27 Jul 2016

Sunpride Siap Lengkapi Nutrisimu Sepanjang Ramadhan


sunpride siap lengkapi nutrisimu sepanjang ramadhan

Halo, kawan!

Bagaimana Lebarannya? Mudikkah? Lebaran pasti jadi momen yang menyenangkan dan tak terlupakan, dong. Tentu saja, karena bisa berkumpul dengan sanak keluarga. Tapi, walau Ramadhan tahun ini sudah berakhir, semoga kebaikan-kebaikannya masih melekat dalam diri masing-masing. Dan doa saya, semoga kawan-kawan masih bisa dipertemukan dengan bulan Ramadhan berikut-berikutnya, ya. Aaamin!

Kita flashback sedikit, yuk! Bagaimana kondisi tubuh kawan-kawan pada saat menjalankan ibadah puasa? Mungkin ada yang merasa mudah lelah, tidak bersemangat, mengantuk. Padahal semua harus berjalan normal, beraktivitas seperti hari-hari biasa. Senin sampai Jumat berjibaku dengan pekerjaan yang tidak pernah ada habisnya. Kondisi tersebut wajar terjadi, karena ada perubahan pada jam biologis tubuh. Biasanya makan tiga kali sehari, pagi, siang dan malam. Saat puasa, hanya dua kali, sahur dan berbuka. Tidak makan dan minum hingga belasan jam mengakibatkan glukosa, lemak dan protein turun. Hal ini yang membuat seseorang terlihat kurang berstamina saat puasa.

Nah, kunci agar tetap aktif saat berpuasa, yaitu pada makanan dan minuman yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Jadi, pilihlah jenis makanan dan minuman yang tepat agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi. Disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Selain itu,  perlu juga mengkonsumsi buah-buahan saat sahur dan berbuka. Buah banyak mengandung vitamin dan mineral yang diperlukan tubuh, terutama saat berpuasa. Ini bocoran agar di bulan Ramadhan berikut-berikutnya, bisa  tetap tampil fresh dan semangat, ya.   

Meskipun saya tidak ikut menjalankan ibadah puasa, tetapi saya ingin berbagi manfaat buah kepada kawan-kawan semua. Tulisan ini merupakan bentuk kecintaan saya terhadap buah, terutama buah-buahan lokal. Dan juga kepada kawan-kawan yang menunaikan ibadah puasa ^^. 
                          

-MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN-





Setiap tahun, bulan Ramadhan selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan diyakini sebagai bulan penuh berkah. Pada bulan tersebut, setiap umat muslim diwajibkan menunaikan ibadah puasa selama sebulan penuh. Berpuasa diwajibkan bagi yang sudah akil balik dan dalam kondisi tubuh sehat. Namun, berpuasa tak hanya sekedar menjalankan perintah agama saja. Jika dilakukan dengan benar, ada banyak manfaat puasa bagi kesehatan yang telah terbukti secara ilmiah, beberapa diantaranya yaitu:

Mengistirahatkan sejenak organ pencernaan. Di hari-hari biasa, umumnya seseorang makan tiga kali sehari belum lagi ditambah dengan camilan. Organ pencernaan dituntut untuk bekerja keras mengolah makanan dan minuman yang dikonsumsi. Puasa merupakan kesempatan yang tepat bagi organ pencernaan untuk beristirahat. Artinya organ-organ vital ini bisa melakukan proses regenerasi sel-sel.   
    
Menurunkan lemak dan kadar kolesterol. Dalam keadaan normal, untuk mendapatkan energi tubuh akan membakar glukosa. Biasanya hanya untuk aktivitas sekitar 8-10 jam. Setelah itu, tubuh akan membakar lemak yang tersimpan di otot agar tetap bisa menghasilkan energi untuk beraktivitas. Penggunaan lemak tersebut berdampak pada menurunnya berat badan dan kadar kolesterol dalam tubuh serta proses detoksifikasi, upaya mengeluarkan racun-racun yang mengendap pada tubuh. Ya, karena lemak merupakan tempat mengendapnya racun-racun yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi.


