13 Agt 2017

Warna Kemerdekaan

Bulan Agustus. Nah, apa yang terlintas dalam pikiran kalian jika mulai memasuki bulan ke delapan ini?

Hari Kemerdekaan Indonesia.

Iya. Tepatnya 17 Agustus 1945, tujuh puluh dua tahun yang lalu, bangsa Indonesia berhasil memproklamirkan kemerdekaan. Setelah berjuang melawan penjajah yang menduduki tanah air tercinta ini selama ratusan tahun akhirnya rakyat Indonesia bisa merasakan udara kebebasan.

Sejak SD, saya hapal lagu kebangsaan, Indonesia Raya. Dan selalu merinding jika mendengarkan salah satu lagu nasional ini. Terutama dalam event-event dunia. Seperti ketika menonton pertandingan bulu tangkis ketika para pemain Indonesia berhasil menjuarai pertandingan. Dan saya merasa tertohok, karena belum banyak bertindak untuk mengisi kemerdekaan ini. Padahal di luar sana banyak anak-anak muda bahkan yang umurnya masih begitu muda tetapi telah mampu menorehkan prestasi hingga di kancah internasional.

Gak sampai seminggu lagi, kita akan merayakan pesta rakyat. Saat ini, setiap rumah pasti sudah memasang bendera merah putih sebagai bentuk penghormatan dan ungkapan rasa sukacita. Gak hanya itu, gedung-gedung perkantoran, sekolah, dan ruang publik lainnya telah dihiasi pernak pernik bernuansa warna kemerdekaan, yaitu merah putih.

Sebagai warga negara yang mencintai tanah tumpah darahnya, saya dan kalian juga harus aktif menunjukkan rasa cinta kepada negeri ini. Bukan sekedar pasang bendera di depan rumah, lalu sudah. Ada lain yang lebih penting dari itu, kita harus mampu menjaga kemerdekaan ini agar kelak bisa diwariskan kepada generasi penerus bangsa.




1 komentar:

  1. Inget agustus inget: milad suami dan anak, hari pramuka, upacara 17an d sekolah :D

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)