28 Apr 2016

Manfaat Benda Koleksi




Siapa yang tidak mengenal buah stroberi? Si buah merah berbintik kuning. Rasanya asam dan merupakan sumber vitamin C. Nama stroberi berasal dari bahasa Inggris kuno streawberige yang merupakan gabungan dari kata streaw atau “straw” dan berige atau “berry”. Buah ini berada dalam famili Rosaceae dan genus Fragaria
 Tampilannya yang unik membuat saya jatuh cinta. Sejak masih di bangku kuliah saya mulai mengumpulkan benda dan aksesoris yang berbentuk maupun bercorak stroberi. Istilah kerennya koleksi. Bingkai foto, bantal, seprai, jam dinding, sandal tidur, kaos, gantungan kunci. Pokoknya kalau melihat ada benda yang bernuansa stroberi, sebisa mungkin saya membelinya. Tidak jajan juga tidak apa-apa. Asalkan koleksi impian bisa dibeli. Pernah ada pengalaman menyedihkan. Saya berusaha menabung dan saat uang terkumpul. Eh, benda incaran sudah laku terjual. Rasanya sedih pake banget. Hiks. Keluarga dan teman-teman juga mengetahui hobi saya mengoleksi stroberi. So, saat saya ulang tahun, kadonya pun tak jauh-jauh dari nuansa stroberi. Senang bangeeet. Lumayan untuk menambah koleksi.

Kenapa saya suka stroberi? Saya tidak punya alasan khusus kenapa jatuh cinta dengan benda bernuansa stroberi. Tapi lucunya, saya tidak suka sama makanan berasa stroberi. Permen, es krim, puding, jus, sirup, atapun kue. Saya juga tidak suka makan buah stroberi. Cukup sebagai pengagum bukan penikmat. Hahahaha.

Membahas tentang koleksi. Apa saja ya manfaatnya? Saya mau berbagi tentang pengalaman mengoleksi benda kesayangan. Cekidot!

Belajar bertanggung jawab. Iya. Karena kamu dituntut untuk menjaga benda-benda koleksimu dengan baik. Tidak mau dong kalau tiba-tiba salah satu koleksi kesayangan kamu hilang karena sembarangan meletakkannya. Pasti sedih banget. Nah, kamu harus menjaga dan merawat benda koleksi dengan baik. Selain itu, benda koleksi harus rajin dibersihkan. Jangan sampai debu mengurangi kecantikannya.

Kegigihan. Saat kamu melihat benda incaran terpajang di etalase toko, tentu timbul keinginan untuk memilikinya. Merogoh dompet, ternyata uang kamu belum cukup. Lalu apa yang dilakukan? Ya, kamu pun berusaha untuk menghemat pengeluaran agar bisa menabung. Dari kejadian itu, kamu sudah belajar tentang arti sebuah perjuangan. Bahwa untuk meraih apa yang diinginkan tidaklah mudah. Perlu adanya usaha yang kuat. Begitu juga dalam menjalani kehidupan ini. Apapun impian yang kamu inginkan, berusahalah sebaik mungkin untuk meraihnya. Jangan pernah lelah sampai kamu berhasil meraihnya. Oya selain itu , secara tidak langsung kita belajar untuk mengatur keuangan.

Benda nostalgia. Kok bisa? Iya dong. Mungkin ada dari diantara benda koleksi berasal dari teman maupun keluarga. Benda koleksi tersebut bisa menjadi pengingat. Benda tersebut membantu mengingatkan kembali cerita tentang orang-orang yang telah memberikannya kepada kamu. Setiap benda mempunyai cerita masing-masing. Hayo mana benda koleksimu yang punya cerita paling mengesankan? Tapi ingat jangan sampai baper lho. Ehm.

Menambah teman. Di era internet sekarang ini. Semakin memudahkan para kolektor untuk menemukan teman sesama kolektor. Kesempatan itu bisa digunakan untuk memperluas jaringan pertemanan. Selain itu bisa juga wadah saling bertukar benda koleksi. Seru kan?    

Pelepas penat. Seharian beraktivitas, sekolah, kuliah atau kerja pasti timbul rasa jenuh dan lelah. Memandangi benda koleksi cukup ampuh lho untuk menghilangkan sejenak kepenatan kamu. Setidaknya kamu bisa membebaskan diri sebentar dari beban pikiran yang mengganggu. Saat pikiran kembali segar, kamu bisa berpikir lebih jernih. Akan timbul perasaan nyaman. Dan kamu pun bisa kembali bersemangat untuk beraktivitas.

Belum punya benda koleksi? Masih belum terlambat untuk memulainya. Ayo segera berburu benda koleksimu. 


Yippee!!!
rOMa Pakpahan    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)