-CINTAI BUAH LOKAL-

Saya termasuk orang yang tidak terlalu suka mengkonsumsi sayur-sayuran. Jangan ditiru ya, kawan ^^. Maka saya memilih buah-buahan untuk memenuhi kecukupan vitamin, mineral dan terutama serat yang diperlukan dalam proses pencernaan makanan dalam tubuh.

Buah-buahan, khususnya buah lokal, sejak dulu sudah akrab dengan saya. Ketika SD sampai SMA, saya tinggal di rumah tante, adik perempuan Bapak. Pekarangan rumah tante dipenuhi dengan beberapa jenis pepohonan, termasuk pohon buah-buahan. Belimbing, sirsak, jambu biji, mangga, alpukat, pisang dan rambutan. Saat kecil, saya paling suka dengan buah pisang dan alpukat, sampai sekarang!
 
Panen pisang dari pekarangan di belakang rumah.


Saya sukaaa buah pisang!

Saat ini saya tinggal bersama orang tua. Bapak sangat suka berkebun. Tak bisa membiarkan tanah kosong nganggur. Pekarangan rumah kami pun ditanami berbagai jenis tanaman bunga, sayur dan buah. Pohon jambu air, jambu biji, kedondong, pisang, strawberry dan durian tumbuh subur. Bapak selalu merawat tanaman-tanamannya dengan cinta!  

Bicara soal buah, ingat Sunpride! Ya, karena Buah Pasti Sunpride. Saat mendengar kata Sunpride, saya langsung terbayang pisang. Memang pada awalnya perusahaan ini hanya mengeluarkan satu jenis buah saja yaitu, PISANG CAVENDISH! Namun sebagai komitmennya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat akan buah berkualitas, Sunpride menghadirkan lebih banyak produk buah. Ada produk 100% Buah Nusantara, diantaranya Pisang, Jeruk, Pepaya, Guava Crystal (Jambu Kristal), Buah Naga, Mangga, Melon, Nanas Honi. Sedangkan untuk produk buah mancanegara, antaralain Apel, Kiwi dan Pear.

Oiya, Sunpride merupakan salah satu merek yang berada dibawah naungan PT. Sewu Segar Nusantara yang berdiri sejak tahun 1995. PT. Sewu Segar Nusantara adalah perusahaan yang menfokuskan pada bidang distribusi dan pemasaran buah lokal maupun impor.

Mengkonsumi buah sangat penting, tetapi harus diperhatikan juga kualitasnya agar didapatkan manfaat yang maksimal. Sunpride benar-benar menjaga kualitas, terutama kesegaran buah. Mulai dari penanaman hingga sampai ke tangan saya dan kawan-kawan, pecinta buah. Agar konsumen mengetahui manfaat dan kandungan nutrisi dalam buah, maka pada setiap kemasannya dicantumkan label nutrisi. Sunpride begitu memperhatikan kontrol kualitas. Tak hanya standar penanaman, perawatan, panen dan pengemasan saja, pendistribusian buah-buahan pun tak luput dari pengawasan ketat. Semua itu dilakukan untuk menjaga mutu produk. Karena Sunpride ingin mempersembahkan produk buah terbaik bagi kepuasan konsumen.         

Awalnya saya mengira bahwa buah-buahan produk Sunpride berasal dari luar negeri. Anggapan saya ternyata SALAH! Sekitar 80% buah-buahan yang dipasarkan merupakan buah yang ditanam di Indonesia, lho. Pada tahun 2014, ada sekitar 400 petani lokal binaan yang telah bermitra dengan Sunpride. Setiap tahunnya jumlah tersebut mengalami peningkatan. Petani binaan Sunpride tersebar di berbagai daerah di tanah air, mulai dari Medan hingga Jawa Timur, termasuk Lampung. Hei, saya warga Lampung, lho! *pentingkah? Hahaha*. Tak hanya sekedar bekerjasama, para petani mendapat edukasi bercocok tanam yang sesuai Standard Operating Procedure (SOP) yang telah ditetapkan Sunpride. Kerja keras ini dilakukan tentunya untuk mendapatkan komoditas buah dengan nilai dan kualitas tinggi serta aman dikonsumsi.  Buah-buahan juga telah terakreditas oleh lembaga sertifikasi Sufocindo nasional, dengan dilakukan tes secara berkala dengan mengirimkan sampel buah. Ya, untuk memastikan buah-buahan terbebas dari bahan kimia dan bakteri berbahaya.    


