10 Agt 2016

KAWAH PUTIH YANG MEMPESONA

Sumber: http://blog.airpaz.com

Ada pepatah yang mengatakan “Tak kenal maka tak sayang.” Saya setuju dengan pepatah tersebut. Artinya, jika seseorang tidak mau memahami secara mendalam tentang sesuatu hal, maka orang itu tidak akan mampu untuk menghargai hal tersebut. Begitu juga dengan kecintaan pada tanah air ini. Salah satu bentuk Cinta Indonesia, yaitu dengan berwisata di dalam negeri. Tetapi ironisnya, justru banyak orang yang berbondong-bondong melancong ke luar negeri. Sebab mereka tidak mengenal Indonesia lebih dekat.

Padahal pesona alam Indonesia begitu memukau! Tak kalah dengan objek wisata produk luar negeri. Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau, menawarkan beraneka ragam wisata alam. Selain memiliki keindahan pantai tropis, ada juga pegunungan dan danau yang begitu memukau. Kesemuanya itu tersaji dengan keunikan masing-masing. Dari sekian banyak wisata alam yang dimiliki negeri ini, saya begitu tertarik dengan Kawah Putih.

Siapa yang tidak tahu Kawah Putih? Ya, Kawah Putih ini adalah wisata alam eksotis yang paling terkenal di Bandung Selatan, tepatnya terletak di Ciwidey. Kawah Putih merupakan sebuah danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha. Nah, akibat adanya percampuran belerang, tanah dan bebatuan di sekitar kawasan ini berwarna putih. Ornamen keindahan tampak semakin memukau dengan perpaduan air danau yang berwarna putih kehijauan. Uniknya, warna danau bisa berubah tergantung dengan kadar belerang, cuaca dan suhu. Sempurna!

MISTERI DIBALIK KEINDAHAN KAWAH PUTIH

Kawah Putih menyimpan keindahan yang tak terlupakan. Kawah Putih dulunya dianggap angker. Kenapa? Karena setelah letusan Gunung Patuha, setiap burung yang terbang melintasi sekitar pegunungan ini akan mati. Kawasan ini pun menjadi semakin sunyi, tidak terjamah manusia. Tak seorang pun berani mendekati.

Hingga pada tahun 1837, Dr. Franz Wilhelm Junghuhn, seorang ahli botani berkebangsaan Jerman memutuskan untuk pergi ke puncak Gunung Patuha untuk mencari tahu penyebab kematian burung-burung tersebut. Tak disangka, Dr. Franz justru menemukan sebuah danau indah berwarna putih dengan bau belerang menyengat. Misteri kematian burung-burung tersebut pun terungkap. Sejak saat itu, keberadaan Kawah Putih semakin dikenal. Pada tahun 1987, pemerintah mulai mengembangkan Kawah Putih sebagai tempat pariwisata yang dibuka untuk umum.   
      
SURGA PARA PECINTA FOTO

Panorama alam yang dimiliki Kawah Putih tidak hanya menggoda wisatawan nusantara, bahkan wisatawan mancanegara. Mata setiap pengunjung yang datang dimanjakan dengan kecantikan alam Kawah Putih. Tak salah jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi. Tak hanya sekedar untuk rekreasi saja. Kawah Putih juga sering dijadikan sebagai lokasi syuting film, spot foto pre wedding, melukis maupun hunting foto bagi para penyuka fotografi. Benar-benar instagram-able. Yups, tempat ini menjadi surganya para pecinta foto, ya. ^^

AKOMODASI BAGI WISATAWAN

Bagi wisatawan yang berasal dari luar Bandung dan ingin bermalam di sekitar Kawah Putih, tak perlu merasa khawatir. Terdapat hotel, villa, bungalow dan guest house yang siap untuk menemani waktu istirahat kamu. Tentunya dengan tarif beragam, tergantung dengan fasilitas yang disediakan. Bayangkan, kamu berada di sebuah penginapan dengan suasana pedesaan yang indah dan sejuk. Pasti liburan kamu akan terasa semakin mengesankan.

