19 Jul 2016

REVIEW NOVEL - UNEXPECTED LOVE


http://www.stilettobook.com/unexpected-love.html
Novel ini saya dapatkan secara gratis! Iya, GRATIS! Saya mendapatkan novel ini dari arisan buku yang diadakan Stiletto Book Club. Sebenarnya sudah cukup lama. Namun baru sekarang berhasil menyelesaikan reviewnya. Jadi, ini pengalaman pertama saya membuat review buku. Semoga tidak mengecewakan, ya.

Saya suka sekali dengan novel ini. Bahkan tidak merasa bosan, walau sudah membacanya berulang. Gaya penulisannya yang mengalir, tidak kaku, membuat saya nyaman untuk mengikuti jalan cerita dari awal hingga akhir. Tema yang diambil perselingkuhan, namun dikemas dengan apik. Tidak terdapat konflik berlebihan seperti cerita-cerita sejenis pada umumnya. Pemilihan bahasa yang santun, jauh dari kesan vulgar dalam menceritakan adegan per adegan di mana kedua tokoh tersebut terlibat dalam suasana romantis. Penulis menceritakan tokoh utama dari dua sisi pandang, wanita dan pria. Anya dan Radit.

Tidak perlu banyak narasi kali, yaaa. Sudah tidak sabar lagi, kan? Yuhuuu mari kita mulai penjelajahan …

Judul buku    :  Unexpected Love
Penulis                     : Nurilla Iryani
Penerbit               : Stiletto Book
ISBN                         : 978-602-7572-43-0
Kategori                : Fiksi


Mari menjelajah…


… di Indonesia Raya ini kan perempuan 25 tahun ke atas yang belum menikah disebut perawan tua! Gosh, aku benci banget istilah ini. Terkutuklah manusia yang pertama kali membuat istilah perawan tua itu! (Unexpected Love, hal. 4)

~ Anya ~

A single woman, 32 years old. Wanita yang sudah mandiri secara finansial. Dia memiliki keyakinan akan bertemu dengan pria yang merasa bangga mempunyai pasangan mandiri dan tidak merepotkan, seperti dirinya. Menurut Anya, single itu jauh lebih baik dari pada berada dalam hubungan yang tidak membuat orang yang menjalaninya bahagia.

Sejak putus sekitar lima tahun lalu setelah sebelumnya berpacaran selama tujuh tahun, Anya belum juga memiliki kekasih. Is she feels lonely? No! Anya memiliki seorang sahabat yang selalu meramaikan hidupnya. Muti nama sahabat Anya.

Sambil menunggu pangeran berkuda putih, Anya menenggelamkan diri dalam pekerjaan. Mau tidak mau, Anya harus menyukai pekerjaannya. Sebagian besar waktunya digunakan untuk bekerja. She always love challenge. Ya, posisinya sebagai Senior Branch Manager di perusahaan Consumer Goods, menantangnya untuk selalu berpikir kreatif agar mampu mengalahkan perusahaan kompetitor.

Mimpi apa aku semalam? Saat dalam keadaan super bete, tetiba muncul pria tampan luar biasa di hadapan Anya. Dia berharap bisa mempunyai suami setampan pria itu plus bangga mempunyai istri mandiri. Pertemuan singkat yang akan mengubah hidup Anya! Pria itu menawarkan cinta, sesuatu yang Anya pikir tidak akan dirasakannya kembali.       

~ Radit ~

A married man, 39 years old. Pria yang telah merelakan waktunya, dari pagi sampai pagi lagi, bekerja selama lebih dari sepuluh tahun di stasiun televisi swasta. Istri Radit tak jauh berbeda, bahkan lebih sibuk dari dirinya. Namanya Gina Siregar. Seorang pengacara terkenal yang menangani banyak kasus perceraian para artis tanah air.

Pasangan suami istri yang sangat sibuk. Sebagai suami, apakah gaji Radit tidak mencukupi untuk membiayai kebutuhan keluarga, sehingga Gina harus ikut bekerja juga? Bukan itu alasannya. Gina sengaja melarikan diri dari satu kenyataan. Kenyataan bahwa dirinya tidak bisa mempunyai anak untuk selamanya. Gina begitu terpukul, merasa bersalah tidak bisa memberikan Radit keturunan. Sebenarnya Radit bisa menerima kenyataan pahit itu. Sedangkan Gina tidak, ia selalu dihantui perasaan bersalah.

Rasa cintaku ke Gina enggak akan berubah sedikit pun meski dia enggak bisa memberikanku anak. (Unexpected Love, hal. 11)

Sejak saat itu, semua berubah! Radit dan Gina hidup serumah, namun seperti orang asing. Dirinya sibuk begitu pula dengan Gina. Komunikasi diantara keduanya nyaris tidak ada. Radit semakin yakin ada yang salah dalam pernikahan mereka. Berbagai cara dilakukan Radit unuk membenahi pernikahannya. Namun semua perjuangannya gagal!

Lumayan juga punya teman di luar kantor kayak gini. Aku jadi bisa melepas penat kalau lagi suntuk banget sama kerjaan kantor. (Unexpected Love , hal. 64)

ANYA dan RADIT. Teman senasib yang sama-sama kesepian dan nyaris gila sama kerjaan masing-masing. Keduanya merasa bukanlah pasangan selingkuh. Ya, sejak berita kehamilan Muti, Anya kehilangan sosok sahabat yang selalu menemaninya. Sedangkan jarak antara Radit dan Gina semakin terasa jauh. It’s complicated!

Selama ini Anya dan Radit sama sekali tidak pernah ada kontak fisik. Namun tiba-tiba saja Radit menggandeng Anya. Kaget! Seperti serangan jantung ringan, jantung Anya berdetak kencang. Hatinya terasa amburadul!  Jangan-jangan Muti benar kalau lama kelamaan Anya akan tertarik pada Radit? I know this is not right. But please please please, let me enjoy this moment for a second.  

Radit melirik Anya pelan. Radit merasa perempuan cantik di sampingnya itu, mengingatkan dirinya pada bagaimana rasanya bahagia. Sesuatu yang sebelumnya dia pikir sudah hilang selamanya dari dirinya. She’s magic! And I desperately want her now!

Unexpected love. Anya dan Radit saling jatuh cinta! Radit merasa begitu nyaman bersama Anya. “Why did we meet in a very wrong time ya, Nya?” tanya Radit.

Haruskah Anya mundur perlahan? Atau justru memperjuangkan cintanya?


Kalimat favorit…

Pernikahan itu butuh kerja keras dan penuh perjuangan. (Unexpected Love, hal. 117)
Kadang kita harus berani mengambil risiko untuk mendapatkan kebahagiaan yang kita inginkan. (Unexpected Love, hal. 173)

Pesan…

Finally… selesai juga baca novel ini. Saat membacanya, saya gregetan sekali dengan Gina, istri Radit. Bisa-bisanya nyuekin suami setampan dan sebaik Radit. Kurang apa lagi coba?

Novel ini mengingatkan kepada para pasangan sudah menikah bahwa komunikasi itu sangatlah penting. Terlebih lagi jika keduanya sibuk dengan pekerjaan masing-masing. Cinta seumpama tanaman, jika tidak pernah dirawat, lama kelamaan akan mati. 


~RP~  
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)