INI DIA 7 #BUAHPASTISUNPRIDE YANG SIAP LENGKAPI NUTRISIMU SEPANJANG RAMADHAN


Nah, inilah beberapa diantaranya buah lokal yang bisa kawan-kawan pilih untuk membantu melengkapi nutrisi sepanjang Ramadhan. Perlu diketahui, saat sahur sebaiknya pilih buah-buahan yang mengandung banyak air. Hal ini diperlukan agar tubuh tidak mengalami kekurangan cairan saat seharian berpuasa. Buah juga kaya serat, sehingga membantu rasa kenyang lebih lama. Kawan-kawan pun bisa tetap aktif sepanjang hari. Sedangkan untuk berbuka, usahakan untuk mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak gula. Karena tubuh memerlukannya untuk menggantikan glukosa yang hilang setelah seharian beraktivitas.

Kenalan dengan buah-buahan produk unggulan Sunpride, yuk! 

#BUAHPASTISUNPRIDE yang pertama : Si Manis Jeruk Baby

FAKTA JERUK


Saat seseorang berbuka puasa, umumnya akan memilih buah yang mengandung banyak air. Yups, karena seharian tubuh ini tidak mendapat asupan cairan yang cukup. Untuk menambah kesegaran saat berbuka, jangan lupa untuk menyiapkan si Manis Jeruk Baby di meja makan. Mungkin ada yang penasaran dengan nama jeruk ini? *kok terkesan manjaaah, hihihi*. Jeruk ini memiliki rasa manis dan tidak asam, baby pun bisa ikut mengkonsuminya. Nah, itulah kenapa buah ini dinamakan Jeruk Baby. Bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Dibalik segernya yang manjaah, Jeruk Baby menyimpan banyak manfaat, lho. Diantaranya mengandung 116,2% dari nilai harian untuk asupan vitamin C yang penting untuk kekebalan tubuh, kaya beta-cryptoxanthin yang bisa menurunkan resiko serangan kanker paru-paru, terdapat vitamin B6 yang membantu mendukung produksi hemoglobin, antioksidan yang terkandung dalam jeruk dapat membantu meremajakan kulit dan aman bagi penderita diabetes, gula alami yang terkandung mampu menjaga kadar gula darah agar tetap normal.
       
#BUAHPASTISUNPRIDE yang kedua : Fruit of Angels Pepaya California

FAKTA PEPAYA


Kates atau pepaya salah satu jenis buah lokal nusantara. Terdapat banyak varietas pepaya yang dikembangkan di tanah air, satu diantaranya Pepaya California. Daging buahnya merah dan rasanya yang manis membuat Pepaya California begitu diminati masyarakat karena memiliki cita rasa khas Indonesia. Nah, walau namanya mengandung unsur asing, namun sebenarnya asli Indonesia.

Dibandingkan dengan pepaya varietas lain, Pepaya California berukuran lebih kecil. Namun memiliki daging buah tebal, biji sedikit dan rasanya begitu manis. Pepaya tidak hanya menawarkan kelezatan saja, tetapi sangat tinggi kadar vitamin C bahkan 48 kali lipat dari apel, kaya antioksidan yang melindungi kulit dari penuaan dini akibat serangan radikal bebas dan ampuh mengatasi konstipasi (sembelit).        
   
