26 Jan 2016

BE HUMBLE

Humble. Sebuah kata dalam bahasa Inggris yang berarti rendah hati. Ingat, berbeda dengan rendah diri, ya teman-teman. Rendah hati adalah salah satu sikap yang mulai langka dijumpai. Saat ini, orang cenderung untuk memamerkan kelebihannya (kekayaan, jabatan, kekuasaan, dll). Dengan tujuan tak lain agar orang lain tahu bahwa dirinya “tinggi”. Berebut ingin berada di puncak hanya untuk popularitas belaka. Padahal saat kita sedang berusaha untuk meninggikan diri. Justru tanpa disadari, saat itu pula kita merendahkan diri sendiri.

Bicara mengenai tinggi hati, berikut sebuah ilustrasi menarik.

Ada seorang pria yang memiliki jabatan tinggi dalam suatu perusahaan. Suatu hari, pria itu diundang untuk menghadiri sebuah pesta. Tanpa menunggu dipersilakan oleh tuan rumah, pria itu segera mengambil kursi di barisan terdepan. Karena menurutnya, tempat itulah yang layak baginya. Tak lama kemudian, tuan rumah datang menghampiri pria itu. Dengan sopan meminta pria untuk pindah ke tempat lain. Kenapa? Karena tempat duduk tersebut telah disediakan bagi orang lain. Pria itu sungguh merasa malu. Karena jabatannya, ia merasa dirinya pantas untuk ditinggikan. Namun apa hasilnya? Bukan kehormatan yang didapat. Pria itu justru mendapat malu. Secara ngga sadar, pria itu telah merendahkan dirinya sendiri.

Perlu diketahui juga, saat kita merasa di puncak gunung. Kita melihat orang-orang yang berada di kaki gunung hanya berupa titik. Tahukah kita, begitu pula sebaliknya. Orang-orang yang berada di kaki gunung pun hanya melihat kita berupa titik. Jadi percuma saja kita meninggikan diri (dibaca: sombong). Toh, ngga ada bedanya dengan orang-orang yang berada di sekeliling kita. Bahkan dengan orang yang kita anggap lebih rendah. Tak perlu buang-buang tenaga untuk “mendaki” untuk sampai ke puncak gunung. Pada dasarnya, manusia sama. Tuhan menciptakan tanpa membeda-bedakan. Di mata Sang Pemilik Kehidupan, kita semua sama. Ngga ada yang lebih istimewa dibandingkan yang lain. Kalau begitu, masih berminat untuk menjadi manusia yang tinggi hati? Ngga deh. Capek ah.



#OneDayOnePost
#HariKesebelas
#ToplesAksara




Yippee!!!
rOMa Pakaphan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)