24 Feb 2017

[Belajar Masak] Ayam Bumbu Kuning


Hai hai hai … Apa kabar?

Masih semangat untuk #BelajarMasak, kan? Harus dong! Nah, setelah beberapa hari tidak memposting hasil eksperimen resep yang saya dapat dari googling dalam rangka #BelajarMasak, kali ini saya kembali untuk berbagi cerita dari dapur. Ayam Bumbu Kuning. Bumbu-bumbu yang dipakai mirip dengan menu yang sudah pernah saya bagikan sebelumnya, Ayam Suwir Tempe Bumbu Bali. Bedanya, kalau menu yang akan saya masak saat ini tidak menggunakan santan dan terasi. Tetapi ada tambahan bumbu lain, yaitu kemiri, merica dan ketumbar. Ada yang bingung untuk membedakan kemiri dan ketumbar? Hayo, apa perbedaan keduanya? 


Etapi, yang namanya bumbu, sepertinya itu-itu aja, ya. Bawang merah, bawang putih, cabai, dan kawan-kawan. Sebenarnya tergantung bagaimana kita meracik bumbu-bumbu dan cara memasaknya saja. Jadilah bumbu kuning, bumbu Bali, rendang, opor, semur, gulai, dan lain sebagainya.

Kalau kalian lebih suka menggunakan blender atau ulekan/cobek untuk menghaluskan bumbu? Kalau saya, lebih suka menggunakan ulekan. Meski efeknya tangan saya  Hasil bumbunya lebih halus. Kalau menggunakan blender  

Kita mulai ya #BelajarMasak. Jangan lupa untuk mencatat resepnya, loh.

Ayam Bumbu Kuning

Bahan:
Ayam, 500 gram.
Air, 300 ml
Daun Jeruk, 2 lembar
Daun Salam, 5 lembar
Tomat, 1 buah

Bumbu yang dihaluskan:
Cabai merah, 6 buah.
Bawang merah, 5 siung.
Bawang putih, 3 siung.
Jahe, ½ ruas.
Kunyit, 1 ruas.
Kemiri, 4 buah.
Garam secukupnya.
Penyedap rasa secukupnya.

Cara membuat:
  • Cuci bersih daging ayam. Sisihkan.
  • Haluskan bumbu. 
  • Tumis bumbu yang tadi telah dihaluskan. Masukkan daun jeruk, daun salam. Tumis hingga harum. Gunakan api sedang saja, ya.
  • Lalu masukkan daging ayam dan potongan tomat. Tutup wajan. Kecilkan api. Masak hingga ayam empuk.
  • Selanjutnya masukkan air. Tutup kembali, masak hingga air berkurang.
  • Terakhir cek rasa. Jika sudah pas di lidah, angkat.
  • Ayam Bumbu Kuning siap dihidangkan.


Nah, ternyata masak itu tidak terlalu sulit, kan? Asalkan kita mau mencoba, pasti bisa. ? Saya bisa, kamu juga pasti bisa. Kita kan sama-sama masih #BelajarMasak. Ssssst … ini ada sedikit bocoran resep rahasia dari saya. Bumbu kasih sayang. Iya, masak itu harus dari hati agar hasil masakannya maknyuuus. Bayangkan kalau kita masak dengan ngomel-ngomel. Bakalan jadi apa tuh masakannya? So, bumbu rahasia ini harus selalu diingat, ya. Jangan sampai ketinggalan supaya masakan kita tidak berakhir di tong sampah. Sayang dong, sudah keluar uang dan tenaga, eh, masakannya tidak ada yang makan karena rasanya tidak karuan. Amburadul. Itu saja tips sederhana dari saya, yang masih amatiran ini ^^      

Demikian cerita saya hari ini dari dapur. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.



Happy cooking
~RP~

1 komentar:

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)