18 Jul 2016

Go Blog, Asyik!



Go blog asyik, yow! *nyanyi ala rapper*

Go blog? Eits, jangan negative thinking dulu. Bacanya pakai versi bahasa Inggris, dong. Nah, beda ya maknanya? Iya, istilah go blog semakin booming. Saya pun terjangkiti virus ngeblog. Saya memang masih termasuk orang baru dalam perabadan blogging. Kebetulan saya suka menulis, tidak perlu lama-lama, saya langsung jatuh cinta dengan aktivitas ngeblog. Apa saja sih yang biasanya dilakukan oleh seorang blogger? Menulis! Ya, 80 persen kegiatan ngeblog diisi dengan menulis.

Apa saja yang ditulis? Curhatan (hindari hal yang bersifat pribadi, ya), puisi, cerpen, review produk maupun jasa, kegiatan sehari-hari, reportase setelah mengikuti event tertentu, resep favorit, cerita liburan dan masih banyak hal lain. Tidak ada aturan baku yang mengatur isi tulisan di blog. Bebas menulis apa saja di blog personal kita. Tapi perlu diingat, tulislah hal yang tidak mengandung SARA, sesuatu yang berbau pornografi atau hal negatif lainnya. Sebisa mungkin, jadikan blog sebagai sumber informasi. Dengan begitu, secara tidak langsung membantu pembaca menemukan solusi bagi permasalahan yang sedang dihadapinya. Tulislah artikel yang easy reader, dijamin pembaca betah berlama-lama di blog kita. Bahkan akan berkunjung lagi, lagi dan lagi. Senang dong!

Lalu 20 persen sisanya? Menghias blog! Iya, memiliki blog seperti merawat rumah. Kenapa? Agar kita sebagai penghuni merasa nyaman menempatinya. Ini yang paling penting, agar banyak tamu yang nyaman berkunjung. Bayangkan jika kita bertamu ke sebuah rumah yang tidak terawat, kotor, bau, banyak nyamuk. Pasti ingin buru-buru pulang, kan?

Lalu apa yang harus dipersiapkan agar aktivitas ngeblog jadi terasa semakin asyik?

Tulis topik yang disukai. Wajib dicatet, nih. Bagaimana mau membuat tulisan yang menarik jika kita sendiri tidak menyukai topik yang sedang ditulis. Jadi, mulailah untuk menulis topik-topik yang kalian sukai, kawan.

Penerangan yang cukup. Kalau ruangannya kurang terang, bukannya ngeblog yang ada justru ngantuk. Batal deh rencana nulisnya ^^. Menulislah di tempat yang dilengkapi dengan penerangan yang baik agar mata tidak mudah lelah.  

Pastikan baterai laptop/smartphone telah di charge. Jangan sampai sedang asyik ngeblog, tiba-tiba laptop/smartphone mati. Ngeganggu banget. Kabur teratur deh ide-ide yang sudah sabar ngantri untuk ditulis.

Selesaikan pekerjaan yang lain terlebih dahulu. Ya, supaya bisa tetap fokus. Lagi ngeblog, tetiba ingat cucian piring di dapur masih numpuk. Kezel! Jika sudah free, dengan begitu kita akan memiliki banyak waktu untuk mengolah ide-ide menjadi sebuah tulisan yang berkualitas.

Jangan menulis saat badmood. Dalam keadaan marah, galau, jengkel, sudah dapat dipastikan tulisan yang dihasilkan tidak akan baik hasilnya. Bisa jadi malah membuat tulisan yang isinya curcol a.k.a curhat colongan. Jangan sampai kejadian, ah.

Wisata nulis. Jangan bingung dulu. Mungkin ada diantara kawan-kawan yang bosan dengan suasana kamar atau ruang kerja. Nah, tidak ada salahnya jika sesekali hunting tempat yang nyaman untuk menulis. Kafe, perpustakaan, taman, atau mungkin pantai bisa jadikan sebagai referensi tempat menulis yang asyik. Tapi usahakan untuk memilih tempat yang tidak terlalu bising. Ya, karena saat menulis, suasana tenang sangat dibutuhkan. Yuk, disediakan waktu untuk wisata nulis!

Tiap orang memiliki cara yang berbeda agar kegiatan ngeblog semakin terasa mengasyikkan. Ini cara ngeblog asyik ala saya. Semoga bermanfaat ya, kawan. Mungkin ada yang ingin menambahkan, silakan tulisan di kolom komentar.

Happy blogging, kawan!    

~RP~     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)