21 Des 2016

Apa sih Keunggulan Menggunakan Top Level Domain .net/ .com?

Keunggulan menggunakan top level domain


Apa sih keunggulan menggunakan Top Level Domain .net/ .com? Sebuah pertanyaan yang cukup menarik untuk kita dibahas bersama. Eh, tapi saya bukan mau bermaksud menggurui, loh ya. Karena saya masih sangat amatiran dalam dunia blogging. Mulai ngeblog Oktober 2015. Saya hanya ingin berbagi pengalaman saja. Sukur-sukur bisa memberi manfaat bagi kawan-kawan yang telah bersedia berkunjung ke blog saya.

Saat ini, ngeblog bagi kebanyakan orang bukan lagi hanya sebuah hobi. Kegiatan tulis menulis di blog, telah dijadikan sebagai profesi yang menghasilkan, loh. Benar. Mulai dari jumlah kecil yang hanya cukup untuk menambah uang jajan sampai jumlah lumayan besar sehingga bisa dipergunakan untuk membayar cicilan rumah. Wow!
 
Profesi ini begitu diminati para ibu rumah tangga. Dengan satu tembakan, kena 3 sasaran sekaligus. Sambil mengurus keluarga tetap bisa menjalankan hobi menulis dan mendatangkan rupiah pula. Mantaaap!   

Lihat saja sudah semakin banyak bermunculan blogger-blogger baru (termasuk saya. Hihihihi^^) karena tergiur dengan berbagai macam nikmatnya rejeki dari ngeblog yang telah diperoleh para blogger profesional. Oiya, mereka dikategorikan sesuai dengan tema masing-masing blog. Ada Beauty blogger, food blogger, travel blogger, parenting blogger, book blogger, techno blogger, lifestyle blogger. Kalau saya sepertinya lebih tepat dikategorikan sebagai lifestyle blogger, karena isi tulisan dalam blog masih campur-campur belum fokus pada tema tertentu saja.

Kok bisa ya ngeblog dikatakan sebagai profesi yang menjanjikan? Saat menyajikan konten tulisan berkualitas akan banyak orang yang mengunjungi blog kita dan mendapat manfaat dari tulisan yang disajikan. Maka disanalah pintu rejeki itu perlahan mulai terbuka. Tawaran kerjasama dari agensi dan brand akan berdatangan untuk mereview produk atau jasanya atau biasa disebut job review. Yup. Kini blogger dianggap sebagai influencer yang cukup efektif dalam strategi marketing. Agensi dan brand beramai-ramai menggandeng blogger untuk membantu pemasaran produk atau jasanya. Nah, untuk itu, blogger akan mendapat fee (bayaran) untuk tulisan yang dimuat di blognya. Asik, kan?

Hayo siapa yang mau blognya kebanjiran job review? Pasti tidak akan ada yang menolak. Tapi bagaimana caranya agensi atau brand menawarkan job review jika tidak mengenal kita? Saya dan blogger pemula lainnya mungkin akan membatin “saya mah apa atuh? Saya bukan blogger ngehits yang ketjeh badai.”

Sejak resign setahun lalu, saya mulai mengisi hari-hari saya dengan ngeblog. Dulu, saya cupuuuu. Benar-benar buta dengan dunia blogging. Pengunjung blog saya juga sepiii sekali. Mungkin yang membaca tulisan-tulisan di blog saya hanya saya sendiri. *sedih*

Saya kemudian berkenalan dengan kawan-kawan yang tergabung dalam komunitas blogger. Di komunitas tersebut, saya belajar banyak. Selain itu, menambah pengetahuan tentang blogging dari buku-buku yang saya baca. Saya juga melakukan blogwalking. Perlahan saya mulai memahami dunia yang baru ini. Saya begitu menikmatinya. Ya, di sini passion saya berada.

Awalnya saya tidak terpikir sama sekali untuk mengunakan Top Level Domain (TLD) #DotComForBlogging. TLD itu apaa? Blog ber-TLD adalah blog-blog yang menggunakan akhiran .com, .net dan lainnya. Artinya tidak lagi menggunakan domain gratis seperti blogspot atau wordpress. Setelah setahun mulai mengenal dunia blogging, saya memutuskan untuk hijrah ke domain berbayar. Ya, sudah dua bulan ini saya menggunakan DotCom pada akhiran URL blog.

