28 Jun 2016

Nasi Goreng Cinta



Haiii…

Apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat.

Kemarin terasa sedikit spesial. Ada apaan, sih? *penasaran*. Saya masak nasi goreng! Ya, menurut saya spesial karena memang sangaaat jarang masak bahkan bisa dihitung dengan jari. Di rumah, adik yang bertugas memasak. Sedangkan saya bertugas mencuci peralatan masak dan makan a.k.a nyuci piring. Sebenarnya gak sengaja, kebetulan adik memang hobi mencoba resep-resep baru yang didapatnya dari internet. Saya paling suka bagian icip-icip.
Nah, tadi bapak minta dimasakin nasi goreng. So, mau gak mau harus mau *qiqiqi*. Biasanya bapak yang masakin nasi goreng untuk saya. Dulu saat masih kuliah, merantau ke pulau seberang. Kurang lengkap kalau pulang kampung belum menikmati nasi goreng buatan bapak, yang rasanya aduhai. Nasi goreng ala bapak, gak ada duanya. Mantap banget! Kata bapak, resep rahasianya, cinta. Alamaaak! Masaknya wajib dengan sukacita, jadi hasil masakannya terasa lebih enak. Tadi saya pun masak sambil bersenandung. Supaya aura enaknya keluar *qiqiqi.

Bapak : Bapak pengen makan nasi goreng. Masakin dong.
Roma  : Aku gak bisa masak nasi goreng, pak.
Bapak : Ya, belajar.
Roma  : Bapak ajarin ya sekarang. (Modus doang. Lebih tepatnya karena malas. Hehehe.)
Bapak : Ah, dasar malas. Udah masaklah. Pasti bisa.
Roma  : Hahahaha. (Ketahuan kalau lagi malas.)

Setelah tanya-tanya sama adik apa saja bumbunya. Saya pun beraksi di dapur. Sreng … sreng … sreng. Wuih, berasa jadi koki beneran. Hitung-hitung belajar masak, supaya kalau sudah menikah *uhuk!* gak canggung lagi pegang wajan dan sutil. Senjatanya kaum perempuan, sebagai ratu dapur.  

Apa aja bumbu nasi goreng ala Roma?

3 piring nasi putih
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Kecap manis
Garam
Penyedap rasa
Minyak goreng
4 butir telur

Cara membuatnya?

  • Campur nasi putih dengan kecap secukupnya hingga tercampur rata.
  • Giling bawang merah dan bawang putih hingga halus.
  • Kocok telur lalu digoreng, sambil diorak-arik. Jika sudah berwarna kecokelatan, angkat. Lalu campurkan dengan nasi yang telah diberi kecap, sisihkan.
  • Tumis bumbu yang telah dihaluskan. Setelah itu, masukkan nasi yang telah dicampur telur. Aduk hingga bumbu merata.
  • Jangan lupa untuk memberi garam dan penyedap rasa secukupnya.
  • Angkat nasi goreng dan siap untuk sajikan.


*catatan : bisa ditambahkan sosis, udang atau potongan daging ayam (jika ada). Kebetulan di kulkas hanya ada telur doang.

Ini pertama kalinya saya nulis pengalaman tentang masak-memasak. Ternyata masak itu seru juga, ya. Saya mah pintarnya masak air, goreng telor dan masak nasi (pake magic com). Hehehehe. Pesan bapak, masak harus pakai hati, supaya masakannya makin terasa enak. Percuma bumbunya super duper lengkap, tapi masaknya gak niat. Hasilnya pun gak bakal maksimal deh. Mubazir, kan?

Demikian pengalaman saya di dapur. Semoga temans yang jarang masak jadi termotivasi untuk mencoba untuk memasak. Jangan mau kalah dengan saya yang masih apa apalah ini. Oiya, maaf kalau bumbu nasi goreng ala Roma terkesan kurang pas bagi temans. Namanya juga masih tahap belajar. Semoga di postingan berikut-berikutnya, ada lagi cerita tentang masakan. Tentunya dengan menu yang lebih oke. Misalnya rendang. Ahaaay!


Cooking is fun!    
Roma Pakpahan     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)