15 Jan 2016

5 Senjata Blogger by Toples Aksara


BLOGGER. Akhir-akhir ini, istilah tersebut semakin banyak dibicarakan. Sedang naik daun. Saya kurang paham, sejak kapan blog mulai masuk ke tanah air. Mungkin sudah lama sekali. Tetapi saya benar-benar tertarik dengan dunia blogging pada akhir Oktober 2015. Bisa dikatakan telat sih. Dan itu pun masih pemula banget. Tampilan blog masih super sederhana. Hahahaha.

Awal membuat blog, hanya untuk latihan menulis. Itulah alasannya blog saya ngga memiliki tema tertentu. Isinya beraneka ragam. Kayak es campur. Apa saja yang terlintas di pikiran, itu yang saya jadikan bahan tulisan. Saya juga baru tahu lo, ternyata ngeblog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah. Ternyata ngga hanya sekedar menulis, tetapi bisa memberi manfaat bagi orang lain daaan… dapat uang juga. Hmmmm. Mauu *mupeng*. Bahkan ada beberapa orang yang menggantungkan hidup dari ngeblog. Para traveler blogger dan food blogger, contohnya. Jadi lebih semangat nih latihannya. Karena ngga semudah itu pastinya untuk mendapatkan rupiah dari ngeblog. Perlu latihan terus menerus. Go… go… go…!!! Sehingga mampu membuat tulisan berkualitas. Suatu saat, saya harus bisaaaa!!!

Bicara tentang blogger, saya mau berbagi sedikit nih apa saja yang harus disiapkan untuk menulis. Masih bermain dengan angka. Lagi seru-serunya menulis ala-ala on the spot. Belum bosan kan??? Jangaaaan dong *sedikit memaksa. Hahaha :p

Berikut 5 senjata blogger by Toples Aksara  :

1    1. Laptop
Bagi saya, benda yang satu senjata wajib sebagai media untuk menulis. Tetapi ngga perlu kuatir bagi teman-teman yang tidak memiliki laptop. Bukan berarti tidak bisa berkarya. Kita tetap bisa menggunakan komputer. Bahkan saat ini, ponsel pun dapat digunakan, lo.
   
2    2. Agenda
Bagi saya yang sering lupa, agenda berguna untuk mencatat ide yang tiba-tiba muncul di kepala. Saat akan menulis, saya membuka kembali agenda tersebut untuk melihat kira-kira topik apa yang akan saya tulis. Cukup membantu untuk tipe pelupa seperti saya.
  
3    3. Kamera
Tulisan sudah selesai. Untuk percantik tulisan, ada baiknya ditambahkan dengan gambar pendukung. Apalagi jika topik yang kita angkat seperti, tutorial, resep masakan atau pun travelling.
Saat kita membagikan informasi mengenai cara membuat boneka tangan dari bahan flannel. Pembaca akan merasa terbantu jika disertakan pula foto langkah-langkahnya. Tidak hanya sekedar membayangkan tetapi dapat melihat bagaimana caranya.
Lain lagi saat menuliskan tentang cerita perjalanan kita mengunjungi suatu tempat. Danau Toba, misalnya. Tulisan tentu akan lebih menarik dengan disuguhkannya foto-foto cantik yang menawarkan keindahan tempat tersebut. Rasa penasaran pembaca pun sedikit terobati.
Kita memerlukan alat untuk mengabadikannya. Selain kamera, ponsel juga bisa kok. Ngga harus punya kamera canggih dulu. Saya sering menggunakan kamera ponsel. Hasilnya ngga kalah bagus kok. 

4. Headphone
Bagi penggemar musik. benda ini pasti sudah tidak asing lagi, kan? Saat menulis, saya butuh suasana tenang. Mendengarkan musik dengan headphone adalah pilihan terbaik saya. Konsentrasi tidak terganggu. Kita pun bisa fokus dengan tulisan. 

5    5. Makanan dan Minuman
Bahasa kerennya, cemilan. Ngga wajib sih. Tapi tambah seru kalau kalau sedang menulis dengan ditemani cemilan. Bagi teman-teman yang takut gemuk (biasanya kaum hawa ya), pilih cemilan-cemilan sehat. Menulis tetap asyik tanpa takut dietnya terganggu.

Semoga bermanfaat ya. Kalau mau dicatat, boleh banget kok. Selamat bertempur!!!




#OneDayOnePost
#HariKelima
#ToplesAksara


Yippee!!!
rOMa Pakpahan

4 komentar:

  1. senjatanya bagus.
    saya juga sering nulis sambil denger musik. tapi kalo sambil nyemil blm pernah sih. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali perlu dicoba tuh, mas. Kali aja dpt nuansa baru 😀😀😀

      Hapus
  2. Btulbtulbtul..... Sebagai pemula saya mengamini semua senjata diatas...

    BalasHapus
  3. Btulbtulbtul..... Sebagai pemula saya mengamini semua senjata diatas...

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)