18 Sep 2017

Griya Oebi: Menikmati Olahan Unik Ubi Cilembu

Sebuah mini kafe dengan konsep menu olahan ubi cilembu menjadi keistimewaan Griya Oebi yang terletak di jalan Pajajaran no. 47 Bandar Lampung. Kafe ini menawarkan aneka menu olahan unik ubi cilembu. Masyarakat Indonesia memang sudah tak asing lagi dengan ubi. Biasanya ubi hanya dinikmati dengan cara direbus atau digoreng saja. Namun di Griya Oebi, saya dapat menemukan menu-menu unik yang menjadi kekhasan kafe ini. Saya begitu surprised ketika pertama kali mengetahui menu-menu yang disajikan di kafe ini. Saya harus mencoba! Iyes, sesuatu yang baru selalu menarik untuk dicoba. 


Welcome to Griya Oebi

Sebenarnya tulisan ini cukup telat saya posting karena ada sedikit kesibukan *sok sibuk ah *mulai deh cari alasan. Ceritanya seminggu yang lalu, tepatnya 11 September 2017 lalu, saya mengunjungi kedai Griya Oebi. Saya begitu penasaran dengan menu-menu unik yang sebagian besarnya berasal dari ubi cilembu.

Setibanya di Griya Oebi, saya disambut dengan senyum ramah mbak Ophienalti Dwi Pujiastuti, yang biasa disapa mbak Ophie. Beliau diberi kepercayaan memegang tanggung jawab sebagai cheff utama di Griya Oebi. Mbak Ophie bercerita bahwa bisnis ubi cilembu sudah lama berjalan, kurang lebih 9 tahun. Awalnya sang ayah hanya berjualan ubi cilembu mentah yang didatangkan langsung dari daerah asalnya, yaitu desa Cilembu kecamatan Pamulihan Jawa Barat. 

Kemudian bisnis tersebut berkembang dengan menjual ubi cilembu yang dipanggang dalam oven dengan suhu tertentu. Ternyata peminatnya semakin banyak. Ternyata ubi cilembu memiliki keistimewaan yang gak dimiliki ubi jenis lain loh. Jika dioven, umbi akan mengeluarkan lelehan sejenis cairan lengket yang berasa manis seperti madu. Inilah yang membuat ubi cilembu juga dikenal dengan sebutan ubi madu. Dan teksturnya dagingnya lembut, membuat ubi cilembu semakin diminati.

Pada 20 September 2016, bisnis keluarga ini mulai dipercayakan kepada mbak Ophie yang memang sejak dulu memiliki passion memasak. Mbak Ophie mulai berinovasi untuk mendapatkan menu-menu unik yang sesuai dengan selera masyakarat terutama kaum muda. Setelah melakukan berkali-kali eksperimen akhirnya lahir menu-menu yang menggugah selera dan memanjakan lidah.


Menyantap Hidangan Ubi Cilembu Bercita Rasa Unik


Kali ini, saya mendapat kesempatan untuk mencicipi beberapa menu yang tersedia di Griya Oebi. Siang yang cukup terik membuat saya dahaga. Mbak Ophie seperti mengetahuinya. Setelah mempersilakan saya duduk dan kami berbincang sejenak, Mbak Ophie menghidangkan segelas SUSU OEBI yang segar. Tanpa banyak basa basi, saya segera meneguk ^^ Tepat sekali untuk menyegarkan tenggorokan saya yang mulai terasa kering. Manisnya susu bercampur dengan rasa khas ubi di lidah begitu nikmat di lidah. Ditemani UBI CILEMBU PANGGANG yang juga manis kayak aku, makin lengkap kenikmatannya. Tekstur daging ubinya lembut dan sedikit serat, malah hampir gak ada. Jadi saya bisa menikmatinya dengan nyaman.








Turut juga dihidangkan MIE PANGSIT UBI. Ini salah satu menu andalan Griya Oebi. Meski terbuat dari ubi, teksturnya gak terlalu jauh berbeda dengan mie pada umumnya. Jadi tak perlu khawatir mienya keras. Mbak Ophie sudah berusaha sebaik mungkin untuk mendapatkan racikan yang pas di lidah para pelanggannya. Dan terbukti mie pangsit ubi ini memang enak dan bikin ketagihan. Jangan sampai kelupaan untuk memesan hidangan ini bila ingin pulang dengan perut kenyang. Porsi mie ayam ini cukup "nendang". Dilengkapi sayuran, acar serta taburan potongan ayam yang menjadi topping. Gak pelit taburan daging ayam, melimpah. Ini yang paling saya suka. Bahan-bahan yang digunakan masih dalam keadaan segar dan yang pasti gak memakai bahan pengawet, ini menjadi nilai plus. Semuanya diolah sendiri oleh mbak Ophie.


MIE PANGSIT UBI

Saat ini, Griya Oebi mempunyai menu baru, BOLA BOLA UBI. Tersedia 4 varian rasa, chocolate, white chocolate, mozzarella dan cheese. Saya mencoba rasa cokelat dan keju yang merupakan best seller. Awalnya saya berpikir, rasa cokelat yang paling oke. Karena memang saya penyuka cokelat garis keras. Daaaann ... dugaan saya ternyata SALAH! Justru saya paling suka rasa keju. Kombinasi rasa khas ubi berpadu dengan keju itu "pecah" di mulut. Kalau kamu mampir ke Griya Oebi harus nyobain deh.


BOLA BOLA UBI KEJU

BOLA BOLA UBI COKELAT

Bagi pecinta kuliner yang menginginkan sesuatu yang unik, kehadiran Griya Oebi bisa menjadi pilihan. Buka setiap hari sejak pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB, tempat nongkrong ini menawarkan berbagai pilihan menu berbahan dasar ubi cilembu.

Sebuah tempat nongkrong tak cukup hanya menyajikan pilihan menu lezat. Suasana homey serta sambutan hangat justru dipercaya menjadi magnet tersendiri bagi orang untuk datang ke suatu tempat berkali-kali. Bikin ketagihan dan gak ada bosannya. Sebab tempat nongkrong yang menawarkan sesuatu yang lebih dari sekedar "biasa" akan selalu mendapat tempat khusus di hati pengunjung.


Ludes semua ^^

Terima kasih Griya Oebi atas sambutannya yang hangat. Hidangannya yang unik dan lezat membuat saya ingin datang kembali.

Thanks for being my new best friend, Mbak Ophie 

Kawan-kawan sudah mampir ke Griya Oebi

Oiya bagi kawan-kawan yang pengin nyobain menu-menu Griya Oebi tapi mager atau gak punya banyak waktu untuk keluar rumah atau kantor, delivery order available kok ^_^



Griya Oebi

Jl. Pajajaran No. 147 Way Halim - Bandar Lampung

Buka setiap hari : 08.00 - 22.00

IG: @griyaoebi_bdl

1 komentar:

  1. bola - bola ubinya menggoda banget nih, apalagi ubi cilembunya udah enak, ditambah coklat, sluuuurrrrp :D

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)