18 Mar 2018

[Lomba blog] Prive Uri-cran: Atasi Anyang-anyangan Dengan Ekstrak Cranberry. Saya sering menahan buang air kecil. Apalagi jika sedang dalam perjalanan jauh. Biasanya jika sudah tidak tahan lagi, saya akan meminta untuk berhenti di SPBU atau mini market. Namanya saja toilet umum, digunakan banyak orang, tentu tidak sebersih di rumah sendiri. Aroma tidak sedap yang sangat menganggu. Air di bak keruh, kalaupun bening, terdapat kotoran yang mengendap pada dasar bak. Kalau sudah begitu, terpaksa saya tidak membilas dengan air, cukup mengeringkan dengan tisu saja. Bahkan pernah saya menahan hingga sampai di tujuan. Sangat menyiksa. Saya pun tidak bisa menikmati perjalanan. Hiks.

Setibanya di tempat tujuan, yang pertama saya cari adalah toilet. Air seni yang dikeluarkan harusnya banyak karena sudah cukup lama ditahan. Kenyataannya, air seni yang keluar hanya sedikit, berwarna kuning pekat, dan dibarengi rasa nyeri. Buang air kecil kok rasanya tidak tuntas (anyang-anyangan). Duh! Ada perasaan khawatir. Saya lalu browsing diinternet, mencari tahu informasi seputar penyebab anyang-anyangan dan cara mengatasi anyang-anyangan.

Pernah mendengar istilah anyang-anyangan?

Anyang-anyangan adalah gejala ingin buang air kecil terus menerus namun air seni keluar hanya sedikit yang dibarengi dengan munculnya rasa nyeri. Pernah mengalaminya? Jangan anggap sepele anyang-anyangan! Gejala ini merupakan gejala awal Infeksi Saluran Kemih (ISK). Lalu siapa saja yang bisa terkena Infeksi Saluran Kemih? Tidak memandang jenis kelamin dan umur. Siapa saja bisa terkena. Namuuuun … anyang-anyangan ini lebih berisiko dialami oleh kaum perempuan loh. Faktanya, 5 dari 10 wanita pernah mengalami Infeksi Saluran Kemih (ISK). Infeksi pada saluran kemih menjadi penyebab sakit saat buang air kecil.  

uri-cran

Saya jadi ingat dengan mamak yang menderita diabetes. Sering sekali buang air kecil, namun hanya sedikit-sedikit, dan dibarengi rasa nyeri. Sakit buang air kecil. Menurut dokter yang menangani mamak, kelompok orang dengan diabetes memang berpotensi mengalami anyang-anyangan.  

Mengapa Wanita Rentan Terkena Infeksi Saluran Kemih? 

Pada wanita, secara anatomi, jarak antara saluran pembuangan air besar (saluran anus) ke saluran kemih lebih dekat. Infeksi Saluran Kemih merupakan salah satu akibat kurang menjaga kesehatan dan kebersihan daerah kewanitaan, terutama saat membilas setelah buang air kecil (kencing).

Infeksi Saluran Kemih disebabkan adanya kuman dan bakteri yang masuk ke saluran kemih. Untuk penyebab utamanya adalah bakteri E. Coli yang menempel pada dinding saluran kemih. Cara membilas yang benar, dari depan ke belakang, bisa membantu menghindarkan masuknya kuman dan bakteri. 

Berbahayakah Infeksi Saluran Kemih?

Infeksi Saluran Kemih sebenarnya bukan termasuk penyakit yang membahayakan. Akan tetapi penyakit ini berbahaya jika dibiarkan tanpa diobati, infeksi akan menyebar dan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Terdapat 2 macam Infeksi Saluran Kemih (ISK), ISK atas dan ISK bawah. Diantara keduanya, ternyata ISK atas lebih berisiko menyebabkan penurunan fungsi ginjal bahkan gagal ginjal. Betapa mengerikan!

Pemeriksaan Apa Yang Dilakukan Untuk Memastikan Infeksi Saluran Kemih?

Tentu harus dilakukan secara medis untuk memastikan apakah seseorang terkena Infeksi Saluran Kemih. Harus dilakukan tes urine untuk mengetahui jumlah sel darah putih (leukosit) yang terkandung dalam urine. Batas normal jumlah leukosit adalah 2-4 lpb (lapang pandang besar). Ketika terjadi peningkatan jumlah leukosit, yaitu antara 4-6 lpb, ini merupakan salah satu tanda adanya Infeksi Saluran Kemih. Harus segera diantisipasi sedini mungkin agar tidak timbul efek yang membahayakan.

