13 Mar 2018

Merry Riana: Wanita Sejuta Dollar Yang Menginspirasi Saya

Hari Perempuan Internasional diperingati pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya. Sebagai satu dari ratusan juta perempuan di dunia, saya merasa ikut terpanggil untuk menulis tentang Hari Perempuan Internasional ini. Sifat lemah dari dulu hingga saat ini, masih melekat dengan kaum perempuan. Julukan sebagai masyarakat kelas dua juga tak lepas dari kaum perempuan. Hal ini membuat ruang gerak perempuan menjadi sangat terbatas. Termasuk dalam hal memperoleh pendidikan. Kaum perempuan diberi “tugas” untuk mengurusi sesuatu yang berkaitan dengan urusan domestik saja. 

Namun anggapan tersebut sedikit demi sedikit mulai luntur. Dengan munculnya tokoh-tokoh yang memperjuangkan hak-hak kesetaraan gender, kaum perempuan mulai bisa menunjukkan kemampuannya. Dulu kaum perempuan “mentok” sebagai ibu rumah tangga yang hanya mengurus keluarga  tanpa diberi kesempatan untuk berkarya.

Saat ini kaum perempuan memiliki kesempatan yang setara dengan kaum laki-laki  mengenyam pendidikan dan bekerja. Kaum perempuan tidak lagi “terpenjara” dalam keterbatasan. Berbagai profesi kini telah digeluti kaum perempuan. Sebut saja montir, dokter, astronot, supir, motivator dan masih banyak profesi lain yang tadinya hanya diperuntukkan bagi kaum laki-laki saja. Sedangkan kaum perempuan hanya “puas” sebagai ibu rumah tangga.

Bicara tentang motivator, saya jadi teringat dengan seorang motivator perempuan. Merry Riana. Sepertinya diantara kita tidak asing lagi dengan nama itu. Seorang perempuan hebat yang kisah hidupnya begitu menginspirasi saya. Bayangkan di usia 26 tahun, Merry Riana mampu mendapat penghasilan dengan total mencapai 1 juta dollar! Angka yang warbiasak.

Merry Riana bukan lahir dari keluarga yang kaya raya. Namun berkat kerja kerasnya, ia mampu mewujudkan mimpinya di usia yang terbilang muda. Merry Riana dikenal sebagai motivator ulung, penulis dan pengusaha sukses. Hmmm … saya di usia tersebut masih belum terpikir tentang “tujuan hidup”. Hidup saya hanya mengalir begitu saja mengikuti arus kehidupan.

Ada tiga resep sukses dari Merry Riana yang bisa kita terapkan. Ini dia:
·         Berani Bermimpi Besar
Jangan pernah takut untuk bermimpi. Sebesar apapun mimpi yang kita miliki, yakinlah bahwa kita mampu untuk meraihnya. Merry Riana, mempunyai mimpi sebelum usia 30 tahun, harus sudah punya kebebasan finansial. Kalau dilihat dari kehidupan sehari-harinya, mimpi itu tentu sesuatu yang mustahil. Tetapi Merry Riana BERANI tuk bermimpi besar.
·         Action
Sebuah kekuatan besar akan muncul ketika seseorang berani untuk bermimpi. Dalam mewujudkan mimpinya, tidak selalu berjalan lancar. Ada tantangan yang harus dihadapi. Anggapan remeh dan ledekan dari orang di sekitarnya justru menjadi kekuatan untuk terus berjuang mewujudkan mimpi besarnya.
·         Passion
Cintai apa pun yang kita kerjakan. Hal itu akan mendorong kita untuk terus berjuang meraih mimpi.

Menyesal?

Iya. Tentu ada rasa penyesalan. Namun tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik. Beruntung, kesuksesan tidak memandang usia. Kesuksesan tidak pilih-pilih kok. Kesuksesan bersahabat dengan orang-orang yang mau belajar. Orang-orang yang mau bekerja keras dan pantang menyerah.

Selagi muda, berusahalah untuk mengejar kesuksesan secepat mungkin. Sehingga kita memiliki waktu yang cukup panjang untuk menikmati kesuksesan tersebut. Ingat, setiap orang mampu untuk membeli jam. Tapi tak seorang pun memiliki kemampuan untuk membeli waktu.

Ayo berubah! Selagi ada waktu!

Perempuan juga boleh kok sukses. Tidak ada yang melarang. Mau jadi apa saja silakan. Asal jangan melupakan kodratnya untuk menjadi seorang istri dan ibu. Sehebat apapun pekerjaan dan setinggi apapun tingkat pendidikan seorang perempuan. Perempuan tetaplah perempuan!                

1 komentar:

  1. saya juga terinspirasi dengan merry riana ini, pernah di filmkan juga

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)