5 Agt 2016

Sayangi Jantung Kita!



Bulan Juli yang lalu ditutup dengan sebuah berita yang begitu mengejutkan. Tepatnya pada tanggal 31 Juli yang lalu, insan musik Indonesia dirundung duka mendalam dengan adanya kabar meninggalnya Mike Mohede. Salah satu penyanyi jebolan ajang Indonesia Idol 2 ini dikaruniai suara begitu merdu dan khas. Saya pun mengaguminya. Setiap lagu yang dinyanyikan Mike Mohede terdengar begitu indah dan membuat pendengarnya seakan terbawa dalam lagu tersebut. Mike Mohede meninggalkan kita di usia yang masih terbilang muda, 32 tahun, akibat serangan jantung.


Penyakit kardiovaskuler adalah penyakit gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Sistem kardiovaskuler sangat vital bagi tubuh sehingga penyakit ini sangat membahayakan jiwa. Penyakit kardiovaskuler terdiri dari berbagai macam penyakit. Namun yang paling popular di masyarakat adalah penyakit jantung dan stroke. Penyakit kardiovaskuler merupakan penyakit peyebab utama kematian di seluruh dunia, menduduki peringkat pertama sebagai penyakit paling mematikan di dunia. Penyakit ini menyerang penduduk di negara-negara maju maupun berkembang. Penyakit ini umumnya terjadi di usia tua. Namun kini usia muda pun beresiko terkena serangan jantung.

Faktor resiko penyakit jantung diantaranya, keturunan, pola makan tidak sehat, kurang melakukan aktivitas fisik, kelebihan berat badan (obesitas) dan stress. Serangan jantung terjadi secara mendadak dan kapan saja, bahkan saat seseorang sedang tidur.

Nah, apa yang harus kita lakukan akan terhindar dari serangan jantung? Hal pertama yang bisa dilakukan yaitu menjalani pola hidup sehat, salah satunya dengan menjaga asupan makanan. Biasakan mulai sekarang untuk mengkonsumsi makanan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang diperlukan untuk mencegah resiko penyakit jantung, diantaranya:
 
Asam Folat
Dengan mengkonsumsi makanan yang kaya kandungan asam folat atau vitamin B9 yang cukup akan membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler. Dalam sehari, tubuh kita memerlukan asupan vitamin B9 400 mcg. Dari mana tubuh kita mendapatkan asam folat? Sayuran dan buah-buahan yang kita konsumsi sehari-hari. Jenis sayuran yang tinggi kandungan asam folat diantaranya, bayam, brokoli, kentang, kubis, selada dan seledri. Sedangkan jenis buah-buahan yang banyak kandungan vitamin B9 diantara alpukat, jeruk, pepaya dan strawberry. Jangan lupa untuk menyertakan sayuran dan buah-buahan dalam menu makan.  

Asam Lemak Omega-3
Mengkonsumsi ikan yang tinggi kandungan asam lemak omega-3 sebanyak 2 kali dalam seminggu dipercaya cukup membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler. Dalam sehari, tubuh kita memerlukan asupan asam lemak omega-3 sebanyak 1,6 gram. Jenis ikan ini diantaranya salmon, tenggiri, tuna dan sarden. Asam lemak omega-3 merupakan tipe lemak tak jenuh yang dapat menurunkan kadar kolesterol “jahat”. Asam lemak omega-3 berperan untuk menurunkan resiko pembekuan darah yang berakibat pada penyumbatan pembuluh darah. Serangan jantung dapat terjadi jika terjadi penyumbatan pembuluh darah akibat gumpalan darah beku.
   
Vitamin E
Vitamin E kaya akan kandungan antioksidan yang dibutuhkan untuk melawan radikal bebas penyebab penyakit jantung. Penyumbatan arteri dapat dicegah dengan adanya antioksidan yang berfungsi mengurangi pengendapan kolesterol dan plak pada dinding pembuluh arteri. Tubuh kita dalam sehari memerlukan asupan vitamin E 60-75 IU. Jenis makanan yang tinggi kandungan vitamin  E, yaitu: kacang-kacangan, lobak, rumput laut, buncis.    
       
Kita sebaiknya menjaga agar asupan vitamin dan mineral yang dikonsumsi tidak melebihi angka kecukupan yang diperlukan tubuh dalam sehari. Karena jika kita konsumsi secara berlebihan justru akan memberi dampak buruk bagi kesehatan.

Ayo kurangi resiko serangan jantung dengan menjalankan pola hidup sehat. Tidak cukup hanya memperhatikan pola makan saja. Namun perlu juga diimbangi dengan akvititas fisik, olah raga cukup dan tak kalah penting, hindari stress dengan cara selalu berpikir positif.


Salam Jantung Sehat,
~RP~  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)