Buah Cranberry dan Anyang-anyangan

uri cran

Ketika browsing, banyak yang memberi saran untuk mengonsumsi jus buah Cranberry yang memiliki sejumlah manfaat dan khasiat bagi kesehatan tubuh. Buah Cranberry mempunyai kadar vitamin C yang tinggi, kaya serat dan rendah kalori sehingga aman bagi penderita diabetes. Konon, sejak zaman nenek moyang suku Indian kuno, buah ini sudah diketahui khasiatnya digunakan sebagai obat luka. Jus buah Cranberry diketahui efektif mengatasi anyang-anyangan. Adanya kandungan proanthocyanidins yang merupakan antioksidan yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab ISK. 

Selain itu, adanya sifat anti-adhesi yang dimiliki antioksidan tersebut, membuat bakteri tidak akan menempel pada saluran kemih. Sehingga membantu menghambat infeksi bakteri pada saluran kemih. Namun buah impor ini termasuk buah "mewah" karena harganya yang terbilang cukup mahal dan masih jarang ditemukan di Indonesia. Sehingga sulit mendapatkan buah Cranberry segar untuk dijadikan jus.  Lalu?

Prive Uni-cran Solusi Tepat Cegah dan Atasi Anyang-anyangan

Sekarang sudah ada Prive Uni-cran dari Combiphar yang membantu memelihara kesehatan saluran kemih. Dan kita bisa temukan ekstrak buah Cranberry di dalam Prive Uni-cran. Tak perlu khawatir, meski berupa ekstrak namun sama bagusnya dengan jus Cranberry kok. Bahkan lebih efektif ekstrak karena saat buah Cranberry dijus, maka harus segera diminum. Jika tidak, akan terjadi oksidasi yang bisa mengubah warna jus serta merusak vitamin yang terkandung di dalam buah. Dan nilai gizi akan berkurang lebih dari 50 persen. Dengan adanya dalam bentuk ekstrak, maka dapat diminum kapanpun dan dimanapun.


Salah satu kelebihan Prive Uni-cran adalah tidak menimbulkan resistensi, yaitu keadaan di mana seseorang kebal dengan penggunaan antibiotik. Apa saja varian yang dimiliki Prive Uni-cran dengan ekstrak Cranberry ini?  

  • Prive Uni-cran dalam bentuk kapsul dengan komposisi 250 mg ekstrak cranberry dalam setiap kapsulnya.
  • Prive Uni-cran Plus dalam bentuk bubuk dengan komposisi 375 mg ekstrak cranbery dalam setiap sachet yang dilengkapi dengan probiotik dan vitamin C. 

    Anyang-anyangan

    Iyes. Meski tidak semua wanita hobi dandan, tapi semua pasti ingin terlihat cantik dan menarik. Setuju kaaaaan? Berbagai macam cara dilakukan. Mulai dari perawatan wajah, kulit, rambut, kuku, dan perawatan lainnya. Tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Namun sayangnya justru terkadang lupa untuk merawat bagian-bagian yang tidak terlihat, seperti organ kewanitaan.

    Yuk, mulai sekarang lebih peduli dengan kesehatan organ kewanitaan. Dan ini sedikit tips mengatasi susah buang air kecil atau gejala anyang-anyangan:
    • Lakukan tes urine jika intensitas ingin buang air kecil terlalu sering namun keluar hanya sedikit-sedikit yang dibarengi rasa perih.
    • Periksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.
    • Hindari untuk menahan buang air kecil. Dan ternyata menahan kencing, bisa membuat bakteri E. Coli yang sudah menempel menjadi berkoloni semakin banyak.
    • Sebaik jangan menggunakan celana dalam ketat, terutama saat sedang mengalami keputihan. Pada saat keputihan banyak bakteri dan jamur di organ kewanitaan. Nah, celana dalam yang ketat, memudahkan bakteri dan jamur masuk ke dalam saluran kemih dan menyebabkan infeksi.
    • Setelah buang air kecil dan besar, lakukan pembilasan yang benar. Dari depan ke belakang. Jika dilakukan sebaliknya, dari belakang ke depan, menyebabkan kuman dan bakteri masuk ke saluran kemih.
    • Perbanyak minum air putih karena membantu mengeluarkan bakteri penyebab anyang-anyangan.
    • Konsumsi Prive Uni-cran yang tak hanya mencegah anyang-anyangan tetapi terdapat banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh.

    Kesimpulan

    Be aware dengan alarm yang diberikan tubuh kita. Sesuatu yang besar dimulai dari hal kecil, begitu juga dengan penyakit. Jadi, sekecil apapun keluhan, jangan pernah anggap sepele, ya! Semoga bermanfaat, kawan.

    Selamat tinggal anyang-anyangan!

    susah buang air kecil




    Salam Sehat,
    ~RP~

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)