#BUAHPASTISUNPRIDE yang ketiga: Si Bulat Golden Melon

FAKTA MELON


Ada satu lagi santapan seger-seger yang cocok dikonsumsi saat berbuka. Golden Melon. Buah ini bisa jadi pilihan tepat sebagai pelepas dahaga. Ketika saya kecil sangat tidak menyukai buah melon. Aromanya membuat saya merasa mual. Suatu kali saya “dipaksa” kakak untuk mencoba, ternyata enak! Nyesel, kenapa tidak dari dulu?! Apalagi setelah mengetahui buah melon memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Melon mengandung antikoagulan yang menghambat pembekuan darah sehingga membantu melancarkan peredaran sel-sel darah merah, sangat rendah kalori karena kandungan airnya mencapai 95% aman bagi penderita diabetes dan berkhasiat menghaluskan kulit. Suka sajian masakan Padang? Saya paling suka rendang! Makanan berlemak dan berminyak kerap menyebabkan tenggorokan terasa kering dan panas. Gejala ini biasa kita sebut panas dalam. Konsumsilah melon sebagai hidangan penutup setelah menyantap hidangan berlemak dan berminyak. Melon memiliki kadar air tinggi, baik untuk mengatasi panas dalam.          
   
#BUAHPASTISUNPRIDE yang keempat: Si Wonder Fruit Buah Naga

FAKTA BUAH NAGA

Meskipun namanya Buah Naga, buah ini jauh dari kesan menyeramkan. Bentuknya unik dan kulitnya berwarna merah muda. My favorite color! Buah naga memiliki tekstur daging buah yang lembut dan terdapat biji-biji hitam kecil yang juga dapat dikonsumsi. Terdapat dua jenis daging buah, berwarna merah dan putih.

Kami biasanya mengkonsumsi dalam bentuk buah segar berupa potongan-potongan berbentuk kotak. Buah naga tidak saja unik, tetapi mengandung banyak khasiat antaralain, zat besi yang berperan dalam proses produksi sel-sel darah merah, membantu menyeimbangkan kadar gula dalam darah, sumber kalsium dan fosfor yang baik untuk memperkuat tulang dan gigi. Buah naga baik dikonsumsi oleh siapa saja, tua dan muda. Buah tidak hanya disukai orang dewasa saja. Eno, keponakan saya begitu suka dengan buah naga. Ini info penting untuk para ibu yang mempunyai anak kecil, buah naga juga mengandung vitamin B2 yang mampu meningkatkan nafsu makan.    
 
#BUAHPASTISUNPRIDE yang kelima: Si Cantik Pisang Cavendish

fakta pisang



This my favorite fruit! Ya, sejak kecil saya begitu suka pisang. Apalagi pisang Cavendish produk dari Sunpride. Pisang ini terlihat begitu cantik dengan kulitnya yang kuning mengkilap dan halus, tak bernoda. Daging buahnya lembut dan rasanya manis. Tak ada bosannya mengkonsumsi pisang dan tidak menimbulkan rasa eneg walau dikonsumsi dalam jumlah cukup banyak.

Buah ini mempunyai kenangan tersendiri bagi keluarga saya. Sekitar bulan Mei lalu, Ibu sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Dokter mengatakan Ibu kekurangan kalium, yang berfungsi mendukung sistem kerja jantung dan otot tubuh. Salah satu penyebabnya karena Ibu begitu sering ngopi. Dokter menyarankan agar Ibu sesering mungkin mengkonsumi pisang karena banyak mengandung kalium. 



Pisang tak hanya sekedar cantik penampilannya, pisang juga bisa menjadi moodbooster, karena tingginya kandungan tryptopthan yang kemudian diubah menjadi hormon serotonin. Hormon ini dipercaya mampu memperbaiki suasana hati, memunculkan rasa nyaman dan bahagia. Tak hanya itu, mengkonsumsi pisang setiap hari, mampu mengurangi resiko terkena asma dan membantu penderita asma agar terhindar dari serangan sesak napas. Kabar gembira untuk saya karena keluarga dari pihak ayah, memiliki riwayat penyakit asma. Dengan gaya hidup sehat, tentu saya dapat terhindar dari penyakit ini. Salah satunya dengan rajin mengkonsumsi buah. Duh, makin cinta dengan pisang!      
   
#BUAHPASTISUNPRIDE yang keenam: Si Renyah Guava Crystal

FAKTA JAMBU BIJI


Ingin berbuka puasa atau sahur dengan Guava Crystal? Tak perlu khawatir, Jambu Kristal terkenal dengan seedless, kita pun dapat mengkonsumsi daging buahnya lebih banyak tanpa terganggu biji-biji. Daging buahnya renyah, tidak keras seperti buah jambu pada umumnya. Oiya tidak perlu takut untuk mengkonsumsi jambu biji. Jambu biji bukanlah penyebab utama usus buntu, itu hanya MITOS!

