15 Des 2015

BELAJAR DARI PARA JUARA


http://www.pelitahidup.com/wp-content/uploads/2013/03/kekuatan-untuk-terbang-tinggi-bagai-rajawali.jpg
sumber: www.pelitahidup.com




Saat terlahir ke dunia ini, Tuhan melengkapi setiap manusia dengan potensi yang luar biasa di dalam diri masing-masing. Potensi yang selalu menanti untuk dilepaskan. Namun berapa banyak orang yang tidak menyadari akan potensi tersebut? Sehingga potensi tersebut hanya mengendap saja. Mengapa demikian? Karena kita tidak memiliki seseorang yang dapat kita jadikan sebagai panutan.

Faktor lingkungan sangat berpengaruh dalam pembentukan diri kita. Anak-anak  yang hidup di lingkungan nelayan,  tak dapat dipungkiri sebagian besar akan memiliki keinginan untuk menjadi nelayan juga. Karena contoh yang dilihat dalam keseharian anak-anak itu adalah profesi nelayan. Padahal bisa saja, dalam diri anak-anak itu terdapat potensi luar biasa yang kelak membawanya pada puncak kesuksesan.    

Bila ingin menjadi juara hendaklah berteman dengan para juara. Dengan harapan, energi-energi positif yang mereka miliki mampu membakar semangat kita. Hal tersebut membuat potensi yang sempat “mati suri” dapat dikeluarkan.

Bicara tentang belajar dari para juara, ada sebuah cerita bagus yang bisa kita jadikan sebagai bahan perenungan.

Pada suatu hari, seorang pemuda sedang mencari kayu bakar di hutan. Dalam perjalanan pulang, ia menemukan sebutir telur. Si pemuda lalu membawa pulang telur itu. Sesampai di rumah, ia segera memasukkan telur tersebut ke kandang ayamnya yang sedang mengeram. Tak lama kemudian telur-telur ayam tersebut pun menetas. Termasuk telur yang ditemukan si pemuda di hutan. Ternyata telur yang ditemukan adalah, telur rajawali. Namun karena setiap hari bergaul dengan ayam. Maka perilaku rajawali itu pun serupa dengan ayam. Rajawali kecil mengikuti apapun yang dilakukan oleh “induknya”. Mengais tanah untuk mencari makan. Ia pun tidak mempunyai kemampuan untuk terbang karena merasa dirinya adalah ayam. Karena panutan yang dilihatnya adalah induk ayam yang memang tidak memiliki kemampuan terbang. Padahal dalam diri rajawali tersebut terdapat potensi luar biasa. Seekor rajawali dikenal sebagai burung yang kuat dan memiliki kemampuan terbang dengan kecepatan tinggi.

Kita pun akan kehilangan potensi yang luar biasa jika kita hanya bergaul dengan “orang biasa”.  Saatnya untuk memperbanyak pertemanan dengan para juara. 



Yippee!!!
rOMa Pakpahan   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)