23 Okt 2015

Hidup yang BERMANFAAT

Sampai juga di hari ke lima dalam seminggu. Jumat!


Pohon pisang. Mendengar kata itu, sepintas tidak ada hal yang istimewa. Faktanya buah pisang tidak masuk dalam kategori buah istimewa. Buahnya tidak mengenal musim. Cita rasa, bentuk maupun harganya pun biasa saja. Tidak seperti buah lain, misalnya duren, apel ataupun buah naga. Pisang dapat dengan mudah kita peroleh baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Pohon pisang pun dapat dijumpai di lokasi manapun, baik pedesaan, pegunungan maupun perkotaan. Dalam perawatan pun tidak memerlukan penanganan khusus. SEDERHANA!

Tapi dibalik kesederhanaannya itu, pohon pisang menyimpan filosofi yang sangat luar biasa. Pohon pisang TIDAK AKAN MATI walaupun di tebang berkali - kali hingga rata dengan tanah sekalipun selama masih terdapat akarnya. Pohon pisang akan tumbuh kembali. Dan tidak akan mati sebelum pohon pisang tersebut BERBUAH! Setelah di panen, pohon pisang tersebut akan mati dengan sendirinya.

Mari kita renungkan bersama!

Kita hidup di dunia ini hanya sekali. Jadi manfaatkanlah waktu yang tersedia dengan baik. Seperti pohon pisang yang tidak akan pernah mati sebelum berbuah. Demikian juga dengan kehidupan kita di dunia. Sebelum meninggalkan karya-karya terbaik untuk diri sendiri maupun orang lain. Kita harus terus berusaha berperang melawan hambatan - hambatan yang menghalangi kita untuk berkarya. Hidup yang sifatnya sementara ini wajib bermanfaat untuk orang - orang yang ada di sekitar kita.

Orang tidak akan pernah dikatakan sukses apabila hidupnya tidak memberi manfaat. Jadikan filosofi pohon pisang sebagai motivasi untuk kita menjadi lebih baik lagi. Selamat berkarya!


Roma Pakpahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)