29 Apr 2017

Begini Cara Habiskan Weekend Getaway Seru di Kota Tua Jakarta

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya" (Soekarno)

Tepat sekali. Generasi muda, saya dan kamu, sudah seharusnya menghargai jasa pahlawan yang sudah berjuang demi kemerdekaan. Salah satu bentuk penghargaan atas jasa pejuang kemerdekaan adalah mau mempelajari sejarah bangsa ini. Tetapi bukan berarti saya dan kamu harus membaca bertumpuk-tumpuk buku sejarah yang mungkin untuk sebagian orang hal itu cukup membosankan dan bikin ngantuk. Ada kok cara lain yang lebih seru untuk belajar sejarah. Masa sih? Berwisata! Iya, coba deh berkunjung ke tempat-tempat bernilai sejarah, seperti museum. Banyak pengetahuan yang akan kamu dapatkan di sana. Kamu jadi semakin menghargai jasa para pahlawan dan juga makin cinta sama negeri kita ini. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Percaya deh.

Ssssst … ada yang perhatiin gak sih, di tahun 2017 ini ada yang spesial loh. Liat kalender bentar dong. Hampir di setiap bulan ada hari libur nasional dan harpitnas, yak? Apalagi di sepanjang bulan April sampai Juni. Yeaaaaay! Waktunya untuk menyusun rencana liburan. Meski singkat, banyak hal seru dan asik yang bisa dilakukan untuk menghabiskan weekend getaway.     

Nah, kalau #MyWeekendGetaway versi saya sih wisata sejarah. (((APA)))

Wisata sejarah di akhir pekan, mengapa tidak? Bakal seru kok dan tentunya sama sekali tidak membosankan! Destinasi pilihan saya, Kota Tua Jakarta, yang disebut juga dengan Batavia Lama (Oud Batavia). Tujuan wisata ini kaya akan nilai-nilai sejarah. 


reddoorz
Kota Tua Jakarta credit: http://smartcity.jakarta.go.id/

Ada 5 museum yang rencananya ingin saya kunjungi ketika berada Kota Tua, yang pada zaman VOC dulu merupakan pusat pemerintahan, diantaranya;
  • Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta). Museum ini berisi benda-benda koleksi yang menceritakan perkembangan sejarah kota Jakarta pada zaman kolonial Belanda.
  • Museum Bank Indonesia. Museum ini menyimpan perjalanan sejarah terbentuknya bank Indonesia yang berperan penting dalam perbankan bangsa Indonesia pada zaman penjajahan dulu, diantaranya terdapat koleksi mata uang kuno.
  • Museum Bank Mandiri. Di museum ini terdapat koleksi perlengkapan perbankan tempo doeloe, diantaranya mesin hitung uang, kalkulator, mesin cetak, dan masih banyak perlengkapan lainnya yang pastinya mempunyai nilai sejarah tinggi. 
  • Museum WayangSesuai dengan namanya, tentu koleksi benda sejarahnya berupa wayang. Tak hanya berasal dari Indonesia tetapi berasal dari mancanegara. Nah, bagi yang penasaran dengan pementasan wayang? Di minggu kedua dan ketiga di setiap bulannya diselenggarakan pementasan wayang.   
  • Museum Seni Rupa dan Keramik. Terdapat sekitar 500 karya seni rupa yang tersimpan di museum ini. Diantara lukisan karya pelukis maestro legendaris Indonesia. Kamu pecinta seni? Museum ini wajib kamu datangi!

Setelah puas belajar sejarah, waktunya untuk mengisi perut dengan berbagai macam kuliner mulai dari jajanan tradisional ala kaki lima yang sudah mulai langka hingga restoran yang bangunannya kental bernuansa kolonial. Saya jadi penasaran nih pengen nyobain kerak telor yang merupakan salah satu makanan ciri khas Jakarta. Satu lagi, katanya es selendang mayang di Kota Tua itu bisa bikin ketagihan. Boleh kaaaaaan, sejenak lupain yang namanya diet ^^  

kerak telur
Kerak telor merupakan salah satu makanan ciri khas Jakarta

Perut udah kenyang. Jangan langsung pulang, masih ada kok hal menarik lainnya yang bisa dilakukan di Kota Tua Jakarta. Penasaran? Ini saya kasih listnya:

Nonton pertunjukkan. Pengunjung disuguhkan dengan berbagai pertunjukkan, diantaranya topeng monyet dan boneka tali. Pertunjukkan yang ditampilkan nyaris gratis, iya, pengunjung cukup menyediakan uang seikhlasnya buat nyawer.

Pengunjung juga bisa keliling Taman Fatahillah dengan naik sepeda onthel. Seru nih, bisa sekalian bakar kalori. Kan tadi kalap jajannya. HAHAHAHA. Gak perlu bawa sepeda sendiri, disediain kok penyewaan sepeda onthel alias sepeda jadul. Biasanya tarif sewa sepeda masih bisa ditawar. Ayo, saatnya tunjukkin kalo kamu si "ratu tawar". Iyes, cocok nih buat kamu yang punya prinsip, kalau bisa ditawar, tawarlah!

Sekarang tuh, kalau bepergian, foto narsis sudah wajib hukumnya. Selain untuk ajang pamer di media sosial, juga untuk mengabadikan momen-momen seru. Gak salah kok, Bapak aja yang usianya sudah di atas 60 tahun, kalau kemana-mana gak lepas dari smartphonenya. Apalagi kayak kamu dan saya yang masih unyu muda, pastilah gatel pengen pepotoan. Ada banyak spot foto keren berlatar belakang gedung-gedung kuno. Mau foto anti-mainstream? Bisa foto bareng manusia patung yang berkostum unik. Tubuh diwarnai dengan body painting. Dan hebatnya, mereka punya keahlian diam dalam waktu yang cukup lama menyerupai patung sungguhan, dikenal juga dengan sebutan "manusia batu". Jadi, jangan kaget jika tiba-tiba kamu melihat ada patung yang bergerak.

