2 Nov 2015

BERANI KELUAR DARI ZONA NYAMAN


Seperti katak dalam tempurung, begitulah kehidupan manusia yang selalu ingin berada di zona nyaman. Bertahan dalam situasi yang nyaman dan tenang. Merasa kehidupannya sudah cukup. Ya, kehidupan saya mengalir apa adanya. Toh, saat ini semua berjalan baik - baik saja. Namun kita harus waspada! Kita hidup dalam dunia yang penuh ketidakpastian. Barangsiapa takut keluar dari zona nyaman maka hidupnya tidak akan berkembang. Mungkin justru akan tergilas arus kemajuan zaman.

Sebagai ilustrasi :
Pak Rahmat membuka usaha mie ayam. Usahanya berkembang pesat. Karena cita rasanya yang sangat pas di lidah. Racikan bumbunya membuat banyak pelanggan menyukai mie ayam tersebut. Rata - rata penjualan per hari 200 mangkuk mie ayam. Pak Rahmat berada dalam situasi nyaman. Hal ini tentu membuat pak Rahmat sangat senang dan puas. Sehingga dirinya merasa tidak perlu untuk berinovasi.

Melihat kemajuan usaha mie ayam miliki pak Rahmat, muncullah saingan. Tanpa disadari pak Rahmat, perlahan - lahan pelanggannya mulai berkurang. Omset pejualan menurun drastis. Hanya 90 mangkuk per hari! Pemasukan pun berkurang. Usaha mie ayam miliknya mulai goyah. Sayangnya pak Rahmat, tidak mau bertindak apa - apa. Ia memilih untuk memaklumi keadaan tersebut. Dan akhirnya usahanya bangkrut! Usaha yang dibangun dengan jerih payah, terpaksa harus gulung tikar.

Jika saja pak Rahmat berani untuk keluar dari zona nyaman, tentu hal tersebut tidak akan terjadi. Banyak hal yang bisa dilakukan pak Rahmat, seperti :
1. Berinovasi dengan membuat mie berwarna - warni. Sehingga tampilannya lebih menarik.
2. Membuat promosi gratis 1 mangkuk bagi pelanggan yang datang di hari ulang tahun.
3. Mengubah interior warung mie ayam dengan tema tertentu.
Dan masih banyak hal lain yang bisa lakukan jika ada keberanian memutuskan untuk keluar dari zona nyaman.

Keluar dari zona nyaman itu suatu keharusan! Orang yang tidak berani keluar dari zona nyaman tidak akan maju. Bahkan tidak akan bertahan hidup. Akan mengalami seleksi alam! Siapkan diri untuk menghadapi hal - hal baru. Kita harus bisa beradaptasi dengan situasi apapun.
  

Beranikah kita keluar dari zona nyaman?



Roma Pakpahan






     
    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)