4 Mar 2016

Manfaat Menulis



Hari ini memiliki banyak waktu luang. Saya mempergunakan waktu tersebut untuk blog walking ke beberapa rumah (dibaca : blog) teman-teman baru yang tergabung dalam gerakan ODOP batch 2. Wow. Tulisannya keren-keren. Banyak ide-ide kreatif yang dituangkan dalam berbagai jenis tulisan. Cerpen, puisi, opini. Oiya, ada beberapa yang telah menulis jauuuuh sebelum saya. Dan tetap konsisten menulis sampai hari ini. Luar biasa ^_^

Ngomong-ngomong soal menulis. Tahukah teman-teman apa sih manfaat menulis?

Bagi orang lain. Lewat tulisan, kita berbagi informasi kepada orang lain. Saat menulis sesuatu, secara ngga langsung kita telah memberikan infomasi kepada pembaca. Kita suka memasak dan menuliskannya di blog. Pegunjung blog akan merasa terbantu setelah membaca tulisan kita. Mungkin ada diantara mereka yang sedang bingung mencari resep masakan tertantu. Dan berhasil mendapatkannya saat berkunjung ke blog kita. Atau kita suka berpetualang. Dan kita menuliskannya dalam blog tentang suatu tempat yang kita kunjungi. Maka kita telah membantu orang lain untuk mendapatkan informasi tentang tempat tersebut. Misalnya tentang kebudayaan atau makanan khas.

Bagi diri sendiri. Dengan menulis, kita dapat menuangkan ide, uneg-uneg yang ada dalam pikiran. Ada yang mengatakan menulis bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk terapi emosi. Saat kita marah tingkat dewa, dari pada ngamuk-ngamuk ngga jelas. Lebih baik ambil laptop. Menulis. Apapun itu. Kita salurkan emosi negatif ke dalam tulisan. Bisa jadi tulisan yang didapatkan hasilnya tidak bagus. Ngga apa-apa. Dari pada meluapkan emosi dengan membanting pintu, membentak, teriak.   

Demikian. Selamat membaca. Semoga bermanfaat ^_^

2 komentar:

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)