27 Jan 2019

5 Alasan Yang Bikin Kamu Wajib Liburan Ke Lampung

Aku mau tanya dong. Ada gak sih diantara teman-teman pembaca yang “takut” liburan ke Lampung?

Emang ada apa dengan Lampung? Hayo pada bingung ya kenapa aku tanya begitu.

Jadi ya, duluuuu banget, Lampung dikenal dengan kota begal, gak aman lah, serem lah. Nah, jaman kuliah dulu, susah banget cari tempat kos karena aku berasal dari (((LAMPUNG))). Ya karena image buruk itu tadi. Kusyedih.

Tapi itu dulu.  




Sekarang mah udah beda dong. Lampung udah berbenah diri seiring dengan pertambahan usianya. Ibarat manusia, Lampung bukan lagi gadis kecil yang nakal. Ada banyak perubahan yang terjadi, yang tentunya menuju kebaikan. Kotaku ini pun sibuk memacak diri. Jika gadis belia belajar memoleskan gincu dan perona pipi, kotaku ini pun sibuk melakukan berbagai perbaikan di sana sini.

Lampung itu sebenernya keren banget loh! Buktinya, sekarang Lampung dikenal sebagai Treasure of Sumatera. Banyak destinasi wisata yang belum dikenal masyarakat. Lampung itu memiliki kekayaan alam dan budaya yang luar biasa dan patut dikunjungi baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Gak percaya?

Kalo aku ceritain 5 Alasan Yang Bikin Kamu Wajib Liburan Ke Lampung dijamin bakalan nyesel belum mampir ke Lampung. Ibarat toko serba ada, Lampung menyediakan berbagai macam pilihan wisata. Pantai, pegunungan, sungai, air terjun, kuliner, budaya dan masih banyak hal menarik lainnya. Tinggal pilih maunya apa.

Nah, kamu wajib liburan ke Lampung karena : 


Satu, PANTAI-PANTAINYA YANG EKSOTIS

Yups, letak geografis Lampung yang berada di ujung pulau Sumatera menjadikan Lampung kaya akan wisata pantai. Sebut saja Pulau Pahawang, banyak spot snorkeling yang bisa kamu jelajahi. Pengin ketemu Nemo, si ikan badut yang menjadi tokoh utama dalam animasi film Finding Nemo, di pulau Pahawang tempatnya.


Pantai Gigi Hiu. Pantai ini menyajikan panorama laut yang unik. Tak heran pantai ini menjadi tempat favorit bagi pecinta fotografi untuk berburu foto. Gugusan batu karang berbentuk lancip dan tertata rapi di dekat bibir pantai. Menyerupai gigi hiu. Akan terlihat semakin menakjubkan ketika menjelang matahari terbit dan matahari terbenam. Sinar matahari mengintip malu-malu dari celah-celah gugusan batu karang  adalah momen yang wajib diabadikan. Hebatnya lagi, Pantai Gigi Hiu dipilih menjadi salah satu dari 6 tempat di Indonesia yang ditampilkan pada poster promosi Asian Games 2018 lalu. Ntaaaap!

Pulau Pisang

Pantai Tanjung Setia, tempat dilaksanakannya acara tahunan Surfing International Krui Pro. Ada lagi yang gak kalah keren. Pulau Pisang. Pulau ini langsung menghadap ke Samudera Hindia. Pasir pantai yang bersih dan halus bakal bikin betah berlama-lama. Sebenernya masih banyak (banget) sih pantai-pantai di Lampung. Itu aja pasti udah bikin kamu penasaran pengin ke Lampung. Yekaaan?  


Dua, PESTA SEKURA

Lampung memiliki budaya yang juga menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung. Tarian, pakaian adat, tradisi. Dan salah satu ragam kesenian yang menarik adalah pesta Sekura. Sekura ya, bukan Sakura. Apa sih Sekura itu? Sekura berarti penutup wajah atau topeng. Ada dua macam Sekura, Sekura Betik (bersih) dan Sekura Kamak (kotor).  


Sekura Betik

Sekura Kamak

Pesta Sekura merupakan pesta rakyat yang dikenal dalam masyarakat Lampung. Sekura secara turun temurun menjadi acara rutin yang diadakan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri sebagai ungkapan suka cita dan rasa syukur.  


