanya sih cireng itu singkatan dari aCI digoRENG. Semoga informasi ini gak salah, ya ^^

Ceritanya saya dan kakak pengen ngemil tapi males keluar untuk cari  camilan. Mataharinya lagi kurang bersahabat, jadi panasnya pake banget. Dari pada niat ngemil tak tersalurkan, gimana kalau kita bikin aja, kata kakak. Saya lalu ngintip bahan-bahan di dapur,kira-kira apa yang bisa dibikin. Ternyata hanya ada aci.

Fyi, aci merupakan bahasa Sunda untuk tepung tapioka. Tapioka adalah tepung pati yang diekstrak dari umbi singkong sehingga aci kenal juga dengan sebutan tepung singkong. Ada sebutan lain lagi, tepung kanji.   

Duh, bikin apa nih? Saya bingung sodara. Kalau tepung terigu mah lebih mudah cari idenya. Buntu. Sepertinya tanya Opung Google adalah solusi yang paling tepat. “camilan dari bahan aci” saya ketik dalam kolom pencarian. Ada berbagai macam resep yang disajikan. Jadilah saya memilih bikin cireng. Langkah-langkahnya mudah sih. Cocok bagi saya yang masih dalam tahap #BelajarMasak ini. Ini saya pakai resep asli. Makasih ya sudah berbagi resep ini. Maafkeun saya gak cantumin sumbernya. Beneran, saya lupa.

Baiklah saya mulai saja memasak yak. Kamu jangan lupa untuk mencatat resepnya, yak. Kali aja pingin ngerasain cireng buatan sendiri. Lumayan menghemat loh dari pada beli yang sudah jadi.

RESEP CIRENG

Bahan kering:
150 gram

Bahan biang:
50 gram aci / tepung tapioka/ tepung kanji
150 ml air
3 siung bawang putih dihaluskan
1 batang daun bawang iris halus
1 sdt lada bubuk
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (tambahan dari saya, sebagai pengganti kaldu supaya ada rasa gurihnya)

*Kalau resep aslinya pake tambahan kaldu bubuk. Kebetulan di dapur gak ada. Jadi saya gak pake.

Cara membuat:
Dalam panci anti lengket, campur bahan biang; 50 gram aci, 3 siung bawang putih halus, 1 batang daun bawang yang telah diiris halus, 1 sdt lada bubuk, garam secukupnya, dan air 150 ml. Aduk rata semua bahan tersebut. Sisihkan.

Setelah bahan biang tercampur rata. Masak hingga menjadi lengket seperti lem.
Tuang ke dalam mangkok. Campur bahan biang yang telah dimasak dengan aci (bahan kering).

Selagi bahan biang panas, uleni pelan-pelan menggunakan sendok / spatula. Jika sudah agak dingin, bisa menggunakan tangan. Sesekali adonan ditarik-tarik agar tercampur rata.

Jika bahan biang sudah tercampur rata dengan bahan kering. Ambil sejumput dan bentuk menjadi pipih. Lakukan sampai adonan habis.

Goreng adonan yang telah dibentuk dengan api sedang. Masak hingga matang dan kering. Angkat dan tiriskan.
Cireng siap disajikan.

Mudah, kan yak? Kamu juga pasti bisa. Kita kan sama-sama masih #Belajar Masak. Supaya tambah maknyus, makan cirengnya dicocol pake sambal botol. Atau mayones kalau gak suka yang pedas-pedas.

Demikian cerita saya hari ini dari dapur. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.


Happy cooking
~RP~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)