15 Mar 2016

Perdengarkan Apa Yang Layak Anak Dengar



Salah seorang murid saya, berkali-kali menyanyikan lagu dewasa sambil tangannya sibuk mengerjakan soal-soal di kertas lembar kerja. Sebuah lagu bergenre dangdut. Lirik lagunya sangat tidak layak bagi anak-anak. Dan sudah beberapa kali juga saya memberitahu bahwa lagu tersebut untuk orang dewasa. Sejenak ia berhenti. Namun tak lama kemudian, spontan ia menyanyikannya kembali. Tak bosan-bosan saya mengingatkan bahwa lirik lagu yang dinyanyikannya itu tidak pantas untuk anak-anak. Ia mengatakan mendengar lagu itu di mobil abudemen. Kendaraan yang mengantar dan menjemputnya sekolah. Miris memang. Anak-anak usia sekolah, tetapi sudah ‘dicekoki” dengan lirik lagu yang tidak pantas untuk perkembangan mereka. Padahal masih banyak lagu anak-anak yang menggunakan bahasa yang lebih santun dan berisi pesan moral. Namun yang terjadi sekarang, anak-anak justru lebih sering diperdengarkan lagu-lagu dewasa. Dan parahnya, banyak kata-kata yang seharusnya tidak untuk dikonsumsi mereka. Sungguh disayangkan.

Saya sangat prihatin dengan kondisi ini. Di kelas bimbel, saya sengaja memperdengarkan lagu anak-anak. Di usia anak, mereka sedang belajar perbendaharaan kata untuk perkembangan bahasanya. Karena apa yang mereka dengar, itu pula yang mereka ucapkan.   

Saat memasang lagu-lagu anak di kelas, awalnya murid-murid saya protes.
Ah, kakak. Ini kan lagu untuk anak TK,” keluh seorang anak kelas lima. Mungkin ia merasa sudah besar, tetapi kenapa masih disuguhkan lagu-lagu anak.
Waktu kakak SD, masih dengerin lagu ini. Lagunya bagus. Kakak aja suka,” jawab saya tersenyum.

Tetapi lama kelamaan, mereka pun terbiasa. Bahkan ada yang mulai menyukai lagu anak-anak yang saya perdengarkan. Mereka pun saling mengingatkan jika ada diantara temannya menyanyikan lagu dewasa. Jangan rusak masa tumbuh kembangnya dengan hal-hal yang seharusnya tidak layak untuk menjadi konsumsi anak. Mari bangun generasi Indonesia yang santun berbahasa dengan Memperdengarkan Apa yang Layak Anak Dengar.



Yippee!!!
rOMa Pakpahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)