TIPS BERWISATA KE KAWAH PUTIH

Kawah Putih berada di ketinggian lebih dari 2.400 meter di atas permukaan laut. Hal ini membuat suhu di kawasan ini cukup dingin. Suhu berada di angka 8 derajat Celcius sampai 22 derajat Celcius. Untuk itu, sebaiknya gunakan pakaian tebal atau jaket. Selama berada di dekat kawah, disarankan untuk menggunakan masker, terutama untuk kamu yang memiliki gangguan pernapasan, agar terhindar dari bau belerang yang begitu menyengat. Oiya, ketika siang menjelang, sinar matahari sangat terik sehingga perlu menggunakan sunblock sebelum beraktivitas di sekitar kawah. Tidak mau kan kulit kamu terbakar sinar ultraviolet (sinar UV)?
     
TRANSPORTASI MENUJU KAWAH PUTIH


Saat menentukan destinasi wisata, transportasi merupakan salah satu hal penting yang perlu dipersiapkan. Bagaimana cara kita menuju lokasi wisata yang ingin dikunjungi? Bagi para wisatawan yang berasal dari luar kota, tersedia banyak maskapai penerbangan menuju Bandung, seperti: Wings Air. Dari Bandara Husein Sastranegara, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan darat menggunakan kendaraan umum menuju Kawah Putih.

Berikut adalah rutenya: Dari bandara menggunakan taksi menuju terminal Leuwi Panjang. Dilanjutkan dengan menaiki mini bus sampai ke terminal Ciwidey. Kemudian menaiki angkot kuning jurusan Ciwidey – Situ Patengang. Angkot ini yang akan mengantar kamu sampai pintu gerbang objek wisata Kawah Putih.
       
SAYA DAN DESTINASI IMPIAN

Kawah Putih masih merupakan salah satu dari deretan wish list destinasi wisata eksotis yang wajib saya kunjungi suatu saat nanti. Kurang puas rasanya jika menikmati keindahan pesona alam Indonesia hanya dari surat kabar, buku, internet, cerita saudara atau teman-teman. Ingin sekali berada di sana, melihat langsung keindahan alam Indonesia yang terlukis di Kawah Putih.  


Nah, bagi saya yang termasuk dalam golongan kaum fakir piknik, tiket pesawat murah menjadi pilihan tepat. Apalagi jika saya bisa mendapatkan tiket pesawat GRATIS dari Airpaz. Aseeek! Sudah terbayang bagaimana serunya berlibur ke Kawah Putih.

Kalau tiket pesawatnya murah gini. Uang saku semakin banyaaak. Kawah Putih, tunggu kedatangan saya!

Oiya, saya punya bocoran untuk kamu yang hobi taveling tapi ingin dapat tiket pesawat murah promo. Yuk, tonton video ini. Pasti deh bakalan bermanfaat untuk kamu. Tunggu apalagi? Segera rencanakan perjalanan kamu, sobat. ^_^





Happy Traveling,
~RP~
 
      
Sumber:
https://id.wikipedia.org/wiki/Kawah_Putih

8 komentar:

  1. Ehhmm saya baru tahu deh sejarah ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak objek wisata Indonesia yang punya cerita dibalik keindahannya. Diantaranya Danau Toba, Tangkuban Perahu. Negeri kita ini emang kereeeen ya, mbak ☺☺☺

      Hapus
  2. Iya memang bagus Mba Roma. Saya pernah ke sana. Ranting pohon yang terbakar loh jadi objek yang indah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya masih dalam impian mbak Denik. One day harus kesampean jalan-jalan ke Kawah Putih. *berdoa menang lomba*

      Hapus
  3. bandung kayaknya banyak tempat yang menarik ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah mbak Wiwid ke Bandung, tapi bentar banget. Hanya sempet nyicipin siomay bandung yang rasanya maknyuuus!

      Hapus
  4. Tulisan menarik, terima kasih atas partisipasinya dalam lomba blog Airpaz. Semoga menang dapat tiket pesawat gratis dari Airpaz ya :)

    BalasHapus
  5. Amiiin!
    Pengen bisa liburan dan lebih serunya lagi kalau dapat tiket pesawat gratis ^_^

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)