22 Feb 2016

STOP BULLYING


www.romapakpahan.blogspot.co.id

Akhir-akhir ini bullying menjadi bahan pembiacaraan yang hangat di tengah masyarakat. Bullying adalah perlakuan tidak menyenangkan dalam bentuk penindasan, intimidasi kepada orang lain.

Ada 3 jenis bullying :
       1. Bullying fisik
 Adanya kekerasan fisik kepada korbannya, seperti memukul, menampar, menarik rambut.
       2. Bullying verbal
Kekerasan dalam bentuk verbal, seperti membentak, mencemooh.
       3. Bullying sosial
Sahah satu contohnya adalah mengucilkan.

Bullying bisa terjadi mana saja.

1. Di lingkungan di sekolah. Bisa datang dari teman-teman maupun para guru. Saat siswanya kesulitan dalam menerima pelajaran, tak jarang guru memberi label anak bodoh. Hal tersebut memberi efek semakin menurunnnya prestasi karena hilangnya semangat belajar. Tertanam dalam diri anak bahwa dirinya memang bodoh. Sehingga ada anggapan percuma belajar, toh saya bodoh.   

2. Dalam lingkungan bermain, anak yang lemah sering menjadi korban bullying. Dijadikan sebagai “anak buah” oleh teman yang memiliki power. Misalnya, si anak orang kaya dengan seenaknya menindas si miskin. Merasa memiliki kekuatan, sehingga dengan mudahnya memerintah teman-teman untuk melakukan apa saja yang diinginkannya. Termasuk mengerjakan peer untuknya.       

3. Bahkan dalam lingkungan keluarga sering terjadi secara tak sadar orang tua membully anak. Saat anak melakukan kesalahan, tanpa pikir panjang  orang tua langsung membentak. Tahu tidak, bentakan itu member efek buruk bagi perkembangan anak. Jika anak sering dibentak, maka akan tumbuh menjadi pribadi yang tidak percaya diri dan pendendam.

Mari kita ciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi tumbuh kembang anak. Mereka lah generasi harapan bangsa. Jangan rusak masa depan mereka.
So, segera STOP BULLYING. Kapan? Ya, SEKARANG!  




Yippee!!!
rOMa Pakpahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)