TigaSURGANYA PECINTA KOPI

Kopi Durian

Kamu pecinta kopi? Ehm, pas banget. Itu artinya kamu wajib liburan ke Lampung! Lampung merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia. Iyes, kopi Robusta Lampung memiliki tekstur halus, bercita rasa dan aroma yang khas. Tak heran jika kopi Lampung begitu diminati para pecinta kopi, tak hanya dalam negeri. Bahkan hingga ke luar negeri. 

Empat, OLEH-OLEHNYA YANG BIKIN KETAGIHAN


Rasa cokelat favoritku

Keripik pisang aneka rasa menjadi oleh-oleh yang wajib dibeli kalo kamu liburan ke Lampung. Keripik pisang ini berbeda dengan keripik pisang pada umumnya yang memiliki rasa asin dan gurih. Ada beraneka macam rasa yang bisa kamu pilih, seperti cokelat, keju, susu, stoberi, melon. Keripik pisang cokelat favoritku pastinya. Gak cukup sebungkus. Dijamin bikin kamu ketagihan deh. Gak percaya? Buktiin aja ndiri.


LimaTEMPATNYA SEKOLAH GAJAH

Pernah lihat atraksi gajah bermain sepak bola, joget dan bermain hola hup? Belum pernah. Ayo liburan ke Taman Nasional Way Kambas. Way Kambas merupakan Pusat Konservasi Gajah (PKG) yang terletak di propinsi Lampung. Berdiri pada tahun 1985 dan merupakan sekolah gajah pertama di Indonesia. Untuk mendukung upaya konservasi gajah, maka dibangun juga fasilitas kesehatan, yakni rumah sakit gajah yang terbesar di Asia Tenggara. 

Bersiap untuk berpatroli

Untuk menjaga keamanan, Taman Nasional Way Kambas membentuk tim patroli gajah yang diberi nama Elephant Response Unit (ERU) yang terdiri dari pawang dan gajah-gajah jinak terlatih. Tim ini bertugas meminimalisir terjadinya konflik antara gajah liar dan manusia. Caranya dengan berpatroli dan menggiring gajah-gajah liar kembali ke hutan jika  ada yang masuk ke pemukiman atau kebun milik penduduk.

Hanya di Way Kambas, aku bisa lihat mamalia darat terbesar di dunia ini joget dangdut diiringi lagu 'Sayang' milik Via Valen. Kamu gak pengin? Makanya liburan dong ke Lampung.  

Eh ternyata gak hanya 5 alasan, ada satu lagi alasan kenapa kamu wajib liburan ke Lampung. Kemudahan akses bagi wisatawan untuk mendapatkan penginapan yang nyaman. Tersedia lengkap, bisa menyesuaikan isi dompet kamu kok. 


Pilih laman hotel dan ketik kata kunci

Gak perlu takut ribet kalo mau cari hotel di Lampung. Cukup unduh aplikasi pegipegi di hape kamu. Di laman pencarian hotel, tuliskan kata kunci yang diinginkan. Dan tinggal pilih deh hotel mana yang sesuai dengan budget liburan kamu. Gampang kan?

Masih ragu mau liburan ke Lampung? Jangan kelamaan mikir ah. Rugi tau.

Aku tunggu ya kedatanganmu di Lampung, Bumi Ruwai Jurai. 

Apaan itu? 

Udah dateng aja dulu ke Lampung!




Salam,
 ~RP~        

5 komentar:

  1. Saya kok jadi gagal fokus sama durian kopi nya, enakkah? Hehe . JAdi pengen nyobain. Belum pernah nih saya liburan ke Lampung

    BalasHapus
  2. belum pernah ke lampung, wah ada pantai dan kopi..kesukaan nih :)

    BalasHapus
  3. Soal image 'begal' nya lampung saya juga pernah denger mbak. Agak ngeri juga pas tau ada temen kesana. Tapi pas baca ini jadi ingin terbang kesana hehe. Doakan dongggg biar rezekiku lancar. Sudah merasa terpanggil travelling kesana nih heheh.

    BalasHapus
  4. Baru tau kalau lampung tempatnya begal (dulu) haha... Tapi kalau Way Kambas kayaknya sy pernah denger, semoga ada kesempatan main ke Lampung.. Aamiin..

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)