24 Mei 2017

Boleh Gak Sih Anak Tau Nama Orang Tuanya?

Nama ibu aku Mawar (bukan nama sebenarnya).
Kalo nama ayah aku Budi (hanya nama samaran).

Percakapan yang samar-samar saya dengar siang tadi. Obrolan beberapa anak yang sedang bermain di depan rumah. Saya tidak memperhatikan dari awal apa yang mereka obrolin. Tetapi ketika tema obrolan membahas nama orang tua kok telinga saya "gatel" mendengarnya ๐Ÿ˜‚


Sebenarnya boleh gak sih anak tahu nama ayah atau ibu mereka? Soalnya ketika saya kecil, saya gak tahu sama sekali nama Bapak atau Mamak saya. Katanya sih gak sopan jika anak menyebutkan nama ayah, ibu atau yang lainnya. Seperti kakek, nenek, paman, bibi, tante. Hush, pantang. Itu kan nama Uda, begitu yang Mamak katakan ketika saya gak sengaja mengucapkan satu yang baru saya tahu kalau itu nama Uda, adiknya Bapak ๐Ÿ˜‰. Hohoho. I am so sorry, Uda.

Tapi akhirnya saya jadi tahu nama Bapak dan Mamak. Dari mana? Akte kelahiran saya. Hahahaha *senyum bandel*

Itu dulu. Ketika saya kecil. Hal itu berubah 180 derajat ketika Enold keponakan saya mulai bisa bicara. Eh, si Opung Boru (panggilan Enold kepada Mamak), iseng nanya, nama Papa Enold siapa? Trus nama Mama Enold siapa? Dengan mantap Enold menyebutkan nama Papa dan Mamanya. Loh, loh gimana sih, kok gak konsisten dengan aturan tak tertulis yang berlaku di masa kecil saya dulu.

Ketika saya "protes" sama Mamak. Dengan santai Mamak jawab, kan jaman udah berubah. Sekarang anak-anak perlu tahu nama orang tuanya. Siapa tahu pas diajak ke tempat-tempat umum trus dia terpisah dari orang tuanya. Kan lebih mudah ketemunya. Petugasnya tinggal manggil lewat pengeras suara sambil menyebutkan nama orang tua si anak tersebut. Bener juga sih, Mak.

Etapi saya pernah loh menyebut nama Bapak dan Mamak, eh, masih dimarahin juga tuh. Gimana sih???

Terserah deh. 

Tapi ya menurut saya gak apa-apa anak-anak tahu nama orang tua mereka. Asal gak menyebutnya dengan sembarangan. Ya gak sopan dong.

Jadi intinya adalah anak memang perlu mengetahui nama orang tua mereka. Namun jangan lupa juga memberitahu bahwa nama tersebut gak boleh untuk dijadikan bahan saling olok dengan kawan sepermainan. 

Kalau menurut kalian gimana?



~RP~ 

1 komentar:

  1. betul mba diajarin jg untuk tidak ngolok2 dulu pas SD jamannya ledekin nama ortu ๐Ÿ˜kesel bgt dah sama anak2 yg ledekin hahaha

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)