Saatnya kita menjawab pertanyaan Apa sih Keunggulan Menggunakan Top Level Domain sehingga seorang blogger harus menggunakan DotNet / DotCom?

1.   Terlihat professional.
Setuju! Saat memakai DotNet atau DotCom, maka blog kita akan terlihat profesional, loh. Kita pun akan semakin pede mengatakan, I am a blogger! Dari situ, terlihat bahwa kita memang sungguh-sungguh dalam menjalankan profesi blogger. Bahkan sampai “rela” merogoh kocek untuk berinvestasi membeli domain pribadi (Top Level Domain).  

2.   Peluang mendapat tawaran kerjasama lebih besar.
Nah, ini masih berkaitan dengan poin nomor satu. Dengan memakai TLD, agensi atau brand akan melihat bahwa kita memang serius ngeblog. Bukan hanya sebagai tempat curcol saja. Jadi agensi atau brand merasa yakin untuk “menitipkan” review produk atau jasanya di blog kita.  

3.   URL lebih mudah diingat.
Coba kawan-kawan bandingkan romapakpahan.blogspot.co.id dengan romapakpahan.com, manakah yang lebih mudah untuk diingat?

Orang akan mengalami kesulitan untuk mengingat blog kita jika URL-nya terlalu panjang. Akibatnya blog kita sulit ditemukan. Iya apa iya?

keunggulan top level domain

Ini dia tips memilih nama domain versi DotComForMe.

4.   Kesempatan terbuka lebar ikut dalam berbagai lomba blog.
Benar sekali. Saya pernah beberapa kali membaca syarat dan ketentuan lomba blog, yang mengharuskan pesertanya telah menggunakan domain berbayar. Terpaksa saya batal ikut berpartisipasi karena ketika itu saya masih menggunakan domain gratis.

Inilah salah satu alasan saya akhirnya memutuskan untuk menggunakan domain berbayar. Rugi dong kalah sebelum bertanding. Meski belum pernah menang, saya tetap semangat mengikuti berbagai lomba blog. Itung-itung ngabisin jatah kalah. Setelah itu, tinggal memetik kemenangan demi kemenangan, deh. Amiiin!

Dengan mengikuti perlombaan, tanpa disadari saya juga melatih keterampilan menulis. Orang bilang, sambil menyelam minum air. Kalau menang itu bonus, tapi kalau kalah berarti saya masih harus lebih banyak belajar lagi. Eh tau gak sih, kalau menang lomba blog itu, hadiahnya gak hanya barang dan uang aja. Pelesiran ke dalam dan luar negeri juga. Mauuu!

5.   Go internasional!
Ssssst …Tahukah kalian kalau ingin blog kita go internasional, kita sebaiknya memakai ekstensi domain internasional juga. Dotcom. Mengapa? Karena di dunia internet, domain .com merupakan TLD yang sudah dipercaya secara internasional selama 18 tahun. Tidak perlu diragukan lagi, kan?

Kalian tertarik untuk menggunakan domain berbayar? Iya. Kalau bisa sih, yang prosesnya gak ribet daaan muraah! Hahahaha. Tenang. Ada, kok yang sesuai dengan permintaan kalian. Proses mudah, memberi penawaran harga terbaik dan sistem pembayaran juga mudah (tidak mengharuskan pembayaran melalui kartu kredit). 

Saran saya, coba deh mampir ke website DotComForMe. Fyi, Dot Com For Me adalah sebuah kampanye .com yang dikelola oleh TRAM Digital Works yang bertujuan mendorong netizen untuk menyadari pentingnya kepemilikan domain .com di era digital dalam berbagai kepentingan, baik pribadi maupun bisnis online.

Nah, udah siap jadi blogger sungguhan? Yuk, segera beralih ke Top Level Domain. Tunggu apalagi? Jangan kelamaan merenung, deh. Ntar rejekinya dipatok ayam. Nyesel.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blogging Competition #dotcomforblogging yang diselenggarakan oleh Dot Com For Me. Ikutan yuk, hadiahnya bikin ngiler. Oiya, ada bar kabar gembira untuk kawan-kawan yang belum menggunakan Top Level Domain, beli dan langsung mendapatkan potongan harga 50 ribu dengan memasukkan kode voucher "blog100".    
 
http://competition.dotcomforme.com/


Salam blogging,
~RP~ 


sumber gambar: www.dotcomforme.com  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)