12 Apr 2018

Alasan Saya Harus Ikut Ke Festival Teluk Stabas 2018

Tahun 2018 ini merupakan Festival Teluk Stabas V yang rencananya akan dipusatkan di kawasan wisata Labuhan Jukung dengan mengusung tema Bebai Ngantak Uyan Sasuduk & Bebay Nyelimpok Gelamay.

Kedatangan bulan April selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat. Emang ada apa sih? Ternyata ya bulan April itu merupakan hari jadi Kabupaten Pesisir Barat loh. Nah, dalam rangka memperingati hari spesial tersebut diadakanlah perhelatan akbar yang dinamakan Festival Teluk Stabas. Event terbesar di Kabupaten Pesisir Barat ini, bertujuan untuk memperkenalkan budaya Pesisir Barat ke dunia luar. 


credit by : https://kelilinglampung.net/2018/04/festival-teluk-stabas-2018-siap-hibur-wisatawan/

Kabupaten Pesisir Barat menyimpan potensi kekayaan alam dan budaya yes. Sayang kan kalau potensi tersebut hanya disimpan aja. Jadi gak hanya dikenal sebatas dalam negeri aja tetapi gaungnya bisa didengar hingga manca negara. Dan hal tersebut diharapkan akan membawa dampak positif bagi perekonomian masyarakat Pesisir Barat.

Hmmm … kujadi penasaran gimana sih kemeriahan Festival Teluk Stabas 2018? Saya harus ikut nih! Kabar baiknya, menyaksikan Festival Teluk Stabas ini gratis tis tis! Gak dipungut biaya sama sekali, kecuali parkir dan biaya kenakalan jajan.

Perjalanan dari Bandar Lampung menuju Pesisir Barat sekitar 7 jam. Cukup jauh memang. Kebayang dong capeknya. Tapi pegal-pegalnya bakal terobati kok. Begitu sampai, mata kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan laut lepas dan aroma khas laut.

Setelah sampai di Pesisir Barat, apa aja sih yang bisa dilakukan?  Ini nih … Oiya saya tulis secara random yaaa ..

5 Hal Seru Yang Bikin Saya Pengin Ke Festival Teluk Stabas

1. Mengabadikan momen indah

Bagi warga Pesisir Barat, laut merupakan hal biasa. Namun berbeda bagi saya yang kesehariannya hanya melihat kamu deretan rumah, kendaraan yang lalu lalang, dan pemandangan yang itu lagi, itu lagi. Membosankan!. Hamparan pasir yang lembut, deburan ombak, birunya laut, adalah momen indah yang gak boleh dilewatkan begitu aja. Harus diabadikan yes. Jangan lupa kosongkan memori hape supaya bisa mengabadikan momen indah sepuasnya dengan latar belakang pemandangan laut.  ^^

2. Kulineran

Gak boleh ketinggalan memanjakan lidah dengan kuliner khas Pesisir Barat. Salah satunya Sate Ikan Tuhuk atau ikan Blue Marlin. Katanya sih endes. Kudu nyobain nih. Harus. Gak boleh enggak. Dalam setiap perjalanan, kulineran itu mah emang wajib hukumnya. Gak lengkap kalau kita gak icip-icip dulu. Rugi atuh udah datang jauh-jauh tapi gak nyobain makanan khasnya.

3. Saksi mata pemecahan rekor MURI

Perhelatan Festival Teluk Stabas salah satu ajang hiburan bagi wisatawan (domestik maupun manca negara) yang nantinya akan datang berkunjung. Berbagai macam perlombaan unik dan menarik telah disiapkan oleh pantia untuk menambah kemeriahan acara. Lomba-lomba tersebut diantaranya Lomba Nyulam Tapis, Lomba Tari Adat Lampung, Lomba Mawalan, Lomba Burung Berkicau, Lomba Kuliner, Lomba Nyelimpok Gelamay, Lomba Ngunduh Damar, Lomba Tari Kreasi, Lomba Ngukokh Kelapa, Lomba Lagu Lampung, dan Lomba Video Wisata.

Dan kabarnya akan memecahkan rekor MURI Bebai Ngantak Uyan Sasuduk & Bebay Nyelimpok Gelamay. Apakah itu? Monmaap, saya juga gak ngerti. BHAHAHAHA. Makanya saya harus ikut Festival Teluk Stabas supaya bisa menjadi salah seorang saksi mata pemecahan rekor MURI tersebut.  

4. Mempelajari  budaya setempat

Untuk memeriahkan Festival Teluk Stabas, selain diadakan berbagai macam perlombaan gak ketinggalan pergelaran seni dan budaya Pesisir Barat juga . Pada kesempatan seperti ini, saya bisa mempelajari budaya setempat yang gak akan didapatkan di daerah lain. Seperti tarian adat dan lagu daerah. Tentunya ada keunikan tersendiri yang menjadi ciri khas masyarakat Pesisir Barat. Tak hanya menghibur, namun sekaligus untuk menjaga kelestarian budaya.

5. Memperluas jaringan pertemanan

Siapa sih yang gak pengin punya banyak teman. Momen kayak Festival Teluk Stabas ini bisa jadi satu kesempatan untuk memperluas jaringan pertemanan. Ada yang bilang, banyak teman banyak rejeki. Kali aja, dapat job yang gak diduga-duga dari teman baru kita itu. Atau bagi para jomblo, bisa nih untuk ajang tebar pesona. Diawali dari hubungan pertemanan terus lanjut deh ke pelaminan. Temen tapi jadi nikah. Halah!

Sekian dulu ah ...

Itu dia 5 hal seru yang bikin saya pengin ke Festival Teluk Stabas 2018. Kalau kesampean, saya bakal bagi-bagi cerita keseruannya tuk kalian. Pada tertarik juga kan? Sampai ketemu!

Pesisir Barat, I am coming!



Salam,
~RP~    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)