17 Des 2016

3 Resolusi yang Semoga Didengar Semesta




#Resolusiku2017

Desember. Apa yang terpikirkan jika kalian mendengar kata itu? Natal merupakan hal pertama yang terlintas dalam pikiran saya. Selain itu, ada satu hal lain lagi yang juga penting. Resolusi. Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kata resolusi. Saya sudah sejak lama mengenal kata ini, namun baru benar-benar menerapkannya di akhir tahun 2015 lalu. Di tahun-tahun sebelumnya, saya membuat resolusi namun hanya untuk “gaya-gayaan” saja. Kenapa saya mengatakan seperti itu? Karena deretan resolusi yang saya susun hanya tertulis di agenda dan tak pernah ada dorongan untuk mewujudkannya. Percuma!

Akhirnya saya pun tersadar bahwa hidup ini begitu singkat dan tidak akan pernah bisa terulang kembali. Saya harus berubah! Hidup saya harus ada tujuannya. Hari demi hari tidak boleh terlewat begitu saja tanpa ada tujuan yang ingin dicapai. Di akhir tahun 2015 lalu, saya mencoba menyusun kembali  apa-apa saja yang ingin saya capai di tahun 2016. Memang resolusi yang sudah saya susun dalam setahun itu tidak semuanya terwujud. Tapi setidaknya saya sudah berusaha. Mau pamer sedikit boleh ya. Salah satu resolusi 2016 yang berhasil saya wujudkan yaitu menerbitkan buku (indie). I am so happy! 

Waktu terasa begitu cepat berlalu. Sepertinya baru kemarin saya menuliskan deretan resolusi. Nah, sekarang saya sudah dipertemukan kembali dengan bulan Desember. Itu artinya saya sudah harus siap dengan resolusi baru (lagi!).

Hanya sesaat lagi, lembaran buku kehidupan berjudul tahun 2016 akan sampai pada halaman terakhir. Lantas, buku itu akan segera ditutup. Tahun 2016 tentu banyak menyimpan cerita, manis dan juga pahit. Jangan terlena dengan rasa manis yang sudah kita rasakan. Tetaplah bersyukur! Dan jangan pula terlalu larut dalam kubangan lumpur kesedihan ketika rasa pahit mampir dalam kehidupan kita. Tetaplah semangat! Jadikan kegagalan itu sebagai kekuatan dalam perjalanan menyongsong masa depan.

#RESOLUSIKU2017

Ada 3 buah resolusi besar yang ingin saya capai di tahun 2017. Keinginan, harapan, impian yang semoga dicatat oleh semesta.
     
1.   Menikah
Hmmm… kira-kira apa ya resolusi saya di tahun 2017 yang akan datang? Menikah! *uhukk* Ini impian terbesar saya dan juga keluarga. Secara usia saya sudah 33 tahun. So, tidak bisa dibilang muda lagi, kan?
  
Saya ingin Natal tahun ini, merupakan Natal terakhir saya berstatus single. Serius. Semoga Natal tahun 2017, saya sudah bisa merayakan Natal bersama pasangan. Ehm. Doakan agar saya segera dipertemukan dengan pasangan yang sepadan, ya. Duh, jadi curcol nih. Hihihihi.

2.   Mandiri secara finansial
Maksudnya? Saat ini, saya memang mempunyai penghasilan, tetapi masih terbilang sangat minim. Hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan saya sehari-hari. Malah terkadang kurang. Tetapi saya bersyukur, meski pas-pasan saya tidak pernah meminta uang kepada orang tua. Saat ini memang belum bisa memberi apa-apa, tapi setidaknya saya tidak menambah beban mereka. Malu sama umur ^^

Saya mendengar di luar sana banyak anak-anak muda berprestasi. Mereka bisa memanfaatkan waktunya sebaik mungkin. Bahkan di bawah usia 30 tahun, ada diantara mereka yang sudah berhasil membangun kerajaan bisnis. Dan buah dari prestasi itu, pundi-pundi rupiah mengalir lancar ke rekening. Mantap! Memang materi bukan segalanya, tetapi materi diperlukan untuk memenuhi segala kebutuhan hidup kita. Makan, minum, pakaian, tempat tinggal, kendaraan. Semuanya itu bisa terpenuhi jika ada cukup uang. Iya apa iya?

3.   Traveling ke Bandung dan Bali
Resolusi kedua dan ketiga sangat berkaitan erat. Sesekali saya ingin juga merasakan serunya traveling, setidaknya dua kali dalam setahun. Di timeline media sosial, berseliweran cerita kawan-kawan yang sedang traveling. Dalam dan luar negeri. Sedangkan pendapatan saya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan saya selama sebulan saja. Otomatis saya tidak mempunyai tabungan. Gimana coba mau traveling? *gigit jari* Gimana adek gak iri, bang? Panas hati ini. Hahahahaha.

