27 Nov 2019

Tak Butuh Banyak Waktu! Inilah Cara Deteksi Kanker Payudara Selama 7 Menit

Kanker payudara adalah penyakit yang ditakuti oleh wanita karena menjadi silent killer. Ketika seseorang divonis kanker, ternyata sudah stadium 4. Cegahlah sebelum terlambat dengan mendeteksinya sejak dini. Kalian tidak perlu pergi ke rumah sakit untuk mengetahui terkena kanker atau tidak. Ini cara mendeteksi kanker payudara sendiri alias SADARI. Pemeriksaan ini hanya menggunakan tangan, yang bisa dilakukan di rumah.

Cara Deteksi Kanker Payudara Selama 7 Menit dengan Mudah dan Cepat:

1. Sadari Sambil Berkaca di Depan Cermin
Cara melakukan sadari di depan cermin sangat simple. Buka pakaian dan bra lalu amati bentuk payudara. Apa keduanya sama besar? Payudara yang terkena kanker ukurannya lebih bulat dan berat. Waspada jika salah satu payudara bentuknya aneh karena tidak bundar sempurna.
Amati juga warna payudara, apakah kemerahan atau kecokelatan? Payudara yang kena kanker warnanya bisa kehitaman atau kemerahan, kontras dengan warna kulit kita. Selain itu, lihatlah tekstur kulit di bagian dada. Jika berpori besar dan kasar seperti buah jeruk, segera periksakan payudara ke dokter.

2. Sadari Sambil Melakukan Perabaan
Rabalah payudara sebagai cara deteksi kanker payudara selama 7 menit. Dengan pelan, telusuri buah dada dengan jari manis, tengah, dan jari telunjuk. Aturlah pemeriksaan ini dengan gerakan memutar dan cari apa ada tonjolan yang tidak normal. Jangan takut jika ada sesuatu yang aneh di payudara karena bisa jadi itu bukan kanker. Jika ada benjolan maka lakukan USG payudara atau mamografi di Rumah Sakit.

3. Berbaring dan Melakukan Sadari
Setelah melakukan perabaan sambil berkaca dan duduk, maka posisikan tubuh terlentang di atas kasur, lalu periksa kondisi payudara. Dengan berbaring, pengecekan lebih mudah dilakukan karena bentuk buah dada jadi lebih ‘ceper’. Lakukan perabaan dengan pelan, sehingga yakin tidak ada benjolan di bagian dada.
Pemeriksaan sadari sebagai pengecekan kanker payudara harus dilakukan setiap hari. Jangan jemu untuk berbaring dan meraba buah dada, atau bisa juga dilakukan setelah mandi dan sebelum memakai baju. Hanya butuh 7 menit, namun perabaan saat berbaring ini bisa membuat kita tahu bahwa payudara sehat atau berpotensi terkena breast cancer.

4. Sadari Sambil Memeriksa Puting
Bagian puncak buah dada alias puting juga wajib diperiksa dengan sadari. Pencet puting, apakah mengeluarkan cairan yang berbau? Jika sedang menyusui dan yang keluar bukan ASI, maka segera periksa ke dokter. Puting yang payudaranya terkena kanker juga bisa infeksi dalam waktu lama dan bentuknya datar, bahkan masuk ke arah dalam dada.

5. Raba Juga Bagian Ketiak Sebagai Cara Deteksi Kanker Payudara Selama 7 Menit
Raba juga bagian bawah tangan sebagai salah satu pemeriksaan sadari karena jika ada benjolan maka itu ciri kanker payudara. Kanker bisa ada di ketiak karena kelenjar buah dada juga mengarah ke sana. Jika mengalami obesitas dan tidak yakin bahwa di sana ada benjolan atau hanya kelebihan lemak, tanyakan pada dokter.

Ada beberapa cara deteksi kanker payudara selama 7 menit dan pastikan melakukannya dengan teratur. Setelah memeriksa sendiri dan kurang puas, maka lakukan mamografi atau tanyakan dokter dulu, pengecekan medis dengan metode mana yang paling baik untuk tubuh. Sudahkah kalian melakukan sadari selama 7 menit pagi ini?

Jika ingin memeriksakan payudara ke dokter, tapi sedang bokek? Hubungi cekaja.com karena bisa jadi solusi yang nyata dan mudahnya. Untuk info lebih lanjut coba kunjungi https://www.cekaja.com/info/kenali-lebih-awal-gejala-ciri-dan-penyebab-diabetes-yang-sering-mengancam-kesehatan/ agar pengetahuan mengenai kanker payudara bertambah.




~RP~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)