Guava Crystal justru baik untuk memperlancar pencernaan karena kaya serat larut. Tak hanya itu, Guava Crystal mengandung likopen yang ampuh mencegah kanker prostat,  vitamin B yang berperan penting dalam kesehatan fungsi otak, memiliki 60 % kalium lebih banyak dari pisang dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

#BUAHPASTISUNPRIDE yang ketujuh: Si Buah Bermahkota Nanas Honi



Siapa yang tak suka nastar? Ya, salah satu kue kering favorit yang disajikan saat Lebaran. Kue ini biasanya berisi selai nanas. Jarang orang suka untuk mengkonsumsi nanas secara langsung. Biasanya dijus atau olahan lain seperti selai. Alasannya karena nanas menimbulkan rasa gatal pada mulut.

Sunpride merasa terdorong melakukan inovasi agar nanas tidak “dimusuhi” dan bisa diterima masyarakat luas. Maka lahirlah Nanas Honi. Apa yang membedakannya dengan nanas varietas lain? Kadar Kalsium Oksalat yang dimiliki Nanas Honi sangat rendah. Sehingga saat dikonsumsi tidak menimbulkan rasa gatal dan tidak perlu direndam air garam terlebih dahulu. Nanas Honi tidak mudah busuk karena kandungan asam askorbat yang rendah. Belum lagi kaya kandungan senyawa penting bagi kesehatan. Diantaranya, nanas mengandung Enzim Manganese yang begitu penting untuk kesehatan tulang, tinggi vitamin C dan mengandung bromelain yang berkhasiat membantu mencegah terserang flu dan batuk. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk memusuhi si buah bermahkota ini, ya ^^.          


-MANFAAT UNIK DIBALIK KESEGARAN BUAH-


Buah ternyata tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan. lho. Tetapi bisa juga digunakan untuk keperluan lain, diantaranya:

Pepaya muda. Daging umumnya merupakan salah satu menu pilihan pada saat Lebaran. Mungkin ada diantara kawan-kawan yang merasa kesulitan mengolahnya. Sudah memasak cukup lama tetapi daging belum juga empuk. Solusinya adalah … PEPAYA MUDA! Perlu diketahui, buah pepaya yang masih muda mengandung Enzim Papain. Enzim tersebut berfungsi sebagai pelunak daging alami. Bahkan sudah digunakan selama ribuan tahun, lho.

Kulit jeruk. Lebaran dan mudik merupakan dua hal yang saling berhubungan. Saat dalam perjalanan, biasanya sering muncul rasa mual. Tentu perjalanan menjadi tidak menyenangkan. Jangan sedih. Mabuk perjalanan bisa diatasi dengan kulit jeruk. Caranya, ambil kulit jeruk, dekatkan pada hidung dan hirup. Dengan mencium aromanya, rasa mual tersebut perlahan hilang.

Lemon. Acara masak-memasak menu Lebaran sedikit terganggu. Penyebabnya terdapat noda pada talenan (kayu maupun plastik). Padahal sudah dibersihkan namun nodanya masih saja betah menempel. Tenang. Siapkan setengah potong buah lemon. Gosokkan pada permukaan talenan. Jika noda masih juga membandel, bisa tambahkan garam kasar untuk menggosoknya.
 



Kulit pisang. Jika ada diantara kawan-kawan yang sering menderita sakit kepala saat berpuasa. Padahal tidak memungkinkan untuk mengkonsumsi obat. Tak perlu khawatir ada cara mudah tepat untuk mengatasinya. Ambil beberapa kulit pisang, lalu dihaluskan. Setelah itu, oleskan pada kening. Diamkan hingga sakit kepalanya berkurang. Mudah dan aman, kan?

