19 Okt 2016

Pengalaman Beli Domain



Bulan Oktober tahun ini, tepat satu tahun saya berkenalan dengan dunia blogging dan mulai aktif ngeblog. Niat awal ngeblog hanya ingin mengisi waktu luang dengan kegiatan yang bermanfaat. Ya, setelah memutuskan resign dari sebuah bank swasta, saya membuka bimbingan belajar bagi siswa SD. Waktu bekerja saya dari jam 12.30 hingga 17.30 saja. Itu artinya saya mempunyai banyak waktu luang yang bisa  digunakan untuk menyalurkan hobi menulis yang sempat terlupakan karena kesibukan di kantor. Dulu, saya tidak memiliki waktu yang cukup untuk menulis.

Tetapi sekarang saya memiliki banyak waktu. Kemudian saya berkenalan dengan dunia blogging. Saya mulai menyukai dunia baru ini. Namun saya masih benar-benar buta tentang blogging. Butuh waktu cukup lama sampai akhirnya saya merasa puas dengan tampilan blog saya. Blog ini saya beri nama Toples Aksara. Kenapa Toples Aksara? Seperti toples yang berisi aneka makanan. Begitulah blog ini berisi aksara-aksara yang membentuk berbagai macam tema tulisan. Dan harapannya para pembaca bisa menikmati dan mendapat manfaat dari tulisan tersebut. Seumpama seseorang yang sedang menikmati aneka makanan dari sebuah toples.

Ketika itu saya belum terpikir untuk membeli domain sendiri. Khawatir harganya mahal dan saya kurang paham mengenai hal tersebut. Hingga menjelang akhir September, tetiba muncul keinginan untuk memberi kado kepada diri sendiri. Fyi, tanggal 12 Oktober lalu, saya berulang tahun. Tahun ini umur saya genap 3* (censored :p). Dan menurut saya, angka tersebut merupakan angka istimewa dan saya perlu merayakannya dengan memberi hadiah pada diri saya sendiri. Tapi bingung juga mau kasih kado apa. Lalu terbersit kenapa tidak membeli domain saja. It's nice idea.

Domain dan Hosting

Lagi lagi, saya buta mengenai kedua hal itu. Belum paham beda antara keduanya. Saya pun berusaha mencari tahu. Saya menangkap sebuah pengertian bahwa domain itu adalah sebuah bangunan. Sedangkan hosting adalah tanah tempat mendirikan bangunan tersebut. Jadi ketika membeli domain berarti seseorang sedang mendirikan sebuah bangunan miliknya sendiri di sebidang tanah yang disewa (misalnya blogspot). Nah, jika membeli hosting, seumpama membeli sebidang tanah  lalu bisa mendirikan bangunan di atasnya. Dari info yang saya baca, dengan membeli hosting sendiri, maka bisa menggunakan alamat email dengan nama domain milik kita sendiri. Dikenal dengan istilah umum, email custom domain.

Lalu dimana saya bisa membeli domain?

Saat sedang browsing, saya menemukan Qwords. Beruntung sekali, saat itu sedang ada Promo Kaget. Harga domain hanya Rp 85.000. Murahnya pake bingits. Saya tertarik. Kapan lagi dapat harga murah dengan kualitas baik. Keinginan untuk membeli domain pun semakin kuat. 


Promo Kaget dari Qwords.com membuat saya semakin mantap untuk memiliki domain sendiri.

Tanpa banyak pertimbangan lagi, saya lalu mengecek domain yang diinginkan. Masih available. Yes! Segera saya melakukan registrasi domain. Sebelum direbut orang lain. Ini untungnya punya nama yang cukup unik, jarang dipakai orang lain. Hihihi ^^

Domain sudah dibeli. Lalu bagaimana cara memasangnya? Bingung. Saya benar-benar belum paham dengan seluk beluk pemasangan domain. Aduh, mau bertanya dengan siapa???

Ada tim Technical Support Qwords yang siap membantu 24 jam. Mas dan mbaknya dengan sabar menjawab pertanyaan-pertanyaan saya satu per satu.  Ternyata tak semudah yang saya bayangkan. Saya berusaha untuk tetap tenang dan mencoba mengikuti tutorial yang diberikan.

Namun setelah empat hari saya masih belum berhasil juga. Hahahahaha. Gaptek, euy. Akhirnya saya memutuskan untuk menggunakan Extended Support yang merupakan layanan bantuan ekstra yang dilakukan oleh Staff Qwords untuk menginstall program, mendeteksi kesalahan program, management account, dan membantu mengatur account hosting. Setiap kasus terbatas untuk 1 pertanyaan dan 1 penyelesaian. Memang ada tambahan biaya tetapi masih sesuai dengan layanan yang diberikan. Saya merasa begitu terbantu. Hanya dalam waktu 1x24 jam proses pemasangan domain telah berhasil dilakukan. Finally! Domain saya yang sebelumnya www.romapakpahan.blogspot.co.id sekarang menjadi www.romapakpahan.com.

Selamat datang di rumah baru saya, kawan!

Semoga dengan adanya rumah baru ini, saya jadi semakin bersemangat untuk ngeblog!

Terima kasih Qwords telah membantu saya mewujudkan keinginan untuk memiliki domain sendiri :)



Salam Blogging,
~RP~

5 komentar:

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)