2 Feb 2016

Perlu Jadi Perhatian Sebelum Berkendara



Selamat siaaaang… *masih semangat*

Hari ini saya mau berbagi cerita masih pengalaman seputar kendaraan. Saat sedang santai di depan laptop, ketak ketik. Tiba-tiba muncul salah seorang saudari. Tumben pagi-pagi batin saya. Ternyata karena menunggu jemputan. Dia bercerita kalau ban motornya bocor, kebetulan memakai ban tubeless.  Sudah mampir ke beberapa tukang tambal ban, tapi sayangnya si abang tukang tambal ngga menyediakan fasilitas tambal ban tubeless. Ada sih, tetapi jauh dan ngga mungkin dia menggiring motor sendirian. Beraaaat.

Saya juga sering bepergian dengan motor. Mau berbagi tips nih: 

      1. Cek terlebih dahulu kendaraan
Penting banget nih. Sebelum bepergian, ada baiknya dicek terlebih dahulu kendaraan. Terutama ban kempes dan bensin. Jangan sampai tiba-tiba motor mogok karena kehabisan bahan bakar. Iya kalau ada penjual bensin di sekitar TKP. Kalau tidak? *sedih yang tak berujung*.

      2. Pakai Helm
Ini ngga kalah penting. Setiap bepergian mengendarai motor, wajib memakai helm. Teman-teman di sekitar tempat tinggal saya, memakai helm kalau sedang musim razia saja. Karena takut ditilang. Hihihihi. Saya sering ditertawakan kalau memakai helm apalagi jika hanya jarak dekat. Padahal para pengendara motor dianjurkan memakai untuk menjaga keselamatan, terutama bagian kepala. Meminimalisir resiko jika terjadi kecelakaan. Kita tidak tahu apa yang terjadi di sepanjang perjalanan. Setuju, kan?  

      3. Bawa kelengkapan surat
Sama seperti helm. STNK dan SIM wajib kita bawa agar perjalanan lancar. Ngga mau kan perjalanan terhambat jika di depan sedang ada razia. Waktu tersita karena harus menjawab pertanyaan-pertanyaan dari pak polisi.

      4. Sedia jas hujan
Masih ingat dong, dengan kata bijak sedia payung sebelum hujan, ini berlaku juga bagi pengendara motor tapi jangan bawa payung, lo. Jas hujan lebih tepat. Ngga mau kan, lagi asyik menikmati perjalanan. Terus tiba-tiba hujan turun. Ngga bawa jas hujan. So, terpaksa cari tempat berteduh. Buang-buang waktu deh.

      5. Bawa minum
Bagi kita yang akan berkendara apalagi dengan jarak tempuh cukup jauh, ada baik membawa minum. Jadi kita tidak perlu berhenti di warung untuk membeli minum kemasan. Lumayan kan tuk menghemat isi dompet. Hihihihi.   

Sudah tahu kan apa saja yang perlu diperhatikan sebelum bepergian dengan motor? Inga inga, ting!





Yippee!!!
rOMa Pakpahan

2 komentar:

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)