Daun sirsak. Berbuka adalah waktu yang ditunggu setelah seharian berpuasa. Tak jarang juga ada undangan buka bersama. Makanan yang tersaji begitu menggugah selera, seseorang bisa kalap, tak tahan godaan. Akibatnya kolesterol beranjak naik. Ya, karena jumlah kalori yang dikonsumsi melebihi jumlah kalori yang dibutuhkan tubuh. Jangan panik. Atasi dengan mengkonsumsi rebusan daun sirsak. Begini caranya: siapkan 10 lembar daun sirsak. Rebus daun sirsak dengan 3 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa segelas. Minum dalam keadaan hangat. Konsumsi rutin setiap hari, dua kali sehari.
         
Bulan Agustus sebentar lagi, lho. Ya, kita akan merayakan Ulang Tahun Kemerdekaan ke-71 negeri tercinta. Nah, sebagai bentuk rasa nasionalisme, alangkah baiknya mulai saat ini kita konsumsi buah-buahan lokal asli Indonesia. Tidak perlu gengsi. Buah lokal tidak kalah bersaing dengan buah impor dalam hal rasa, mutu maupun nilai gizi. Jadikan buah-buahan lokal nusantara sebagai ratu di negeri sendiri. Banggalah memakai atau mengkonsumi produk-produk dalam negeri.

Harapan saya, Sunpride bisa menjangkau konsumen lebih luas lagi, hingga ke daerah! Agar kami yang tinggal di daerah juga bisa menikmati buah-buahan berkualitas dengan harga terjangkau. Kami sulit untuk mendapatkan buah segar berkualitas baik. Kalau pun ada, harganya mahal. Jika ingin mengkonsumsi buah-buahan produk Sunpride, kami harus menempuh perjalanan sekitar 6-7 jam. Jarak Liwa - Bandar Lampung sekitar 241 km. Begitu jauh, ya!

Semoga harapan ini bisa segera terwujud! Jadi saya dan warga Lampung Barat lainnya bisa setiap hari mengkonsumsi buah segar berkualitas. Dan di Ramadhan berikut-berikutnya, kawan-kawan muslim di sini bisa berpuasa dengan ditemani buah-buahan segar bercita rasa tinggi, karena #BuahPastiSunpride.         
      
Mumpung masih berdekatan dengan suasana Lebaran, ijinkan saya mengucapkan :

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

Mohon Maaf Lahir dan Batin.

*telat sih sebenarnya, tapi gak apa-apa ya, dari pada gak sama sekali :D*

Terima kasih sudah bersedia meluangkan waktu untuk berkunjung ke blog Toples Aksara. Semoga tulisan ini memberi manfaat bagi kawan-kawan semua. Sampai jumpa di tulisan-tulisan berikutnya. 

Tulisan ini diikutsertakan dalam Blog Writing Competition Sunpride, Lengkapi Nutrisimu Sepanjang Ramadhan. Doakan menang ya, kawan. Agar saya sahih menjadi warga Lampung ^_^. Ssstt …. 2 pemenang utama berkesempatan menjelajah kebun buah milik Sunpride yang berada di Lampung, lho. Pasti seruuu! Dan betapa tidak geholnya saya karena baru-baru ini mengetahuinya :D 


 


Salam Sehat
~RP~

Sumber informasi dan gambar:
PT. SEWU SEGAR NUSANTARA
Jalan Tesalonic Dalam (Jl. Raya Gatot Subroto Km. 8) Tangerang, Banten 15810
Telp: (+62) 21 590 2937
http://www.sunpride.co.id/

4 komentar:

  1. Semoga menang ya, bisa jalan2 ke kebun Sunpride

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin.
      Mbak Donna udah ikutan kah?

      Hapus
  2. Wah, gak asyik nih kalo orang Lampung yang menang. Kan tiketnya dari Jkt-Lampung PP, hahahha. Becanda. Btw, keren tulisannya, lengkap. Dan salutnya ternyata Kak Roma bukan orang Islam tapi bisa mengulas sedalem ini. Dua jempol!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hohohoho... Iya juga ya.
      Makasih mas Eko tuk kunjungan dan dua jempolnya. Semoga tulisan ini bermanfaat, ya :)

      Hapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)