Hayati mulai lelah menjelajah Kota Tua dengan segala daya tariknya. Kasur mana kasur? Oke. Saatnyaaaaaa ... untuk kembali ke hotel. Gak mungkin kan langsung pulang ke rumah, secara Kota Tua - Lampung itu jaraknya ribuan kilometer. Saya rencananya memilih menginap di hotel yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Tua. Gak kebayang kan, udah capek halan-halan, terus masih harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk sampai di hotel. Belum lagi ditambah kemacetan. Mana tahaaaaan *lebay*

Bagi para traveler, untuk urusan hotel, gak ada yang mau sembarangan milih. Benar kaaaaan? Pasti semua pengen yang nyaman, bersih, fasilitasnya lengkap, stafnya ramah dan gercep (gerak cepat alias gak lelet) tapiiii ... harganya gak bikin dompet nangis bombay. Dari info yang saya dapat, ada hotel yang punya kriteria yang saya sebutin tadi. Reddoorz. Kenapa Reddoorz? Affordable banget harga kamarnya. Apalagi kalau pas lagi ada promo. Tidur nyaman tanpa perlu merogoh kocek lebih dalam. Dan harga yang tercantum di website memang beneran segitu, tanpa biaya tambahan. Serius! 


kamar hotel murah
Konsep kamarnya homey dilengkapi dengan interior mewah.

Meski harganya ramah di kantong, bukan berarti fasilitas dan layanannya asal-asalan. Kamar-kamarnya terjamin kenyamanan dan juga kebersihannya kok. Asiiiik. Liburan tetep bisa hemat. Karena pengeluaran paling besar biasanya untuk biaya penginapan. Ya kaaaaaan? 

Fyi, Reddoorz merupakan penyedia penginapan berfasilitas melimpah dengan harga terjangkau. Tidur nyaman, kantong aman. Oleh karena itu tidak usah heran jika hotel Reddoorz telah dipercaya sebagai pilihan terbaik untuk tempat menginap oleh wisatawan dari berbagai kota di Indonesia. Konsep kamarnya homey dilengkapi dengan interior mewah, membuat siapa saja yang menginap menjadi betah. Tak hanya itu, fasilitas yang tersedia standar hotel bintang lima, linen bersih, tv kabel, kamar mandi bersih, pelayanan kamar dan wifi gratis. 

Masih ada lagi fasilitas lain? Ada dong. Setiap kamar disediakan beberapa perlengkapan mandi, diantaranya; sabun, sampo, sikat dan pasta gigi. Lumayan mengurangi barang bawaan, yak? Eh, tau gak sih, ternyata dengan membawa perlengkapan mandi sendiri, bisa menghemat 20-25% dari total biaya traveling. Mau menghemat biaya traveling tanpa perlu ribet? Kayaknya menginap di properti Reddoorz bisa jadi pilihan yang oke.




kamar mandi bersih
Kamar mandi bersih dan luas


perlengkapan mandi
Reddoorz membantu kamu menghemat 20-25% dari total biaya traveling
  
Hei hei hei ... sekarang Reddoorz sudah ada mobile aplikasinya loh. Penting nih untuk kamu, iya, kamu yang udah punya rencana liburan atau sekedar staycation. Saya udah download di android saya. Ya kali, tiba-tiba ada rejeki supaya bisa staycation dadakan, kayak blogger ketjeh di luar sana biar dibilang kekinian. Jadi gak perlu ribet, tinggal klik klik, dapet deh kamar murah dengan fasilitas bintang lima.


mobile aplikasi
Saya udah download mobile aplikasi Reddoorz

Layanan Reddoorz terdapat lebih dari 550 hotel yang ada pada enam kota di Indonesia; Bali, Bandung, Bogor, Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Dimana lebih dari 190 properti tersebar di seluruh Jakarta. Saat ini telah hadir juga di Singapura. Kebetulan saya punya rencana untuk menghabiskan weekend gateway di Kota Tua, saya tentu memilih menginap di properti yang berdekatan dengan Kota Tua, Reddoorz near Kota Tua. Semoga rencana liburan ini bisa segera terwujud. Amin!


reddoorz
Reddoorz near Kota Tua

Semacam perlu memang sesekali traveling atau sekedar leyeh-leyeh di kasur hotel yang empuk. Jangan ragu untuk memanjakan diri sendiri. Tubuh juga perlu "diistirahatkan" sejenak dari segala kerjaan yang gak akan pernah ada habisnya. 

Ini rencana #MyWeekendGetaway versi saya. Wisata sejarah. Liburannya dapet, belajar sejarahnya juga iya. Kalau kamu? Cerita dong ^_^




Salam,
~RP~         

4 komentar:

  1. maaf mbak kalau boleh tau, di reddoorz permalam dibanderol berapa? siapa tau lebih murah di t4 yg selama ini sy tempati kalau ke jkt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk info lebih lengkap, mampir aja langsung ke website Reddoorz (klik tulisan Reddoorz yang saya kasih text highlight merah) atau download mobile aplikasinya, mas.

      Hapus
  2. Nggak perlu jauh jauh ya karena di Jakarta udah bisa liburan hemat

    BalasHapus
  3. Kadang liburan itu gak harus jauh2 juga, yang penting gimana cara menikmatinya. Ya kaaaaan, mbak? ^_^

    BalasHapus

terima kasih untuk beringan hati memberikan komentar :)