5 Sep 2016

Perlengkapan Yang Wajib Ada Ketika Ngeblog


Hampir setahun ini saya mengenal blog lalu berkomitmen dengan diri sendiri untuk aktif dan serius ngeblog. Sejak itu, hari-hari saya diisi dengan kegiatan blogging. Ngeblog menjadi sesuatu yang menyenangkan bagi saya. Mempercantik tampilan blog dan blog walking adalah dua hal yang saya suka. Kalau untuk tampilan blog, masih berburu template gretongan. Aiish.


Nah, dari blog walking, saya bisa mendapat banyak manfaat, diantaranya menambah jaringan pertemanan, inspirasi, ilmu menulis, seluk beluk dunia blogging. Ya, ini penting sekali bagi saya yang masih awam. Satu lagi, info lomba. Saat sedang blog walking, terkadang saya mendapat info lomba. Kalau memang sanggup, saya ikut berpartisipasi. Dengan mengikuti blog competition, cukup membantu meningkatkan kemampuan menulis. Kalau menang, itu bonus. Kalau belum keluar sebagai pemenang, berarti harus lebih banyak belajar lagi.  


Lalu apa saja yang harus dipersiapkan agar kegiatan blogging semakin menyenangkan?

LAPTOP

Sampai saat ini, saya masih memilih laptop untuk mendukung kegiatan ngeblog. Alasannya karena layarnya lebar, pastinya lebih nyaman untuk menulis dan mengedit gambar. Kalau menulis menggunakan smartphone, lebih banyak salah ketiknya. Hihihi. Selain itu, dengan laptop saya bisa menyimpan tulisan dan gambar di dalam folder yang sengaja saya siapkan untuk menyimpan berkas-berkas kegiatan blogging. Dan juga saya bisa dengan mudah untuk mengedit gambar, karena aplikasinya tidak tersedia di smartphone.

     
SAMBUNGAN INTERNET

Laptop dan sambungan internet layaknya dua sejoli yang tak terpisahkan sebagai pendukung kegiatan ngeblog. Tulisan sudah selesai diketik, tidak ada sambungan internet, lalu bagaimana tulisan tersebut bisa ditayangkan. Ya, sambungan internet memang salah satu perlengkapan penting dalam kegiatan ngeblog. Kebetulan di rumah, terpasang wifi. Jadi kegiatan ngeblog tidak terganggu dengan paket internet yang tiba-tiba habis. Sedangkan untuk kegiatan di luar rumah, saya biasanya menggunakan modem.  
 
SMARTPHONE

Saya memang tidak menggunakan smartphone untuk mengetik tulisan atau mengedit gambar. Tetapi saya masih memerlukannya untuk mengambil gambar. Sebuah tulisan dalam blog akan terasa semakin menarik jika diberi tambahan gambar. Apalagi jika menuliskan ulasan tentang makanan, tempat rekreasi. Pasti pembaca agar semakin merasa betah untuk berlama-lama menikmati tulisan yang disuguhkan. Nah, smartphone sangat membantu saya untuk mendapatkan foto-foto pendukung tulisan. Apalagi saat ini, kamera smartphone tidak kalah bersaing dengan kualitas gambar yang dihasilkan kamera saku. Inginnya sih bawa kamera DSLR, tapi harganya yang cukup menguras kantong. Jadi sementara pakai smartphone dulu aja, ya ^_^

CHARGER LAPTOP

Benda yang satu ini salah satu yang penting dalam membantu kelancaran kegiatan ngeblog. Jangan sampai deh, lagi asik-asik menulis tetiba laptopnya mati. Iya kalau sudah datanya sudah sempat kita simpan, kalau belum? Nangis Bombay, deh.

Kawan-kawan, itu beberapa perlengkapan yang saya perlukan dalam kegiatan ngeblog. Mungkin di luar itu masih banyak yang perlu ditambahkan. Ya, karena masing-masing blogger pasti kebutuhan yang berbeda-beda. Tapi yang perlu diingat, seminim apapun perlengkapan yang dimiliki saat ini, jangan sampai menghalangi kegiatan ngeblog kita, ya.

Nah, kalau kamu perlengkapan tempurnya apa saja?


Salam Blogging,
~RP~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)