Tetapi rasa iri jika dikelola dengan baik, justru akan membangkitkan sesuatu yang positif, loh. Itu yang saya lakukan. Rasa iri menjadi semangat untuk saya. Orang lain bisa kenapa saya tidak bisa?        

Jadi saya tekadkan dalam hati bahwa tahun 2017, saya harus sudah mandiri secara finansial. Agar saya mampu mewujudkan keinginan saya untuk traveling ke berbagai tempat di Indonesia.

Traveling itu menurut saya bukan hanya sekedar jalan-jalan. Tetapi kesempatan bagi kita untuk belajar dan mengenal lebih dekat berbagai macam hal baru. Nah, ini dia dua tujuan wisata yang ingin sekali bisa saya kunjungi di tahun 2017. Bandung dan Bali. Doakan, agar bisa terwujud, ya.

BANDUNG. Kulineran. Yes, Bandung surga kuliner. Itu alasan pertama saya ingin berkunjung ke Bandung. Dalam benak saya, orang-orang Bandung itu kreatif dan inovatif. Saya sering menonton acara televisi tentang inovasi menu makanan. Menu makanan biasa, diolah dengan kreatif dan menjadi menu makanan baru yang begitu menggoda selera. Dan sebagian besar berasal dari Bandung. Saya yang doyan makan ini, pastinya dibuat penasaran. Sementara puas hanya melihat-lihat saja dulu. Tapi tahun 2017, saya harus bisa mengunjungi Bandung untuk memuaskan rasa penasaran saya. Bandung, tunggu kedatangan saya, ya!

BALI. Aih, siapa sih yang tidak mengenal keindahan alam pulau Bali dan kekayaan budayanya? Bali begitu tersohor bahkan hingga ke manca negara. Jadi jangan kaget jika nama Bali lebih dikenal dari pada nama Indonesia. Padahal kan Bali merupakan bagian dari Indonesia. Ada-ada saja, si bapak dan ibu bule ^^

Saya lahir dan besar di Indonesia, tetapi belum pernah sekali pun mengunjungi pulau Bali. Saya tidak mau dong kalah dengan turis manca negara yang sudah pernah menginjakkan kaki di pulau Bali. Saya juga harus bisa!     

Oiya supaya acara traveling lebih seru jika bisa dilakukan bersama dengan pasangan, kan. Ehm. Semoga 3 buah resolusi ini bisa terwujud tahun di 2017. Amin!

3 TIP AGAR RESOLUSI TERWUJUD

Buat kalian yang setiap akhir tahun selalu menuliskan resolusi, tentu tidak semuanya bisa berjalan sesuai rencana. Ada pengalaman menyedihkan dimana impian yang sudah kita idam-idamkan ternyata belum juga terwujud. Bahkan mungkin kita sudah mengulang resolusi yang sama setiap tahunnya.

Nah, ini dia 3 tip agar resolusi bisa terwujud:

 
#resolusiku2017

1.   Menulisnya
Tuliskan resolusi tersebut di tempat-tempat yang mudah terlihat oleh kita. Misalnya dinding kamar tidur, meja kerja. Dengan menuliskannya, ternyata cukup membantu, loh. Ketika melihat tulisan-tulisan tersebut, akan membuat kita akan terus mengingatnya. Maka kita pun akan terpacu untuk mewujudkannya.

2.   Realistis 
Saat kita menuliskan resolusi, pastikan apa yang dituliskan merupakan hal yang memang bisa dicapai. Bukan sesuatu yang muluk-muluk, di luar kemampuan diri kita. Misalnya ingin traveling ke planet Mars.

3.   Usaha
Perlu niat dan usaha yang ekstra keras agar resolusi bisa terwujud. Resolusi bukan hanya sekedar dituliskan yess. Misalnya ingin mandiri secara finansial, tetapi hanya berdiam diri saja. Berharap tiba-tiba ada seseorang mengantarkan cek sebesar 1 juta dolar. Hari gini masih males-malesan, kapan mau suksesnya, gaes? ^^

Resolusi, harapan, impian atau apapun itu kalian menyebutnya, pada akhirnya hanya terdapat 3 jawaban yang tersedia. Dikabulkan, ditangguhkan, atau diganti dengan sesuatu yang lebih baik. Apapun hasilnya, yang penting sudah melakukan apa sudah seharusnya menjadi tugas kita.




www.hidayah-art.com       




Salam,
~RP~

4 komentar:

  1. Aamiin... semoga resolusinya terwujud ya mbak ^^
    saya juga sering banget punya banyak resolusi. tapi jaraaang banget ada yang terealisasi. kayaknya emang harus ditulis ke mana-mana deh biar diingetin terus. makasih tipsnya mbaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama2, mbak.
      Semoga apapun resolusi di tahun 2017, bisa terealisasi ya.
      Semangaaaaaat, mbak ^_^

      Hapus
  2. Semoga semua resolusinya terwujud ya, aamiin.
    Makasih udah ikutan GA aku, moga sukses :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin amin amin.
      Sama2, mbak. Salam kenal :)

      Hapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)